Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Bertekad Terus Perkuat Sarana Pelabuhan Perikanan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan bertekad untuk terus memperkuat sarana di pelabuhan perikanan di berbagai daerah di Tanah Air antara lain guna melancarkan proses pembangunan sistem logistik ikan nasional.

"Sejak digulirkannya program peningkatan kesejahteraan nelayan di tahun 2011, KKP berhasil merealisasikan berbagai capaian positif dalam penguatan sarana dan prasarana di pelabuhan perikanan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (13/9/2014).

Sharif mencontohkan telah dibangunnya pabrik es sebanyak 60 unit, lalu diikuti dengan berdirinya cold storage sebanyak 30 unit dan solar packed dealer nelayan (SPDN) sebanyak 96 unit.

Sementara untuk meningkatkan jiwa wirausaha dan pendapatan nelayan, KKP juga bertekad terus melaksanakan antara lain pembuatan rumah murah serta pekerjaan alternatif dan tambahan bagi keluarga nelayan. Selain itu, lanjutnya, adalah pemberian skema UMK dan Kredit Usaha Rakyat (KUR), pembangunan SPBU solar, pembangunan cold storage, angkutan murah, fasilitas sekolah/puskesmas, dan fasilitas bank rakyat.

Sebelumnya, KKP menyatakan Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) yang dikembangkan pemerintah bakal membantu meningkatkan aktivitas perekonomian yang akan berdampak pada tingkat kesejahteraan nelayan.

"Dengan pengembangan SLIN diharapkan ikan hasil tangkapan nelayan dapat ditampung dan diserap pasar di hulu dengan baik, distribusi ikan dari sentra produksi ke sentra pasar di hilir dan industri lebih lancar serta ketersediaan dan pasokan ikan ke pasar dan bahan baku bagi industri pengolahan meningkat," kata Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan KKP Saut Hutagalung di Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Menurut Saut, hal itu juga akan membantu "stabilisasi" harga yang diterima nelayan antara lain karena keberhasilan SLIN akan mengikis kasus ikan dibuang karena tidak tertampung dan harga jatuh karena ikan melimpah.

Dengan berbagai upaya tadi yang diungkit melalui pengembangan sistem logistik dan transportasi laut, ujar dia, akan menghela peningkatan pendapatan masyarakat nelayan dan pesisir.

"Kehidupan sekitar 11,5 juta keluarga nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah/pemasar ikan yang semuanya UMKM termasuk sebagian besar masyarakat kita di pulau-pulau kecil yang perekonomiannya tergantung langsung pada perikanan diharapkan dapat terangkat," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: