Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, percaya kolaborasi adalah kunci kesuksesan perusahaan. Selain itu, pemilihan partner kerja sama pun dinilai penting demi menjaga hubungan kemitraan.
Dalam diskusi panel konferensi teknologi Wild Digital, Leontinus menganggap koneksi yang baik dengan para partner sebagai salah satu faktor pendukung nama besar Tokopedia. Sebab, menurutnya, tak ada hal yang bisa diraih seorang diri.
"Kami bermitra dengan banyak pihak, seperti merchant dan penyedia layanan pembayaran. Kebanyakan orang menganggap yang hebat itu pendirinya, padahal semua terjadi karena kolaborasi. Kami selalu menjalin koneksi yang baik dengan partner sehingga tercipta integrasi yang baik," jelas Leontinus di Jakarta, Kamis (6/12/2018).
Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk memilih partner yang tepat. Semua demi menjaga hubungan baik dalam menjalankan bisnis. Partner yang tepat juga dapat mengurangi risiko bisnis diakuisisi pihak lain, menurutnya.
"Sebagian besar pengusaha itu keras kepala, tetapi dalam konteks positif. Di tengah bisnisnya dia pasti memikirkan banyak hal, seperti kelanjutan bisnis atau kemungkinan diakuisisi perusahaan lain. Kuncinya, cari partner yang tepat," ujarnya.
Lantas, bagaimana cara mencari partner yang tepat? Menurut pria berkaca mata itu, cara mencari partner yang tepat yakni dengan mendiskusikan sesuatu yang menimbulkan ketidaknyamanan. Dari situ, pebisnis dapat menilai seberapa cocok mereka dengan calon partner itu.
"Partner yang baik itu harus bisa diajak diskusi tentang sesuatu yang sifatnya uncomfortable. Kalau bisa, lakukan juga diskusi keras. Akan tetapi, caranya disesuaikan lagi dengan diri masing-masing," ujar Leontinus.
Dengan partner yang tepat, kolaborasi yang baik dapat diciptakan. Kolaborasi itu bisa menghasilkan banyak hal, seperti inovasi dan pengembangan. Leontinus menambahkan bahwa dengan kolaborasi bisa?diraih banyak hal.
"Kalau sudah berhasil bangun, harus lihat apa yang perlu dikembangkan. Kami juga selalu ingin mengembangkan yang telah kami buat agar menjadi lebih baik," sebutnya.
Selain kolaborasi, Tokopedia juga fokus untuk melayani konsumen dengan mendengarkan kebutuhan mereka. Dengan begitu, inovasi yang dibuat perusahaan akan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Tokopedia adalah salah satu startup unicorn di Indonesia bersama dengan 4 startup lainnya, yakni Go-Jek, Traveloka, Bukalapak, dan Lazada. Tahun depan, pemerintah menargetkan untuk menambah jumlah unicorn dari beberapa bidang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: