Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Business to Customer?

        Apa Itu Business to Customer? Kredit Foto: Unsplash/John Schnobrich
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Di zaman yang serba digital seperti saat ini, semua menjadi lebih mudah untuk dilakukan, bahkan untuk memenuhi setiap kebutuhan Anda. Mulai dari makanan, pakaian, hingga perabot rumah semua yang dibutuhkan akan Anda dapatkan hanya melalui ponsel.?

        Sudah bukan rahasia umum bahwa saat ini banyak bermunculan toko-toko online yang menawarkan kemudahan bagi konsumen dalam membeli produk unggulannya. Anda pun sebagai konsumen akan merasa sangat terbantu, bukan??

        Namun, sadarkah Anda bahwa di saat Anda bertransaksi dengan toko online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya, Anda sedang melakukan apa yang disebut dengan?business to customer?(B2C)? Dan, sebenarnya, apa itu B2C?

        Pertama kali digunakan oleh Michael Aldrich di tahun 1979. B2C merujuk pada salah satu model bisnis atau penjualan produk langsung kepada pelanggan. Produk atau jasa yang ditawarkan pun seluruhnya digunakan secara pribadi oleh para konsumen, bukan untuk keperluan bisnis lainnya.

        B2C Konvensional Vs B2C Modern

        Model bisnis B2C konvensional di awal perkembangannya merujuk pada aktivitas jual-beli produk dan jasa di pusat perbelanjaan, supermarket, restoran dan lain sebagaimanya. Dulu, untuk mendapatkan kebutuhan, seseorang harus datang ke tempat di mana barang atau jasa tersebut dijual.?

        Salah satu perusahaan pelaku model bisnis B2C yang masih eksis hingga saat ini, yaitu McDonald. Perusahaan raksasa makanan cepat saji ini menyediakan berbagai pilihan produk melalui gerai yang tersebar di beberapa tempat. Meskipun dalam perkembangannya, McDonald juga mulai mengimplementasikan teknologi digital dalam bisnisnya.

        Baca Juga:?Apa Itu Business to Business?

        Namun, aktivitas jual-beli seperti itu mulai bergeser saat ini dengan munculnya berbagai toko?online?pelaku?e-commerce. Bagaimanapun, e-commerce telah mengubah secara signifikan bentuk interaksi bisnis antara penjual dengan konsumen. Setiap proses transaksi dilakukan secara?online, mulai dari pengiklanan, pemesanan, pembayaran, hingga pengantaran dilakukan dengan memanfaatkan internet.?

        Amazon adalah salah satu contoh perusahaan B2C yang modern. Perusahaan?online?raksasa ini menawarkan produk-produknya secara?online?sehingga memungkinkan bagi konsumennya untuk membeli dalam waktu 24 jam sehari alias nonstop.?

        Model E-Commerce B2C

        Dari sekian banyak model bisnis?e-commerce?B2C, ada lima model bisnis yang paling populer saat ini. Model bisnis yang dimaksud berkaitan dengan peran dan produk atau layanan yang ditawarkan.?

        1. Penjual langsung

        Model bisnis B2C yang pertama ini adalah yang paling populer di antara lainnya. Perusahaan atau bahkan pebisnis rumahan dapat menawarkan produk-produknya secara langsung kepada konsumen. Dan tentu saja, proses penawaran dilakukan secara?online. Kepopuleran model bisnis ini terlihat melalui banyaknya akun toko?online?yang dijalankan oleh pemiliknya secara langsung di media sosial, baik instagram maupun facebook.?

        Baca Juga:?Bisnis E-Commerce Butuh Blockchain Biar Makin Tokcer!

        2. Perantara

        Berbeda dengan model bisnis B2C yang pertama, model bisnis ini tidak menjual produk atau jasa sendiri, tetapi hanya menyediakan media atau?platform?yang ditawarkan kepada pemilik bisnis tertentu. Media atau?platform?tersebut dapat dikatan menjadi alat pemasaran dari produk yang ditawarkan oleh penjual.?

        3. Komunitas?online

        Model bisnis B2C yang ketiga ini hampir serupa dengan model kedua, perantara. Suatu komunitas?online?juga hanya menawarkan ruang atau media terbuka bagi perusahaan dalam memasarkan merek atau produk yang dimilikinya. Namun, dengan skala pemasaran yang lebih luas.?

        4. Berbasis iklan

        Model bisnis yang keempat ini merujuk kepada perusahaan yang menawarkan fitur iklan utama dari produk perusahaan lainnya untuk menarik konsumen akhir dalam volume yang besar.

        5. Berbasis biaya

        Model bisnis B2C yang terakhir ini merujuk pada bisnis yang menawarkan layanan, produk, atau manfaat kepada konsumennya dengan imbalan biaya. Salah satu contoh bisnis ini adalah?multi level marketing?(MLM).?

        Keunggulan B2C

        Bisnis?e-commerce?B2C tidak akan bertahan dan berkembang pesat sampai saat ini jika tidak memberi keuntungan, baik bagi penjual maupun pembeli. Setidaknya, ada empat keunggulan yang dimiliki bisnis B2C.?

        1. Jangkauan tak terbatas

        Yap, bisnis B2C dapat dijalankan dengan jangkauan yang tidak terbatas alias mengglobal. Bahkan, untuk bisnis rumahan sekali pun dapat menjangkau pasar internasional hanya dengan memanfaatkan teknologi dan internet.

        2. Memangkas biaya tambahan

        Karena hampir semua tahap transaksi dilakukan secara?online, tentu akan memberi keuntungan kepada kedua pihak. Bagi pembeli, biaya transportasi untuk datang ke toko akan terpangkas, dan bagi penjual biaya seperti sewa toko juga akan lebih kecil.?

        3. Kaya akan data profil pelanggan

        Menjalankan bisnis secara?online?akan memberi Anda kemudahan untuk menemukan informasi demografis tentang konsumen Anda, berikut dengan informasi psikologis seperti minat dan tren yang sedang digemari oleh konsumen.?

        4. Pelacakan pemasaran mudah

        Bisnis B2C?online?akan memudahkan dalam hal pelacakan pemasaran produk Anda. Salah satu kemudahan yang dimaksud, yaitu Anda dapat melihat dan melacak bagaimana interaksi konsumen Anda dengan situs toko?online?yang Anda miliki.?

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Lestari Ningsih
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: