Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri Rini Lengserkan Bos Jasa Marga

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) sepakat untuk melakukan perombakan bangku direksi di mana direktur utama yang sebelumnya dijabat oleh Adityawarman diganti menjadi Desi Arryani yang pernah menjabat sebagai Direktur Operasional I PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT).

Komisaris Utama Refly Harun mengungkapkan pergantian tersebut merupakan keputusan dari Menteri BUMN Rini Soemarno. Alhasil, tidak ada alasan apa pun terkait keputusan perombakan direksi di jajaran manajemen Jasa Marga.

"Ini keputusan, tapi yang kami pahami ada rencana besar Menteri BUMN yang kita tidak tahu detailnya dan pergantian ini kan sebenaranya biasa saja, bukan luar biasa," ucapnya di Jakarta, Senin (29/8/2016).

Namun begitu, ia menilai pergantian yang dilaksanakan oleh Rini diduga berkaitan dengan proses pembentukan holding BUMN infrastruktur yang sedang digodok pemerintah dan DPR.‎

"Kita bicara superholding, jadi mungkin ke depan tidak ada lagi ego sektoral BUMN. Jadi saya kira orang Jasa Marga ke tempat lain atau orang lain ke Jasa Marga itu lumrah dan itu keputusan pemegang saham (pemerintah)," ujarnya.

Sementara itu, Adityawarman selaku pihak yang dilengserkan meminta kepada direksi yang baru agar bisa mengemban tanggung jawab yang sebaik-baiknya, tujuannya agar BUMN bisa sehat dan bisa bermanfaat banyak untuk masyarakat negeri ini.‎

"Sekarang kita bangun menuju jalan tol 1400 kilometer (km) sampai 2020. Jasa Marga juga punya aset Rp125 triliun. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan oleh teman-teman direksi saat ini," katanya.

Dalam RUPSLB, para pemegang saham juga sepakat untuk menghentikan Achiran Pandu Djajanto dari posisinya sebagai Direktur Kepatuhan Manajemen dan Risiko. Posisi tersebut kini diisi oleh Subakti Syukur. Maka, susunan Komisaris dan Direksi Jasa Marga yang baru sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama (Independen): Refly Harun
Komisaris: Agus Suharyono
Komisaris: Boediarso Teguh Widodo
Komisaris Independen: Sigit Widyawan
Komisaris: Taufik Widjoyono
Komisaris: Muhammad Sapta Murti

Dewan Direksi

Direktur Utama: Desi Arryani
Direktur Pengembangan: Hasanudin
Direktur Operasi I: Muh Najib Fauzan
Direktur Operasi II: Subakti Syukur
Direktur SDM dan Umum: Christantio Prihambodo
Direktur Keuangan/Independen: Anggiasari‎

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: