Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Andrinof Minta Sesmen Baru Perkuat Koordinasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof A. Chaniago meminta Sekretaris Kementerian (Sesmen) Perencanaan Pembangunan Nasional yang baru terpilih, Imron Bulkin, untuk memperkuat koordinasi internal dan juga koordinasi dengan lembaga lain, terutama dalam melaksanakan tugas-tugas baru Bappenas dalam perencanaan pembangunan.

"Ada beberapa hal yang harus diperkuat, baik dalam bidang sumber daya manusia, tata laksana organisasi, masalah hukum dan lainnya. Itu akan menjadi masa dengan tantangan khusus bagi Sesmen," kata Andrinof dalam pelantikan Sekretaris Kementerian PPN atau Sekretaris Utama Bappenas, di Jakarta, Senin (27/7/2015).

Andrinof meminta Imron melakukan penguatan tata laksana organisasi, setelah Kementerian yang dianggap "think-thank" pemerintah ini melakukan sejumlah penataan organisasi.

Kepala Bappenas juga meminta Imron memperkuat koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga lain, terutama karena kewenangan Bappenas akan ditambah oleh Presiden Joko Widodo. Kewenangan yang ditambah itu, kata Andrinof, adalah pengerjaan studi perencanaan proyek-proyek pembangunan dan juga penetapan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Jika sebelumnya, hanya Kementerian Keuangan saja yang menetapkan DIPA, mulai 2016, ujar Andrinof, pihaknya akan menjadi penanggung jawab penetapan DIPA bersama Kemenkeu.

"Kami akan mengkoordinir perencanaan proyek dan penetapan DIPA, agar sesuai dengan perencanaan dan pembangunannya dapat terpadu," kata dia.

Setelah pelantikan, Imron mengatakan, jabatan Sesmen/Sestama akan memberikan tanggung jawab yang berat buat dirinya. Dia mengatakan, selain memperkuat koordinasi internal, dirinya akan mencoba untuk mengurangi mis-koordinasi antarsektor atau lintas kementerian.

"Itu agar pembangunan lebih terpadu. Misalnya, pembangunan bendungan di suatu wilayah dibarengi dengan pembangunan jalan desa dan lainnya. Butuh kepaduan lintas sektor," ujarnya.

Sebelum menjadi Sesmen/Sestama, Imron adalah Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas. Setelah dilakukan penataan organisasi pada Mei lalu, Bappenas masih melakukan seleksi untuk menguji lima pos eselon I.

Lima pos eselon I itu adalah Deputi Bidang Pengembangan Regional, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan, Staf Ahli Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur serta Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: