Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Revolusi Mental Harusnya Cegah Konflik TNI dan Polri

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Anggota Komisi I DPR Sukamta menilai gagasan revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo seharusnya bisa mencegah ego sektoral dan konflik antara TNI dengan Polri.

"Diperlukan sebuah solusi yang bersifat permanen agar konflik serupa tidak lagi terulang di masa yang akan datang," kata Sukamta di Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Hal itu dikatakan Sukamta menyusul terjadinya kembali pertikaian antara anggota TNI dengan Polri di Polewali, Sulawesi Barat, Minggu (30/8/2015).

Dia meminta agar revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi mampu membentuk pola pikir atau "mindset" dan karakter bangsa, terutama bagi pilar-pilar keamanan dan ketertiban negara. Menurut dia, hubungan institusi sipil-militer yang harmonis merupakan salah satu karakteristik utama dari pemerintahan yang demokratis.

"Oleh karena itu, dibutuhkan keseriusan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ini," ujarnya.

Menurut Sukamta, perselisihan yang kerap diawali oleh permasalahan kecil mengindikasikan adanya bibit permusuhan yang terpelihara. Peristiwa ini, ujarnya, justru menandakan belum adanya integritas dan semangat persatuan antar instansi.

"Jika pemerintah serius menjadikan keluhuran moral dan mentalitas sebagai karakter bangsa, maka harus dicontohkan oleh pejabat tinggi negara beserta institusinya," katanya.

Menurut dia, dilihat dari aspek kultural, seharusnya sikap kebanggaan terhadap korps tidak dipraktekkan pada hal-hal yang bertentangan dengan Sapta Marga prajurit TNI dan sumpah janji anggota Polri.

Sukamta menilai, dari aspek kelembagaan, kedua instansi ini harus menumbuhkan citra positif lembaga di tengah-tengah masyarakat. "Sementara dari segi legislasi, Rancangan Undang-Undang Keamanan Nasional yang telah masuk dalam Prolegnas perlu segera direalisasikan, agar mampu memperkuat upaya integrasi TNI-Polri," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: