Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Nilai Swasembada Pangan Baru Terwujud 2020

BI Nilai Swasembada Pangan Baru Terwujud 2020 Kredit Foto: Fajar Sulaiman
Warta Ekonomi, Semarang -

Bank Indonesia (BI) menyebut target swasembada pangan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) baru akan terwujud pada 2020. Pasalnya, pembangunan infrastruktur pertanian yang dilakukan pemerintahan saat ini baru akan dirasakan hasilnya pada 3-5 tahun mendatang.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dody Budi Waluyo mengatakan, dari riset bank sentral, grafik kemampuan produksi pangan dalam negeri akan melewati pertumbuhan penduduk pada 2020.

"Dengan dukungan infrastruktur pemerintah yang dilakukan secara masif, prospek kita, produksi beras kita akan signifikan. Sementara, pertumbuhan penduduk kita rata-rata di 1-2 persen," ujarnya saat ditemui di Semarang, Kamis (30/3/2017).

Dody menambahkan kebutuhan infrastruktur pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan ialah irigasi dan lahan. Penambahan lahan baru menjadi solusi di tengah tingginya alih fungsi lahan.

"Pembangunan infrastruktur yang dibangun pemerintah 3-4 tahun ini lahan-lahan beirigasi banyak dibangun 50 ribu ha lahan pertanian. Sebagian besar di Sumsel, Sumbar, dan Jateng. Kemungkinan permasalahan infrastruktur akan selesai 3-5 tahun ke depan," tuturnya.

Sebagai informasi, data BI menunjukkan, pada 2020, produksi beras akan mencapai 50 juta ton atau sesuai kebutuhan penduduk yang mencapai sekitar 252 juta orang.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Dewi Ispurwanti

Advertisement

Bagikan Artikel: