Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Fokus Program Kerja BPJS Kesehatan 2017

Ini Fokus Program Kerja BPJS Kesehatan 2017 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memfokuskan program kerja dalam meningkatkan jumlah peserta serta peningkatan kualitas pada tahun 2017.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris di Palembang, Rabu (25/1/2017), mengatakan perseroan akan meningkatkan rekrutmen peserta potensial dan meminimalkan asimetri informasi atau terbatasnya informasi dari pihak peserta.

Selain itu BPJS Kesehatan juga fokus meningkatkan kolektibilitas iuran peserta dan seluruh segmen, peningkatan kepastian dan kemudahan pembayaran iuran, penerapan penegakan hukum pada fasilitas kesehatan, peserta, maupun badan usaha yang terbukti menyalahi aturan. "Serta efisiensi dan efektivitas pengelolaan dana operasional serta optimalisasi kendali mutu dan kendali biaya Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan," kata Fahmi.

Sementara untuk meningkatkan kualitas BPJS Kesehatan fokus dalam kepuasan peserta yang dilakukan dengan perbaikan sistem pelayanan daring untuk seluruh peserta, dan implementasi koordinasi manfaat (Coordination of Benefit, COB) untuk Peserta Pekerja Penerima Upah (PPPU).

Kemudian perluasan dan peningkatan kualitas fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan lanjutan khususnya optimalisasi peran FKTP sebagai jaringan pelayanan tingkat pertama, serta kemudahan penanganan keluhan pelanggan dan akses informasi peserta.

Selain itu BPJS Kesehatan juga fokus memperluas cakupan wilayah peserta dengan mobilisasi peran strategis kelembagaan baik pemerintah maupun nonpemerintah untuk menggerakan partisipasi dan peran serta masyarakat agar sadar memiliki jaminan kesehatan.

"Serta peran aktif Kader JKN-KIS melalui organisasi kemasyarakatan, keagamaan yang memiliki struktur nasional daerah berbasis masyarakat dengan pola kerjasama dan pertanggungjawaban yang jelas," kata Fahmi. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: