PT Pembangkitan Jawa-Bali meraih penghargaan Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award 2017 dalam kategori?Special Mention as The Most Selected Subsidiary of State-Owned Enterprises.
Kepala Bidang Stakeholder Management PT PJB Dina Permata Shari mengatakan bahwa menjadi perusahaan yang diidamkan oleh para karyawan dan pencari kerja merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Bagi perusahaan, imbuhnya, menyandang predikat perusahaan idaman memberikan keunggulan dalam berkompetisi (competitive advantage).
"Setiap perusahaan pasti ingin menjadi perusahaan idaman, tetapi bukanlah hal yang mudah untuk mencapai predikat tersebut," katanya saat menerima penghargaan tersebut di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (19/5/2017) malam.
Adapun, IMACO Award 2017 merupakan penghargaan yang diberikan oleh majalah?Warta Ekonomi?kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki citra baik dan menurut para karyawan dan pembaca majalah?Warta Ekonomi?merupakan perusahaan idaman untuk bekerja.
Warta Ekonomi Intelligence Unit (WEIU)?melakukan penelitian sejak 6 Maret hingga 17 April 2017. Tim riset menggunakan metode?desk research?dan?quantitative research?untuk mendapatkan data sekunder dan data primer yang digunakan dalam riset IMACO 2017.
Desk research?dilakukan untuk mengumpulkan data sekunder berupa Laporan Keuangan Kuartal III-2016 dan data lainnya yang menggambarkan kinerja perusahaan di Indonesia sepanjang tahun 2016.?Desk research?kemudian menghasilkan nominasi perusahaan-perusahaan terpilih yang akan dinilai oleh para responden pada?quantitative research.
Quantitative research?dilakukan untuk mengumpulkan data primer melalui survei telepon dan online. Survei telepon dilakukan terhadap 5.000 responden yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.
Responden survei telepon merupakan karyawan tetap yang telah bekerja minimal satu tahun dan maksimal lima tahun serta menempati posisi staf hingga manajer di BUMN, perusahaan swasta nasional, dan perusahaan swasta asing di Indonesia. Survei online dilakukan terhadap 1.000 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Responden survei online merupakan para pekerja dengan karakteristik yang serupa dengan survei telepon.
Pada?quantitative research,?responden diminta menyebutkan nama perusahaan yang mereka kagumi dan menurut mereka pantas untuk menyandang predikat perusahaan yang dikagumi dan menjadi tempat yang diidam-idamkan sebagai tempat bekerja. Selain itu, responden juga diminta untuk memberikan penilaian terhadap perusahaan yang dipilih. Kriteria yang dinilai adalah sebagai berikut.
1.?Corporate Image, responden menilai citra perusahaan dalam hal popularitas, nama baik, dan kepercayaan publik.
2.?Financial Image, responden menilai citra perusahaan dalam hal tingkat keuntungan, investasi yang dilakukan, dan prospek kinerja perusahaan di masa depan.
3.?HR Image,?responden menilai citra perusahaan dalam hal jenjang karir, standar gaji, dan pengelolaan sumber daya manusia.
4.?Product/Service Image,?responden menilai citra perusahaan dalam hal kualitas produk/jasa yang ditawarkan.
5.?Global Competitiveness Image,?responden menilai citra perusahaan dalam hal kemampuan bersaing di pasar global, inovasi yang dilakukan, perkembangan pangsa pasar dalam negeri dan luar negeri, serta proses bisnis yang mutakhir.
6.?Social Image,?responden menilai citra perusahaan dalam hal aktivitas sosial yang dilakukan perusahaan dalam tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat dan lingkungannya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: