Perusahaan layanan cloud, Exabytes menyelenggarakan Exabytes Digital Day Roadshow 2019 di tujuh kota yang meliputi Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, dan Medan. Acara ini diinisiasi Exabytes sebagai langkah untuk menyentuh dan mengedukasi pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang tersebar di wilayah Indonesia. Dengan tema Pesat Digital 2019, pelaku UKM akan dibekali dengan ragam topik seputar digitalisasi mulai dari cara mudah memulai toko online, pemasaran, transaksi digital, hingga manajemen keuangan.
Menurut Country Manager Exabytes Indonesia, Indra Hartawan, meskipun penetrasi internet dan perkembangan teknologi sangat pesat, pemanfaatannya masih minim di kalangan UKM. Hal ini disebabkan literasi digital yang kurang merata di setiap wilayah.
?Banyak produk UKM yang memiliki kualitas prima namun tidak diketahui masyarakat karena pemasarannya masih konvensional. Untuk itu, melalui program ini kami ingin agar pelaku UKM tidak hanya sekedar hadir namun juga mendapatkan ilmu yang bisa mereka praktikan untuk memajukan usaha mereka,? kata Indra melalui keterangan tertulisnya, Jumat (15/3/2019).
Baca Juga: Kerja Sama dengan Alibaba Cloud, iamtheCODE Targetkan Sejuta Perempuan Kuasai Teknologi
Apalagi, tambahnya, dengan berjualan secara online pelaku UKM dapat meraup keuntungan yang lebih besar sebab pembeli yang datang bisa dari mana saja. Berdasarkan data Kominfo, jumlah UMKM yang go online saat ini telah mencapai 9,61 juta sejak 2017 hingga 2018 dari total 56 juta UMKM. Angka ini masih terbilang minim dan masih terus ditingkatkan agar dapat bersaing di era revolusi industri 4.0.
Sejalan dengan itu, Ketua Umum FOKUS UMKM, Roy Baskoro, turut mendukung langkah Exabytes dalam mengedukasi pelaku UKM untuk go digital. Menurutnya, selain memberikan keuntungan, teknologi juga dapat mempermudah pelaku UKM dalam mengelola bisnis.
?Kami optimis acara ini bisa membantu teman-teman UKM untuk naik kelas dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Selain itu acara ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk memberikan solusi kepada mereka yang mengalami kendala dalam mengembangkan usahanya," ujarnya.
Baca Juga: UMKM Go Online Kemenkominfo: Padukan Kegiatan Offline-Online di Pasar Rakyat
Melalui kegiatan ini, Roy juga berharap minat serta pengetahuan pelaku UKM dalam memanfaatkan teknologi untuk usaha semakin meningkat.
Berlangsung mulai tanggal 16 Maret 2019 di Kota Bandung, acara ini menghadirkan lebih dari 40 pakar eCommerce untuk berbagi pengalaman seputar berbisnis online dan solusi terbaru kepada UKM/UMKM yang hadir. Selain mendapat dukungan dari FOKUS UMKM, acara ini juga didukung oleh Jurnal, KoinWorks, Midtrans, Alfatrex, dan EasyParcel.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Kumairoh
Tag Terkait: