Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Waduh! Negeri Paman Sam Ternyata Kelimpangan Juga Hadapi Corona

        Waduh! Negeri Paman Sam Ternyata Kelimpangan Juga Hadapi Corona Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Saskia Popescu, seorang ahli epidemiologi pencegahan infeksi yang penelitiannya berfokus pada pemanfaatan yang buruk dari pencegahan dan pengendalian infeksi di Amerika Serikat (AS) mengatakan, AS mungkin kekurangan tenaga dan peralatan medis untuk menghadapi virus corona, Covid-19. Alasannya, karena AS saat ini juga menghadapi flu musiman, yang juga cukup mematikan.

        Popescu menuturkan, sudah ada kekurangan alat pelindung diri (APD) di AS karena epidemi flu. Kekurangan semacam itu, menurutnya, adalah sesuatu yang mengkhawatirkan, terutama karena Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengungkapkan bahwa pemerintah AS dan pejabat kesehatan masyarakat di negara itu akan menerapkan langkah-langkah agresif untuk memperlambat dan menghalau penyebaran Covid-19.

        "Pertama dan terutama, kita berada di tengah musim flu yang cukup parah, yang berarti bahwa rumah sakit sudah cukup tegang dalam menghadapi jumlah pasien yang tinggi dan pekerja kesehatan yang stres," ucapnya, seperti dilansir Sputnik.

        Baca Juga: Heboh Masker Gas Paling Ampuh Tangkal Corona, Fungsi Aslinya untuk. . .

        "Tetapi di atas itu sekarang kita mulai melihat kekurangan peralatan perlindungan pribadi terkait dengan wabah Covid-19 internasional, dan itu memberi tekanan pada persediaan masker. Jadi, semua hal itu semakin bertambah saat kita mulai melihat kemungkinan kasus yang lebih banyak lagi di AS," sambungnya.

        Awal bulan ini, Popescu menerbitkan sebuah artikel berjudul Jika Wabah Coronavirus Tumbuh, Dapatkah Sistem Perawatan Kesehatan AS yang Tegang Terus Berlanjut? di situs web Buletin Ilmuwan Atom. Ilmuwan Atom adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada sains dan masalah keamanan global.

        Artikel itu, jelasnya, benar-benar melihat pendekatan berjenjang patogen khusus di AS dan alasan yang memprihatinkan adalah karena setelah wabah Ebola pada 2014, CDC bekerja dengan beberapa lembaga lain untuk mengembangkan program kesiapsiagaan rumah sakit. Ini berarti AS akan memasok dan mendanai rumah sakit tertentu melalui unit bio-containment.

        "Jadi, kami akan membangun tingkatan, yang berarti Anda akan memiliki rumah sakit garis depan, rumah sakit penilaian dan fasilitas perawatan yang telah meningkatkan kemampuan untuk merawat pasien dengan sesuatu seperti Ebola dan itu benar-benar membantu mempersiapkan AS untuk lebih banyak kasus seperti Ebola, patogen khusus," ungkapnya.

        "Tetapi bagian yang memprihatinkan adalah bahwa semuanya akan berakhir dalam hal pendanaan. Jadi, kami melihat sekarang hanya memiliki 10 fasilitas perawatan regional untuk patogen khusus, yang menandakan bahwa mungkin kita tidak melihat kesehatan dan kesiapsiagaan penyakit menular sebagai prioritas di AS," katanya.

        Mengenai apakah Covid-19 bisa berubah menjadi pandemi, dia mengatakan, hal itu sulit untuk dikatakan saat ini. Dia menyebut, ada banyak pertanyaan dan kekhawatiran jika ini akan menjadi sesuatu seperti pandemi flu 1918, dan kebenarannya adalah bahwa semua berada dalam waktu yang berbeda dalam hal berbagi informasi dan liputan media.

        Baca Juga: Corona Tembus 100 Ribu Kasus, Ekonomi Dunia Diramal Kolaps

        Menurutnya, secara inheren wabah ini akan selalu berbeda dan akan selalu menjadi historis karena ini adalah pelajaran pembelajaran besar dalam hal melihat China menggunakan upaya karantina untuk jutaan orang dan itu adalah peristiwa bersejarah.

        "Jadi, saya pikir sulit untuk mengukur apakah ini akan menjadi salah satu dari hal-hal besar yang mengubah hidup karena setiap wabah sangat unik dan memang mengubah banyak hal," jelasnya.

        "Tetapi pada akhirnya bagi AS, saya benar-benar berpikir ini adalah pelajaran besar dan kita harus benar-benar berhenti memotong anggaran untuk CDC dan NIH dan memiliki kesenjangan kunci dalam peran administratif untuk keamanan kesehatan global dan kemudian bertanya-tanya, ketika hal-hal itu terjadi, mengapa ada keterlambatan dalam respons dan komunikasi. Saat ini, saya pikir masalah terbesar adalah transparansi dan komunikasi dari advokat dan pemimpin kesehatan masyarakat dan layanan kesehatan kami," tukasnya.

        Pada 2018, CDC terpaksa memangkas 80% dari upayanya yang bertujuan mencegah wabah penyakit global karena kehabisan dana.

        Anggota Senat dari Partai Demokrat AS diketahui telah meminta Kongres mengalokasikan US$8,5 miliar untuk membantu mengatasi Covid-19. Permintaan itu datang setelah sebelumnya pemerintahan Presiden AS Donald Trump meminta Kongres untuk mengalokasikan US$1,25 miliar dana darurat untuk menanggapi virus tersebut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: