Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko Kemaritiman: OJK Tepat Luncurkan Layanan Keuangan Mikro di Indramayu

Warta Ekonomi -

WE Online, Karangsong, Indramayu - Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengapresiasi upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan lembaga jasa keuangan (LJK) dalam memperkenalkan produk dan jasa keuangan melalui layanan keuangan mikro kepada para nelayan.

Hal itu diungkapkan Indroyono saat meluncurkan Layanan Keuangan Mikro bersama OJK di tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (18/12/2014).

"Kami bersyukur di desa ini diluncurkan layanan keuangan mikro. Saya mendapat tugas dari presiden untuk hadir di sini di desa nelayan paling maju dengan produksi hasil tangkap sebesar 50-70 ton ikan. Pelelangannya sudah mencapai Rp 1 miliar per hari. Tempat ini sangat tepat untuk peluncuran layanan keuangan mikro diharapkan akan terus merembet ke tempat-tempat yang lain," kata Indroyono dalam sambutannya.

Dia mengatakan kehadiran layanan keuangan mikro memang dibutuhkan nelayan dalam aktivitasnya sehari-hari dan juga untuk mengembangkan infrastrukturnya.

"Karena sekarang kita akan membangun kemaritiman indonesia. Berbagai infrastruktur, bikin kapal dan melaut juga dibutuhkan permodalan dan ini merupakan solusi bagi masyarakat nelayan dengan hadirnya layanan keuangan mikro," ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengungkapkan peluncuran Layanan Keuangan Mikro merupakan lanjutan dari keinginan Presiden Joko Widodo yang mengutamakan pengembangan ekonomi di sektor kemaritiman.

"Khusus di bidang kemaritiman kita memang mengundang banyak bank dan asuransi agar akses keuangan di sektor kemaritiman bisa didorong. Oleh karena itu, kita membuat bisnis model yang sesuai dengan kebutuhan nelayan," imbuhnya saat ditemui di lokasi yang sama.

Setelah membuka acara tersebut, Indroyono dan rombongan Muliaman langsung berkeliling guna melihat lokasi TPI dan stan-stan jasa keuangan yang sudah disiapkan di sekitar lokasi.

Di lokasi acara, di sekitar TPI itu juga dibuat miniatur Pasar Keuangan Rakyat yang terdiri dari kios-kios sederhana tempat lembaga jasa keuangan menawarkan layanan keuangan mikronya.

Ada 10 kios yang diisi sejumlah lembaga jasa keuangan yang menawarkan produk dan jasa keuangan mikro:
1. BCA menawarkan pelayanan pengiriman uang;
2. BJB menawarkan Kredit Mikro Kredit Cinta Rakyat;
3. Bank Mandiri menawarkan Layanan Mandiri Sejahtera;
4. Bank Muamalat menawarkan pembiayaan Mikro Syariah dan Tabungan Haji;
5. BNI menawarkan Layanan Keuangan Mikro Tabungan dan Asuransi;
6. BRI menawarkan Agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor;
7. Pegadaian menawarkan cuci emas gratis dan cicilan emas;
8. asosiasi asuransi menawarkan asuransi mikro;
9. asosiasi di pasar modal memperkenalkan reksa dana mikro;
10. asosiasi pembiayaan memamerkan program pembiayaan hand tractor dan kendaraan roda tiga.

Sebagai informasi, Layanan Keuangan Mikro merupakan layanan produk dan jasa keuangan dari berbagai industri jasa keuangan yang bersifat low cost atau terjangkau oleh masyarakat golongan menengah ke bawah.

Berbagai produk Layanan Keuangan Mikro pada acara ini antara lain adalah tabungan tanpa biaya administrasi, asuransi mikro yang nilai preminya di bawah Rp 50.000, reksa dana mikro yang nilai awal investasinya adalah Rp 100.000, dan pembiayaan investasi logam mulia dengan cicilan ringan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: