Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Di Tengah Wabah Corona, Yuk Penuhi Kebutuhan dari Produk Desa

        Di Tengah Wabah Corona, Yuk Penuhi Kebutuhan dari Produk Desa Kredit Foto: Kementerian Pertanian
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Lebih dari 83.931 desa di Indonesia berdasarkan data BPS saat ini menjadi penopang dan pemasok pemenuhan produk kehidupan sehari-hari.

        Desa menjadi sumber aktivitas produksi komoditas yang berasal langsung dari alam. Desa juga menjadi rumah bagi para pelaku usaha mikro kecil yang produknya unik dan khas.?

        Tak jarang banyak desa di pelosok nusantara masyarakatnya mampu menghasilkan produk unggulan dengan nilai jual tinggi.?

        Namun sayangnya, masih banyak kendala bagi desa-desa di Indonesia untuk maju, berkembang, hingga meningkat kesejahteraan masyarakatnya. Sejumlah kendala dimaksud di antaranya masih kurangnya kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa-desa untuk dapat mengolah potensi ekonomi menjadi sumber kesejahteraan bersama. Saluran informasi yang memadai kerap kali menjadi faktor penghambat kemajuan desa yang lain. Selain itu, masih terbatasnya infrastruktur termasuk teknologi informasi juga kerap kali menjadi kendala yang mengganggu sehingga potensi dan produk unggulan desa tidak terpromosikan dengan baik.

        Karena itu, Sentra Desa (Sensa.id) hadir untuk sebuah tujuan menghormati petani, menyejahterakan desa, mendorong gaya hidup ?kembali ke desa?, hidup sehat dari alam, dan memuliakan desa. Sensa.id menjadi salah satu marketplace pertama yang berupaya menghadirkan produk asli desa terlengkap dari seluruh penjuru nusantara dengan ditunjang fitur pilihan paket ke destinasi wisata desa dan ecotourism yang bisa dibook langsung secara online. Sensa.id sebagai marketplace berbasis e-commerce yang berupaya memotong panjangnya rantai pasar produk UMKM dari desa, mendekatkan produsen di desa dengan konsumennya, hingga memperluas jaringan pasar produk desa.

        Sementara itu, salah satu pendiri Sensa.id Syahroni Yunus mengatakan ia bersama enam orang rekannya yang ahli di bidangnya masing-masing bertekad bahwa sudah saatnya potensi desa digali dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakatnya secara merata dan berkelanjutan berbasis pengelolaan sumberdaya? yang ramah lingkungan.

        Ia mengaku berinisiatif membangun sebuah marketplace yang benar-benar fokus pada pemasaran dan produksi produk pedesaan hingga mempromosikan potensi wisatanya.?

        ?Bayangkan apa yang orang butuhkan dari desa? Sadarilah, desa adalah yang memasok semua yang ada di meja makan kita setiap harinya. Mereka yang menanam sesuatu yang kelak akan melekat di tubuh kita setiap saat, pakaian kita, tempat berlindung kita. Semua datang dari desa,? katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (29/2/2020).

        Sambungnya, ia pun mengajak masyarakat di tanah air untuk kembali dan membangun desa sebagai pusat perekonomian masyarakat dari level terbawah.?

        ?Mari bersama kita membangun desa dengan cara yang inovatif dan beretika. Kita hormati petani, kita muliakan desa. Kita bangun desa satu persatu dan bayangkan ada 83.931 desa,? katanya.

        Ia pun mengajak masyarakat untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya dari desa. ?Sensa.id hadir untuk menjadi solusi bagi siapapun yang sibuk, jadi tak perlu langsung datang ke desa untuk mendapatkan produk-produk desa yang khas dan alami. Tinggal klik saja Sensa.id pilih produk yang diinginkan dan akan diantar hingga teras rumah Anda,? katanya.

        ?Siapapun juga berkesempatan untuk mendapatkan produk langsung dari kebun petani, ikan segar dari jala nelayan, hingga kerajinan tangan seketika dari perajinnya,? tambah Syahroni.

        Produk di Sensa.id juga dijamin merupakan produk unggulan desa karena telah melalui proses survei, kurasi, dan beberapa di antaranya melalui pendampingan secara langsung.

        Sensa.id berisi direktori atas produk-produk desa yang ada di Indonesia dengan kategori pertanian/perkebunan, peternakan/kelautan, art & craft, pangan olahan, agro dan ecotourism, potensi desa, dan inovasi desa.

        Sensa.id juga memiliki tim pemasaran yang siap membantu siapapun dengan produk desa dan UMKM unggulan untuk memasarkan produknya secara online dengan menjadi mitra Sensa.id.

        Saat ini mitra Sensa.id adalah para produsen, petani, nelayan, dan pekebun yang tersebar di berbagai pelosok desa di Indonesia sehingga masyarakat bisa mendapatkan produk desa yang berasal dari Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Kalimantan, bahkan Papua.

        Pengguna Sensa.id akan mendapatkan beragam manfaat seperti kemudahan memesan produk, harga yang kompetitif, pilihan kurir untuk pengiriman, dan fasilitas pembayaran yang mudah dan terpercaya.

        Maka ini saatnya mengoptimalkan potensi desa demi kemajuan bersama di tengah merebaknya wabah virus corona. Produk desa merupakan solusi terbaik yang semuanya bisa didapatkan di satu tempat Sensa.id

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: