Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kepercayaan Bisnis Jerman Memburuk Pasca-Brexit

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepercayaan bisnis di Jerman memburuk, menurut survei yang diawasi ketat pada Kamis (25/8/2016). Hal itu menunjukkan perusahaan di ekonomi terbesar di Eropa tersebut telah menjadi kurang optimis karena keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Indeks kepercayaan bisnis Ifo, berdasarkan survei bulanan terhadap sekitar 7.000 perusahaan, iklim bisnis jatuh ke 106,2 di bulan Agustus dari 108,3 pada bulan Juli.

Angka tersebut merupakan penurunan bulanan tertajam dalam lebih dari empat tahun dan berada di level terendah sejak Desember 2014. Namun meski terlihat suram, euro naik sedikit terhadap pound dan dolar. Selain itu, survei dari harapan masa depan turun ke 100,1 dari 102,1 pada bulan Juli sementara indeks kondisi saat ini turun menjadi 112,8 dari 114,8.

"Kepercayaan bisnis di Jerman telah jelas memburuk. Ekonomi Jerman telah jatuh ke dalam kemerosotan musim panas," kata Kepala Ifo Clemens Fuest dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari laman BBC di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Industri Jerman masih sangat sensitif terhadap guncangan eksternal mengingat kontribusi yang sangat penting dari sektor ekspor. Dalam konteks ini, keputusan referendum Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa masih memiliki dampak potensial penting, terutama mengingat kekuatan euro terhadap pound.

Data resmi lain yang dirilis awal bulan ini menunjukkan ekonomi Jerman tumbuh 0,4 persen pada kuartal kedua dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: