Sebagai pegangan setiap orang yang membangun bisnis adalah ?pelanggan selalu benar? ?kepuasan pelanggan yang utama?. Namun, bagaimana jadinya apabila pelanggan melakukan kesalahan? Akankah kita sebagai pelaku bisnis tetap menjalankan pegangan tersebut?
Bagaimana caranya memberi tahu pelanggan Anda tanpa kehilangan mereka? Berikut menurut hasil lansiran dari inc.com:
Sebelum menyalahkannya, Anda harus tahu kapan mereka melakukan kesalahan tersebut. Ada dua situasi ketika pelanggan biasanya membutuhkan penyesuaian realitas, yakni ketika pelanggan bersikap kasar dan keras kepala. Meskipun ini adalah situasi yang paling mudah untuk dikenali, ini juga yang paling sulit untuk dikelola.
Selanjutnya adalah situasi di mana ketika pelanggan Anda bertindak salah atas suatu informasi. Atau telah memutuskan solusi yang baik bagi mereka sendiri.
Ketika Anda berada dalam situasi yang sulit ini, solusi terbaik adalah mendengarkan permintaan mereka, menjelaskan pilihan mereka adalah pilihan yang bagus, Anda mengerti mengapa mereka memilihnya, dan kemudian meminta izin untuk mengeksplorasi alternatif.?Katakan sesuatu seperti, "Saya sangat menyukai ide ini. Apakah Anda keberatan jika saya berbagi beberapa gagasan alternatif?"
Jadi, apabila pelanggan Anda melakukan kesalahan, langkah pertama ketahuilah kapan kesalahan itu terjadi, minta izin untuk menindaklanjuti kesalahan tersebut, dan kemudian temukan solusi bersama dengan cara menunjukkan pilihan yang lebih baik dari solusi yang mereka ajukan sebelumnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: