Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Animo Masyarakat Jambi Tunaikan Ibadah Haji Tinggi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jambi - Tinggi animo masyarakat muslim Provinsi Jambi untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, kata pejabat Kantor wilayah Kementerian Agama setempat, Herman.

"Hal itu dapat kita lihat dari hari ke hari pendaftaran untuk menjadi calhaj terus meningkat, dan situasi tersebut juga menunjukkan kondisi ekonomi masyarakat yang membaik," katanya di Jambi, Kamis (7/5/2015).

Dijelaskan, saat ini saja masyarakat yang telah mendaftar atau jumlah daftar tunggu untuk calhaj Jambi itu telah mencapai 43.634 orang. Dan itu menunjukkan bahwa butuh waktu selama 16 tahun untuk memberangkatkan calhaj Jambi.

"Jika dihitung-hitung antara jumlah pendaftar dengan kuota setiap tahun diberikan pusat kepada Jambi berkisar 2.100 orang itu maka semua calhaj dapat diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah sampai tahun 2030," katanya menambahkan.

Dipihak lain, Herman menjelaskan bahwa untuk tahun ini (2015), kuota yang diberikan pusat untuk Jambi sebanyak 2.108 orang. "Saat ini kita sedang mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk memberangkatkan calhaj ke Tanah Suci," katanya menambahkan.

Ia juga menjelaskan, Pemerintah Pusat juga telah mempercayakan Jambi menjadi Embarkasi Antara haji yang dimulai sejak 2015. Sebagai embarkasi antara, maka seluruh pelayanan sejak pemberangkatan hingga pemulangan haji harus terus ditingkatkan.

"Artinya, semua kebutuhan calhaj harus tetap menjadi perhatian kita untuk dipenuhi, mulai dari asrama haji hingga keberangkatan nanti," kata dia menambahkan.

Khusus untuk asrama haji, Herman menjelaskan hingga saat ini masih dilakukan renovasi dan beberapa bulan mendatang dipastikan bisa selesai, sehingga pada musim haji ini bisa dioperasikan secara optimal. Kapasitas asrama haji sebelumnya hanya mampu menampung sekitar 300 orang atau kurang dari satu kloter jamaah. Pascarenovasi, asrama haji akan mampu menampung satu setengah kloter atau sekitar 500 jamaah. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: