Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mulai 1 Oktober, Airport Tax Sepinggan Jadi Rp100 Ribu

        Mulai 1 Oktober, Airport Tax Sepinggan Jadi Rp100 Ribu Kredit Foto: Andi Aliev
        Warta Ekonomi, Balikpapan -

        Angkasa Pura I Bandara Sepinggan Balikpapan menargetkan pendapatan pada 2017 mendatang Rp600 miliar. Target ini seiring dengan mulai 1 Oktober 2016 diterapkan kenaikan pelayanan jasa penumpang di bandara Sepinggan (airport tax) dari Rp75.000 menjadi Rp100.000.

        GM Angkasa Pura Sepinggan Pujiono mengatakan dengan adanya kenaikan ini pihaknya akan terus melakukan peningkatan pelayanan dan kenyamanan penumpang. Menurutnya kepuasaan dan kenyamanan penumpang menjadi ujung tombak keberhasilan pengeloalaan bandara.

        Dengan kenaikan airport tax ini diharapkan akan meningkatkan jumlah pendapatan AP Sepinggan pada 2017 mendatang.

        "Target pendapatan kita 2017 Rp 600 miliar tapi yang sekarang baru Rp480 miliar. Tapi ada potensi lain seperti pengisian tenan di area bandara, ? ungkapnya disela-sela Peringatan Hari Batik Nasional 2016 di pintu kedatangan Bandara Sepinggan Minggu(2/10).

        "Kenaikan airport ini nantinya kita kembalikan ke mereka (penumpang) dalam bentuk peningkatan pelayanan dan kenyamanan di bandara ini,? sambung Pujiono.

        Namun dia menegaskan pemasukan bandara tidak hanya dari airport tax namun juga bidang lainya seperti cargo, penyewaan ruang.?dalam waktu dekat tenan dari Matahari akan mengisi ruang dibandara,?sebutnya.

        Dia menjelaskan ada empat bandara yang dikelola angkasa Pura mengusulkan kenaikan tarif Pelayanan jasa penupang namun hanya Bandara Sepinggan yang disetujui Kementerian Perhubungan untuk kenaikan tarif pelayanan penumpang.

        "Saya nggak tahu persis alasan. Tentunya berbagai pihak dilibatkan dan dilakukan survei lebih dahulu. Hampir semua yang kita bangun dan perbaiki kita usulkan naik dan disetujui Kementerian Perhubungan,? tandasnya.

        Atas kenaikan tarif layanan penumpang ini, Sejauh ini pihaknya belum menerima adanya keluhan penumpang. ?Belum ada, semuanya dikembalikan pada pelayanan penumpang kita buat nyaman dan mudah,? tambahnya.

        Belum lama ini, Sepinggan meraih penghargaan pelayanan prima utama dari Kementerian Perhubungan. Penilaian pelayanan prima yang diadakan setiap duatahun sekali sejak tahun 2003 ini diikuti oleh 156 unit pelayanan publik sektortransportasi.

        Jumkah penumpang melalui Bandara Sepinggan pada 2015 lalu sekitar 8 juta orang pertahun. Pujiono menargetkan tahun 2016 akhir diharapkan bisa mengalami peningkatan ? Kalau peak season jumlah penumpang mencapai 8000 orang per hari. ?Tahun 2016 ini kita targetkan jumlah penumpang bisa lebih dari 8 juta,? tukasnya.

        CO GM ?Sepinggan Sulkan menambahkan tren pertumbuhan penumpang di BandaraSAMS Sepinggan Balikpapan sebanyak 2%, Manajemen PT. Angkasa Pura I (Persero)Kantor Cabang Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan sudah berusaha untuk mengembalikan konsep Airport Mall dengan menempatkan anchor tenant danmenggandeng beberapa Department Store, agar konsep Airport Mall dapatterealisasi dengan baik.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Aliev
        Editor: Cahyo Prayogo

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: