Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tahun Ini Bidik Milenial, Gelar Batik Nusantara Gandeng Sejumlah Komunitas Muda

        Tahun Ini Bidik Milenial, Gelar Batik Nusantara Gandeng Sejumlah Komunitas Muda Kredit Foto: Yosi Winosa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Yayasan Batik Indonesia menggelar acara Gelar Batik Nusantara (GBN) 2019 bertema Lestari Tak Terbatas yang memiliki arti bahwa batik sebagai warisan luhur tidak lagi berkonotasi kuno. Sebaliknya batik mencitrakan kebebasan, kedinamisan, serta keceriaan yang sesuai dengan gaya hidup masa sekarang.

        Ketua Yayasan Batik Indonesia, Yultin Ginanjar Kartasasmita menyatakan, setiap tahun pihaknya mengupayakan tema, asal batik, dan acara-acara yang selalu berbeda. Pada kesempatan tahun ini, batik dari Sumatera akan ditonjolkan. Sejarahnya, pada 1875 lalu penduduk dari Denmark dan Solo bermigrasi ke Jambi lantaran perjanjian Gyanti mengakibatkan pecahnya Mataram dan Jogjakarta.

        "Batik itu kan ada artinya, titik dan menggambar, kemudian dibatik dengan canting dan malang. Pebatik mulai tersisihkan dengan adanya batik printing, sangat berbeda dengan yang kita lestarikan selama ini, betul-betul handmade. Kita harus bantu pengrajin agar ikut sejahtera, jangan sampai terkalahkan dengan tektil yang bermotif batik," kata dia di Jakarta, Senin (29/4/2019).

        Baca Juga: Kemenperin Siap Telurkan Inovasi Startup Industri Kerajinan dan Batik

        Batik kini menjadi fesyen bagi banyak orang, dan seiring dengan perubahan zaman, perlu ada pelestarian dan penyesuaian bagi industrinya untuk tetap bersaing secara global sehingga para pengrajin batik harus semakin kreatif dan inovatif dalam menghasilkan mahakarya dengan kekayaan motif yang relevan dan kekinian, namun tidak kehilangan nilai-nilai budaya dan tradisional yang terkandung di dalamnya.

        Seperti umum diketahui, batik merupakan kerajinan asli masyarakat Pulau Jawa. Namun dalam perkembangannya, batik telah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia termasuk Pulau Sumatera. Batik Sumatera memiliki corak dan motif dengan ciri khas yang mewakili budaya daerahnya.

        Melalui pameran GBN 2019, ragam batik dari Sumatera akan menjadi sorotan utama sehingga dapat diperkenalkan kepada masyarakat luas untuk memperkaya khasanah batik nusantara yang memiliki sejarah panjang, mulai awal diciptakan hingga proses penyebarannya di seluruh pelosok negeri.

        Dalam membidik generasi milenial, GBN 2019 bekerjasama dengan berbagai komunitas muda, sekolah desain busana, serta putra-putri batik nusantara untuk mempersiapkan berbagai program menarik seperti fashion show, talkshow, dialog batik, workshop membatik, creative corner hingga pertunjukan musik tradisional selama pameran berlangsung.

        GBN 2019 akan diselenggarakan pada 8-12 Mei 2019 di Main Lobby dan Assembly Hall, Jakarta Convention Center. Pameran dibuka mulai pukul 10.00-2100 WIB dengan HTM Rp20.000. Khusus untuk 9 Mei 2019, pameran ini akan dibebaskan dari tiket masuk. GBN telah dilaksanakan sejak 1996 oleh Yayasan Batik Indonesia setiap dua tahun sekali. Tahun ini merupakan kali ke-11 GBN terselenggara.

        Baca Juga: Ekspor Produk Tenun dan Batik Ditargetkan Naik 10%

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Yosi Winosa
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: