PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) terus berupaya untuk menambah jumlah nasabahnya. Salah satu yang dilakukan perseroan adalah dengan melakukan smart branch. Langkah ini ditujukan untuk menyelaraskan transformasi bisnis ke arah digital banking. Selama ini cakupan transformasi yang telah dilakukan BTN meliputi produk, proses bisnis, hingga pembentukan budaya organisasi.
Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan bahwa dalam kurun waktu dua tahun ke depan perseroan akan menambah sebanyak 60 smart branch yang akan disebar di kantor cabang utama, kantor cabang, maupun kantor kas dalam dua tahun ke depan.
"Investasi yang dikucurkan akan mencapai lebih dari Rp50 miliar," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/2/2017).
Maryono mengungkapkan bahwa pada akhir tahun 2015 lalu perseroan telah melakukan uji coba empat gerak digital. Smart branch BTN ini dilengkapi beragam layanan untuk memfasiltasi kebutuhan nasabah dalam memeroleh informasi perbankan, melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi, dan transaksi di luar produk perbankan.
"Adanya smart branch Bank BTN akan meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan yang terpenting memberikan pelayanan lebih cepat, lebih baik, dan lebih mudah bagi nasabah," tambahnya.
Nantinya, lanjut Maryono, digital banking juga akan dapat dinikmati oleh nasabah BTN Prioritas. Untuk itu, perseroan akan merevitalisasi 41 gerai BTN Prioritas dan menambah sejumlah fitur layanan perbankan berbasis digital. Layanan tersebut di antaranya, i-Reksadana yang memudahkan nasabah prioritas untuk berinvestasi reksa dana lewat aplikasi langsung di ponsel.
"Sekarang fitur i-Reksadana masih terus ditingkatkan agar bisa memenuhi kebutuhan nasabah untuk memperluas investasinya," ucapnya.
Menurutnya, dengan layanan yang lebih baik kepada nasabah prioritas, tahun ini Bank BTN menargetkan jumlah nasabah bertambah menjadi di atas 18.000 nasabah dengan jumlah dana kelolaan atau asset under management di atas Rp25 triliun naik sekitar delapan persen dibanding tahun lalu.
"Kehadiran smart branch Bank BTN bagi seluruh nasabah Bank BTN diharapkan bisa meningkatkan mutu dan layanan kegiatan operasional bank dan memenuhi kebutuhan nasabah terhadap layanan perbankan anywhere and anytime," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: