Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan FKTP Melalui Jambore Nasional

BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan FKTP Melalui Jambore Nasional Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berkomitmen kuat untuk selalu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi peserta khususnya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Komitmen ini ditunjukan salah satunya dengan kegiatan Jambore Nasional Pelayanan Primer III yang ?secara kontinu dilakukan setiap tahunnya, dan diharapkan melalui kegiatan ini akan membentuk kemitraan strategis antara BPJS Kesehatan dengan FKTP dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi peserta BPJS Kesehatan dan membangun FKTP yang kuat.?

?Jambore Pelayanan Primer juga merupakan upaya untuk optimalisasi fungsi pelayanan kesehatan primer melalui peningkatan kompetensi FKTP serta pemahaman terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional. Jambore Pelayanan Primer merupakan pertemuan rutin tahunan yang melibatkan FKTP dan stakeholder yang terlibat dalam pelayanan primer BPJS Kesehatan," ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris pada saat Pemberian Apresiasi di Jakarta akhir pekan ini.

Dia berharap kegiatan Jambore Pelayanan Primer ini dapat membentuk kemitraan strategis seluruh stakeholder untuk membangun pelayanan primer yang kuat, yang pada akhirnya akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Fachmi Idris menambahkan, sesuai dengan instruksi Wakil Presiden RI Bapak Jusuf Kalla, menekankan masyarakat juga harus terus mengutamakan pentingnya kebiasaan hidup sehat pada masyarakat untuk menekan kasus sakit.

"Seperti kebiasaan hidup sehat, olahraga, maka teratur, istirahat cukup, menghindari rokok dan lainnya. Diharapkan FKTP dapat berperan dalam mendorong upaya hidup sehat masyarakat melalui kegiatan promotif dan preventif," tuturnya.

Pada tahun 2016, ?tema yang diusung dalam Jambore Nasional Pelayanan Primer adalah ?Budaya Hidup Sehat, Komitmen Layanan Kuat, INDONESIA SEHAT?. ?Dalam Jambore Pelayanan Primer 2016 ini diberikan apresiasi kepada FKTP dengan peforma terbaik (best performance) di wilayahnya dan best performance FKTP daerah perifer sebagai wujud kepedulian kerjasama dalam pelayanan kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

Selain itu apresiasi juga diberikan kepada FKTP/Dinas kesehatan yang mempunyai inovasi dalam meningkatkan mutu pelayanan primer, serta apresiasi kepada Klub Prolanis dalam pengelolaan Program Rujuk Balik/Program Pengelolaan Penyakit Kronis bagi peserta JKN-KIS.

Adapun Indikator yang dipergunakan dalam penilaian adalah komitmen FKTP dalam melaksanakan Sistem Pembayaran Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) yang telah dilaksanakan di tahun 2016 yaitu : 1. Angka Kontak 2. Rasio Rujukan Non Spesialistik 3. Rasio peserta Prolanis berkunjung di FKTP.

Diharapkan dengan menggunakan penilaian tersebut akan mendorong pelaksanaan KBK yang efektif dan efisien bagi FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: