Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

45.447 Warga Bima Terdampak Banjir

45.447 Warga Bima Terdampak Banjir Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan
Warta Ekonomi, Bima -

Jumlah warga yang terdampak banjir di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, sebanyak 45.447 jiwa, kata Pelaksana tugas Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Syahrial Nuryadin.

"Jumlah penduduk terdampak sebanyak 45.447 jiwa atau 11.793 kepala keluarga," kata Syahrial melalui telepon di Mataram, Selasa (28/3).

Ia mengatakan penduduk yang terdampak banjir tersebut, tersebar di 24 kelurahan lima kecamatan. Sedangkan, jumlah pengungsi sebanyak 4.277 jiwa yang tersebar pada 32 titik pengungsian.

"Saat ini jumlah sudah berkurang 1.285 jiwa pada 4 titik," tuturnya.

Sementara itu, kerusakan dan kerugian akibat banjir yang telah terdata oleh pemerintah daerah di antaranya 77 hektare tanaman padi berumur lebih dari 65 hari.

"Rincian rusak berat atau puso sebanyak 15 hektare," terangnya.

Tidak hanya itu, kata dia, banjir juga menyebabkan 6 SD/MI/SMP/MTs terganggu proses belajar karena ruang kelas berlumpur. Kemudian, dua Puskesmas terendam sehingga mengganggu proses layanan kesehatan. Perabot dan alkes juga ikut rusak sedang dan delapan ruas jalan yang berlumpur.

Menurut Syahrial, upaya lanjutan yang sudah atau sedang dilakukan pascabanjir, yakni pembersihan lumpur di 8 ruas jalan oleh Dinas Lingkungan Hidup (Kebersihan) bersama TNI, Kepolisian dan masyarakat.

"Distribusi logistik berupa nasi bungkus dan air pada titik pengungsian, termasuk pendirian dapur umum di BPBD Kota Bima sudah dilakukan untuk membantu korban banjir," tandasnya.(Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: