Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BTN Manado Targetkan Kredit Perumahan Tumbuh 18 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Kepala Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Manado Syarifuddin Harahap mengatakan pihaknya menargetkan kredit perumahan akan tumbuh sebesar 18 persen di tahun 2015.

"Target penyaluran kredit ini, sejalan dengan target nasional baik kredit perumahan rakyat (KPR) bersubsidi atau komersial," kata Syarifuddin di Manado, Senin (13/4/2015).

Dia mengatakan, KPR yang disubsidi akan terus dilakukan namun kami juga akan terus mengembangkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) nonsubsidi. Target penyaluran kredit di 2015 berkisar 18 persen, sudah termasuk Program Sejuta Rumah yang diwacanakan pemerintah pusat.

"Tahun 2014, kredit BTN di Sulut mencapai Rp500 miliar yakni untuk KPR bersubsidi sebanyak Rp300 miliar dan komersial hanya Rp200 miliar," katanya.

Dia mengatakan pengembangan KPR bersubsidi di Sulut saat ini paling banyak di Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Manado dan Kota Kotamobagu. "BTN hanya menjalankan regulasi pemerintah untuk memberikan kemudahan masyarakat memiliki rumah sesuai dengan program pusat," katanya menjelaskan.

Saat ini, BTN Manado bekerja sama dengan 20an pengembang yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota tersebut. Harga rumah bersubsidi tersebut rata-rata Rp100 juta per unit, dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat berpenghasilan rendah yakni maksimal Rp4 juta per bulan," katanya.

Selain berpenghasilan rendah, masyarakat yang nantinya mendapatkan perumahan bersubsidi tersebut belum pernah memiliki rumah atau pembiayaan yang sama. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: