Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        BMKG Temukan Delapan Titik Panas Baru di Riau

        BMKG Temukan Delapan Titik Panas Baru di Riau Kredit Foto: Antara/Rahmad
        Warta Ekonomi, Pekanbaru -

        Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi kemunculan delapan titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau. Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno di Pekanbaru, Senin sore mengatakan delapan titik panas yang dideteksi melalui pencitraan Satelit Terra dan Aqua tersebut menyebar di lima kabupaten dan kota di Riau.

        "Titik panas dengan tingkat kepercayaan diatas 50 persen menyebar di Rokan Hilir, Pelalawan dan Indragiri Hulu masing-masing dua titik," katanya.

        Selanjutnya satu titik panas terdeteksi berada di Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hulu. Secara umum, Kusno mengatakan total terdapat 29 titik panas yang menyebar di Pulau Sumatera, sore hari ini. Selain delapan titik panas di Riau, Satelit juga mendeteksi delapan titik panas di Provinsi Sumatera Selatan, lima titik di Lampung, empat titik di Bangka Belitung, serta dua di Bengkulu dan Sumatera Utara.

        Lebih jauh, dari delapan titik panas yang terdeteksi di Provinsi Riau, Sukisno mengatakan lima diantaranya dipastikan sebagai titik api atau indikasi kuat adanya kebakaran hutan dan lahan dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen.

        "Titik api terdeteksi di Pelalawan dan Rokan Hilir dua titik serta satu titik di Indragiri Hilir," jelasnya.

        Keberadaan titik-titik panas maupun titik-titik api di Provinsi Riau merupakan yang pertama kali dalam kurun waktu sepekan terakhir. Sebelumnya, ratusan titik panas sempat terdeteksi menyebar di Provinsi Riau dan melahap lebih dari 2.000 hektare lahan di wilayah itu sepanjang akhir akhir Juli hingga medio Agustus 2018 lalu.

        Saat itu, Tim Satgas Karhutla Riau harus terus berjibaku melakukan pemadaman Karhutla mengingat pada saat bersamaan diselenggarakan Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta. Tim tidak mengenal lelah melakukan pemadaman baik melalui jalur darat dan udara.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: