Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gaji dan Bonus CEO Apple Turun di Tahun 2016

Gaji dan Bonus CEO Apple Turun di Tahun 2016 Kredit Foto: Arif Hatta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Gaji dan bonus yang diterima CEO Apple, Tim Cook mengalami penurunan. Namun, penghasilannya dari penjualan saham melonjak drastis.

Cook mendapatkan gaji sebesar US$ 8,75 juta pada tahun 2016, turun dari tahun sebelumnya sebesar US$ 10,3 juta, demikian seperti dikutip dari laman?BBC?di Jakarta, Minggu (8/1/2016).

Gaji dan bonus semua eksekutif Apple jatuh setelah perusahaan melaporkan penjualan dan pendapatannya lebih rendah pada tahun fiskal yang berakhir hingga September 2016.

Namun, Cook menerima sebesar US$ 136 juta dari penjualan saham.

Informasi yang terkandung dalam pengajuan diajukan dengan regulator keuangan AS, Komisi Sekuritas dan Bursa.

Cook menjadi CEO Apple sejak Agustus 2011. Sebagai bagian dari kontraknya, dia dianugerahi saham di perusahaan yang hanya bisa "vested" atau dijual pada waktu yang ditetapkan. Hal itulah yang kini membuat pendapatan keseluruhannya hampir mencapai US$ 145 juta.

Masing-masing dari eksekutif Apple lainnya termasuk direktur keuangan Apple Luca Maestri dan Wakil Presiden Senior Ritel Apple Angela Ahrendts menerima gaji hampir US$ 23 juta atau turun dari 2015 sebesar US$ 25 juta.

Dalam pengajuan SEC nya Apple mengatakan telah menghasilkan hasil keuangan yang kuat pada tahun 2016.

"Namun, dua langkah keuangan yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja eksekutif di bawah program insentif tunai tahunan kami, penjualan bersih dan pendapatan operasional, menurun dari rekor 2015," kata pihak Apple.

"Hasil ini berada di bawah tujuan target kinerja yang ditetapkan Komite Kompensasi. Akibatnya, pembayaran insentif kas tahunan untuk pejabat eksekutif kami di bawah target," tambahnya.

Pada tahun 2016, Apple melaporkan penjualan bersih sebesar US$ 215,6 miliar atau 7,7 persen lebih rendah dari 2015. Pendapatan operasional sebesar US$ 60 miliar atau 15,7 persen di bawah dari perolehan tahun sebelumnya.

Gaji pokok Cook sendiri sebesar US$ 3 juta dan gaji pokok tahunan untuk masing-masing pejabat eksekutif lainnya sebesar US$ 1 juta.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: