Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ekstra Hati-hati! 5 Tempat-Benda Ini Sangat Rawan Penyebaran Corona

        Ekstra Hati-hati! 5 Tempat-Benda Ini Sangat Rawan Penyebaran Corona Kredit Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Virus corona kini makin?menjadi momok yang menelan rasa aman masyarakat global. Penyebaran virus begitu cepat, hingga saat ini virus bernama Covid-19 telah mewabah ke 84 negara dan menginfeksi sebanyak 97.885 manusia. Angka ini belum termasuk korban meninggal.

        Walaupun ada pasien yang sembuh, obat untuk mengatasi virus ini belum ditemukan. Mereka yang sembuh adalah pasien yang bergantung pada imunitas dan kekebalan tubuh. Dibanding yang sembuh, mereka yang meninggal karena virus ini lebih banyak. Satu-satunya jalan adalah upaya kita untuk mencegah virus ini tidak menyebar semakin meluas.

        Bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar rumah, maka ada beberapa tempat yang diwaspadai sebagai tempat penyebaran virus. Di tempat ini usahakan untuk mengurangi atau menghindari kontak dengan benda-benda setempat.

        Baca Juga: Kasus Meningkat Drastis, New York Darurat Corona

        1. Transportasi Umum

        Jakarta adalah contoh kota yang paling maju di Indonesia. Salah satu indikatornya adalah meningkatnya jumlah masyarakat yang menggunakan transportasi umum sebagai moda transportasi pilihan.

        Gubernur Anies Baswedan mengatakan bahwa di Jakarta masyarakat yang menggunakan transportasi umum telah menyentuh angka jutaan. Transportasi umum seperti Bus TransJakarta, LRT, dan MRT adalah tempat paling rawan penyebaran virus.

        Karena itu saat berada di transporasi umum, kurangi kontak dengan benda-benda sekitar, hindari memegang langsung menggunakan tangan. Pegangan tangan di bus dan LRT/MRT sebisa mungkin harus dihindari. Dan yang penting, tetap memakai masker dan minta orang-orang sekitarmu mematuhi etika batuk dan bersin.

        2. Toilet Umum

        Walaupun toilet mal terlihat sangat bersih dan wangi, belum tentu tempat ini bebas virus dan bakteri. Virus tidak bisa dilihat secara langsung menggunakan mata telanjang. Banyaknya orang menggunakan toilet umum di mal setiap harinya, membuat WC umum menjadi tempat yang sangat rawan virus.

        Biasanya di toilet umum, telah disediakan hand sanitizer dan tisu. Saat kita terpaksa memegang kepala keran atau tombol flush toilet, usahakan untuk langsung mencuci tangan dengan bersih. Ingat untuk tidak memegang atau menggaruk wajah sebelum kita memastikan tangan sudah dicuci dengan baik dan benar.

        3. Sekolah/Kampus/Universitas

        Mungkin ini adalah hal menyedihkan, tetapi tempat yang tinggi insensitas interaksi manusia seperti sekolah, universitas, dan kampus adalah tempat yang rawan penyebaran virus. Karena itu beberapa negara telah meliburkan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Ini adalah upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas lagi.

        Di Indonesia, walaupun belum terdapat indikasi penyebaran virus corona di sekolah/kampus, melakukan tindakan pencegahan adalah sikap yang terbaik. Usahakan saat berada di sekolah, kurangi memegang benda yang umum dipegang oleh orang lain. Walaupun terpaksa, kamu harus ingat setelah itu kamu harus pastikan mencuci tangan dengan baik. Dan selalu ingat untk tidak menyentuh wajah sebelumnya.

        4. Gagang Pintu

        Di tempat manapun, gagang pintu adalah benda yang paling banyak dipegang oleh manusia. Tiolet, minimarket, perpustakaan, ruang kelas, dan ruangan-ruangan lain tempat berlalu lalangnya manusia. Terkadang kamu harus melakukan hal yang tabu dilihat orang, yakni tidak membuka pintu menggunakan tangan, tetapi mendorong pintu menggunakan lengan.

        Bagaimana jika pintu menggunakan gagang putar sehingga mengharuskan tangan memegangnya? Maka kamu bisa menggunakan tisu sebagai alas tangan atau menggunakan tangan secara langsung dan mencuci tangan dengan sabun setelahnya.

        5. Pegangan tangga dan tombol lift

        Di ruangan yang bertingkat sangat umum dijumpai tangga ataupun lift. Setiap harinya benda ini disentuh oleh banyak orang. Saat menggunakan tangga usahakan untuk tidak memegang pegangannya. Berjalanlah secara normal tanpa mengandalkan pegangan untuk menyanggah badan.

        Saat beda di lift usahakan untuk menggunakan alas/benda sekali pakai seperti tisu untuk memencet tombol lift. Hal ini penting mengingat setiap harinya banyak orang yang kita tidak ketahui berlalu lalang menggunakan lift.

        Baca Juga: Heboh Masker Gas Paling Ampuh Tangkal Corona, Fungsi Aslinya untuk. . .

        Selain itu, banyak sekali benda dan tempat yang digunakan khalayak umum yang mesti diwaspadai sebagai tempat penyebaran virus. Karena itu tindakan yang dapat dilakukan adalah:

        1. Senantiasa mencuci tangan setelah memegang/bersentuhan dengan benda umum.

        2. Kurangi interaksi dengan orang yang sakit flu, pilek atau batuk berlebihan. Dan meminta mereka untuk mematuhi etika yang berlaku dan memeriksanya ke rumah sakit.

        3. Jaga kebersihan lingkungan, tempat tinggal, sekolah, dan tempat kerja.

        4. Perkuat kekebalan imunitas tubuh dengan rajin mengonsumsi makanan bernutrisi, vitamin, dan herbal yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus.

        5. Mulai menerapkan gaya hidup sehat, tidur teratur yang cukup, banyak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan mengurangi kebiasaan rebahan yang berlebihan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: