Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Brand Awareness?

        Apa Itu Brand Awareness? Kredit Foto: Indianaexpress.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Brand awareness atau dalam bahasa Indonesia yang berarti kesadaran merek adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengakuan konsumen terhadap suatu produk dengan namanya. Mempromosikan produk baru atau mengidupkan kembali merek yang lama adalah langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan kesadaran merek.

        Berdasarkan keterangan dari Investopedia (22/4/2019), idealnya, kesadaran merek itu dapat mencakup kualitas yang membedakan produk dari para pesaingnya. Produk dan layanan yang mempertahankan tingkat kesadaran merek yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan. Pasalnya, konsumen lebih banyak yang membeli produk dari merek yang terkenal daripada yang tak mereka ketahui.

        Baca Juga: Apa Itu Email Marketing?

        Misalnya, dalam kasus air mineral. Masyarakat banyak yang menyebut air mineral berbagai merek dengan satu merek, "Aqua". Hal itu terjadi bukan tak beralasan. Raksasa dalam industri ini mengandalkan kesadaran merek untuk menjadikan merek mereka yang diraih konsumen.

        Selama bertahun-tahun, perusahaan ini telah menggunakan strategi periklanan dan pemasaran yang telah meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen, dan secara langsung diterjemahkan ke dalam penjualan yang lebih tinggi.

        Dalam menciptakan kesadaran merek, perusahaan banyak yang memanfaatkan media sosial atau platform yang tengah menjadi daya tarik konsumen. Misalnya, di Facebook, Snapchat, atau Instagram.

        Baca Juga: Bisnis Masuk Pasar Digital? Pemasaran Online Adalah Koentji!

        Platform ini telah mengarah pada bentuk promosi baru di mana konsumen sendiri menghasilkan diskusi tentang produk dan layanan yang mereka sukai dan gunakan. Di sana, konsumen juga tak segan berbagi pengalaman yang tidak menguntungkan, dan pemasar beradaptasi dengan kenyataan itu. Dengan begitu, merespon ulasan negatif dan menawarkan solusi untuk masalah yang dikeluhkan pelanggan menjadi hal penting bagi perusahaan.

        Tetapi, ketika konsumen melihat dan berinteraksi dengan posting dan pembaruan media sosial, kesadaran merek akan meningkat. Agar kesadaran merek menjadi paling produktif, konsumen harus dapat terhubung ke situs web perusahaan dengan mulus dari platform media sosial.

        Baca Juga: Simple! Begini Trik Jitu Pemasaran Bisnis Skala Kecil

        Selain itu, sponsor acara juga adalah cara lain yang efektif untuk menciptakan kesadaran merek. Acara amal, acara olahraga, dan penggalangan dana memungkinkan visibilitas yang menonjol dari nama dan logo perusahaan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Bagikan Artikel: