Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Analis: IHSG Berpeluang Menguat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Laju IHSG kembali mampu bertahan di zona hijau meski sepanjang intraday perdagangan cenderung variatif dan bahkan sempat membuat khawatir dengan pembalikan arah melemah yang sempat terjadi. Munculnya berita positif berupa kenaikan peringkat outlook surat utang Pemerintah oleh Standard & Poor's yang diikuti berita pembagian dividen dari beberapa emiten mampu membalikan animo pelaku pasar.

Arah IHSG yang sebelumnya sempat ilang mood, secara perlahan mampu kembali dan membuat laju IHSG kembali berbalik ke zona hijau. Kembali berlanjut naiknya Rupiah dan kali ini diikuti dengan transaksi asing yang tercatat nett buy mampu membuat IHSG bertahan melampaui estimasi maupun anggapan akan adanya pelemahan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Riset Koorindo Securities, Reza Priyambada, di Jakarta, Jumat (22/5/2015). "Skenario kami terhadap IHSG pun masih berjalan seperti perkiraan kami sebelumnya, Laju IHSG mencoba untuk mempertahankan tren kenaikannya jangka menengah. Meski terjadi kenaikan namun, disadari atau tidak juga menimbulkan utang gap baru di 5273-5278," katanya.

Ia melanjutkan, secara psikologis, kondisi ini dimungkinkan akan memicu aksi ambil untung. Apalagi jika melihat, IHSG yang sudah mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir tentunya akan memicu hasrat untuk profit taking sehingga akan berpengaruh negatif terhadap potensi pembalikan arah.

"Harapan kami pun masih sama dimana berharap kenaikan dapat berlanjut meski kemungkinan aksi-aksi profit taking masih akan mewarnai. Tetap mewaspadai potensi pembalikan arah melemah (jika ada). Investor asing catatkan nett sell (dari net sell Rp Rp 100,06 miliar menjadi net buy Rp 323,04 miliar)," ujarnya.

Pada perdagangan hari ini Reza memprediksikan IHSG akan berada pada rentang support 5270-5288 dan resisten 5325-5350. Spinning sentuh area upper bollinger band (UBB ). MACD masih lanjutkan kenaikannya setelah membantuk golden cross dengan histogram positif yang lebih panjang. RSI, Stochastic masih mencoba bertahan naik. Penurunan William’s %R mulai tertahan.

Laju IHSG berada mampu melampaui area target resisten (5315-5321) sempat masuk area target support (5270-5288). Potensi penurunan yang terjadi mampu dihadang dengan adanya berita positif yang memicu aksi jual. Akan tetapi, belum tentu menjamin penguatan ini dapat bertahan jika masih diiringi besarnya aksi ambil untung. Apalagi masih adanya utang gap 5273-5275 yang dapat memicu adanya aksi jual.

"Meski masih terdapat peluang kenaikan dan harapan kami pun masih sama dimana berharap kenaikan dapat berlanjut meski kemungkinan aksi-aksi profit taking masih akan terjadi. Tetap mewaspadai potensi pembalikan arah melemah (jika ada)," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: