Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Semester I-2015, Bank Mandiri Manado Belum Ekspansi Kredit Perikanan

Warta Ekonomi -

WEOnline, Manado - Kepala Bank Mandiri Cabang Manado Hotman Nainggolan mengatakan penyaluran kredit perikanan bank tersebut hingga semester pertama tahun 2015 masih stagnan atau belum mengalami perubahan apa-apa.

"Hingga semester pertama tahun 2015 kami belum melakukan ekspansi kredit ke sektor perikanan karena masih ada dampak pemberlakuan moratorium dari pemerintah pusat yang sangat berpengaruh terhadap sektor tersebut," kata Hotman di Manado, Selasa (4/8/2015).

Hotman mengatakan pihaknya hanya mempertahankan debitur yang telah ada, namun untuk penambahan debitur sampai saat ini belum ada.

"Banyak perusahaan perikanan di Sulut terkena dampak moratorium khususnya transhipment kapal-kapal dan tenaga kerja asing, sehingga membuat industri perikanan khususnya di Kota Bitung mengalami penurunan produksi," jelasnya.

Dunia perbankan masih 'wait and see' dalam penyaluran kredit ke sektor perikanan, jangan sampai banyak mengkucurkan dana dan menimbulkan kredit macet, katanya, sambil menambahakan kami lebih menjaga kualitas kredit agar tetap aman.

Namun, katanya, ke depan jika semua membaik, tetap Bank Mandiri akan menyiapkan pembiayaan khusus untuk sektor perikanan yang sebenarnya memiliki prospek cukup besar.

Ke depan, katanya, Bank Mandiri berkomitmen akan menggenjot penyaluran kredit sektor perikanan seiring dengan potensi sektor tersebut yang masih besar untuk tumbuh ke depan.

"Kami telah masuk ke sektor ini, terutama ketrading-nya. Memang perlu digenjot lagi. Hasil produknya berorientasi ekspor sehingga berperan besar menambah devisa negara," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: