Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Grab Terus Genjot Promo, Bonceng: Tidak Sehat untuk Industri

        Grab Terus Genjot Promo, Bonceng: Tidak Sehat untuk Industri Kredit Foto: Antara/M Agung Rajasa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perang promo yang membuat kebijakan tarif ojek online (Ojol) seolah tidak berlaku kian meresahkan. Kekhawatiran juga ikut dirasakan perusahaan aplikator baru yang masuk dalam industri ini.

        ?Tarif promo besar-besaran pada dasarnya tidak baik untuk mendewasakan pasar. User (konsumen) dimanjakan dengan harga murah sehingga ke depannya tidak bagus. Ini akan menjadi predatory pricing yang dampaknya saling membunuh,? ujar CEO Bonceng Faiz Noval, di Jakarta Jumat (17/05/2019).

        Baca Juga: Wow! Grab Target Integrasikan 500 Platform di Ekosistemnya

        Bonceng merupakan salah satu pelaku di industri ride-hailing Indonesia yang turut berharap terciptanya iklim bisnis yang sehat. Dengan begitu, peluang berkompetisi dan bertumbuh dalam jangka panjang semakin terbuka.

        Namun, gencarnya tarif promo ojol seperti dilakukan Grab saat ini, menurut Faiz, berpotensi besar memicu persaingan tidak sehat di bisnis transportasi online. Jika pemain besar dengan modal kuat saja bisa terdampak, apalagi pelaku berskala usaha lebih kecil.

        Maka Faiz berharap pemerintah membatasi tarif promo yang dilakukan oleh aplikator. Intervensi tersebut perlu dilakukan regulator salah satunya supaya penetapan tarif ojol melalui Permenhub 12/2019 tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

        Baca Juga: Tarif Baru, Grab Klaim Pendapatan Pengemudi Naik 20%-30%

        ?Pemerintah mesti melihat ini dari sisi aturan. Tarif promo dilakukan untuk membatasi tarif promo pada minimal angka yang telah ditentukan oleh pemerintah. Kalau tidak maka aturan tarif tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya,? dia menjelaskan.

        Faiz beranggapan perang tarif promo secara jor-joran kali ini tak lain hanya sebuah ambisi untuk mendominasi pasar. Ia khawatir jika tarif promo besar-besaran tidak segera diatur maka hanya akan menciptakan monopoli pasar.

        ?Apabila aksi ini terus dilakukan maka akan saling mematikan. Kalau kompetitor semuanya mati maka hanya akan ada satu pemain yang menguasai pasar sehingga harga tidak bisa dikontrol,? Faiz mengingatkan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: