Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pasar Murah Jadi Andalan Pemprov Sulsel Tekan Inflasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Makassar - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) berupaya menekan inflasi dengan menggelar Pasar Murah Ramadhan di 10 titik di 6 kabupaten/kota di wilayah ini.

"Setiap tahun pasar murah ini dilakukan dan tidak pernah inflasi melonjak saat Idul Fitri," kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Pasar Murah Ramadan di Maccini Sombala of Indonesia (MoI), Makassar, Selasa (7/7/2015).

Menurut Syahrul, berkat kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulsel yang mumpuni, inflasi di wilayah ini mampu dikendalikan hingga berada di kisaran 0,35 persen.

"Dengan jumlah penduduk hampir 10 juta jiwa, bisa menjaga inflasi di bawah satu persen itu adalah hal yang luar biasa," ujarnya.

Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulsel Sidik Salam mengatakan, pelaksanaan pasar murah ini dikoordinir oleh TPID dengan dukungan dari Bank Indonesia, Perbankan, BUMN, retail dan distributor.

Pasar murah yang diselenggarakan selama tiga hari, kata dia, dilaksanakan di lima titik di Kota Makassar, yaitu di MoI, Lette Kecamatan Mariso, Kerung-kerung Kecamatan Makassar, Paotere Kecamatan Ujung Tanah, dan di Kecamatan Tamalanrea. Sedangkan, lima kabupaten yang dipilih untuk penyelenggaraan pasar murah Pemprov Sulsel adalah Kabupaten Pangkep, Kota Parepare, Kabupaten Bone, Pinrang, dan Kabupaten Bulukumba.

Panitia, kata dia, menyiapkan 8.500 paket sembako dengan harga Rp50 ribu per paket atau lebih murah 56 persen dari harga di pasaran yang mencapai Rp114 ribu. Tiap paket berisi beras, gula, terigu, minyak goreng, mentega, biskuit, dan susu kental manis.

"Untuk Makassar kami menyiapkan 3500 paket, dan ini diperuntukkan untuk masyarakat pra sejahterah," katanya.

Pelaksanaan Pasar Murah ini disambut antusias oleh warga di sekitar MoI. Warga terlihat antri untuk membeli paket sembako murah ini. Menurut salah seorang warga Kecamatan Mariso, Halimah, ia memperoleh kupon untuk menebus paket sembako murah dari ketua Rukun Tetangga (RT) tempat tinggalnya.

"Lumayan bisa hemat banyak," kata Halimah.

Selain paket sembako murah, di lokasi ini juga dijual kebutuhan sembako lain seperti cabai, bawang, beras, dengan harga murah. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: