Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pabrikan 'Smartphone' Asal Tiongkok Berlomba-lomba Rakit Chipset

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kian menjanjikannya pasar smartphone telah mendorong sejumlah vendor asal Tiongkok merakit chipset.

ZTE baru-baru ini mendapat sokongan finansial dari Pemerintah Tiongkok, yang memungkinkan perusahaan tersebut untuk meracik chipset sendiri. Adapun total dana yang dikucurkan pemerintah Tiongkok sebesarĀ  USD 73,8 juta.

Terkait chipset, vendor Tiongkok lainya Huawei telah lebih dulu menciptakan chipset, dan yang terbaru bernama Kirin 950. Chipset ini telah digunakan pada ponsel flagship Huawei Mate 8. Hadirnya chipset besutan perusahaan Tiongkok ini tentunya akan bersaing langsung dengan chipset lansiran Qualcomm, Snapdragon 820 dan chipset kreasi Samsung, Exynos.

Dikutip dari laman Phonearena di Jakarta, Senin (30/11/2015), vendor Tiongkok lainnya Lenovo juga dikatakan telah mulai melakukan sejumlah tindakan untuk membangun chipset yang berbasis ARM.

Sementara itu, Xiaomi dikabarkan juga telah menandatangani kemitraannya dengan Leadcore yang juga berbasis ARM, bila tidak ada halangan maka Redmi 2A sudah menggotong chipset Xiaomi.

Merancang chipset memerlukan usaha yang melelahkan karena memakan waktu beberapa tahun dan membutuhkan banyak teknisi untuk menghasilkan chipset jempolan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: