Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Keren, Warga Sidoarjo Kompak Lawan Corona Lewat Edukasi Ini

        Keren, Warga Sidoarjo Kompak Lawan Corona Lewat Edukasi Ini Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
        Warta Ekonomi, Surabaya -

        Surat edaran yang bernomer : 443/4146/201.3/2020 yang diterbitkan langsung Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa terkait kewaspadaan Covid 19 (Virus Corona)? kepada bupati/walikota se-Jatim bahkan masyarakat agar tidak terlalu panik namun, tetap waspadai

        ?Sehubungan dengan berkembangnya ancaman virus jenis baru, yaitu Covid-19 yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia yang dapat menimbulkan penyakit baru dan berpotensi terjadinya wabah atau dapat menimbulkan kejadian luar biasa di dunia, maka dimohon dengan hormat kepada saudara Bupati/Walikota se-Jatim dimohon agar segera melakukan langkah-langkah upaya pencegahan,? tulis Gubernur Khofifah dalam surat tersebut.

        Baca Juga: Hadapi Corona, Anies Lebih Tegas dan Jelas Ketimbang....

        Baca Juga: Pendiri Dell Technologies Umumkan Ikut Lawan Corona Lewat Donasi Jutaan Dolar

        Walaupun Gubernur Jatim telah mengeluarkan surat edaran pada pimpinan daerah terkait virus Corona bukan berarti masyarakat Jatim harus diam saja. Akan tetapi wajib pula untuk memerangi virus Corana asal Wuhan, China ini dengan berbagai cara.

        Salah satu Kampung Edukasi Sampah RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan Sidoarjo Jatim misalkan, kini mulai gencar melakukan kampaye kesehatan sebuah gerakan gemar cuci tangan kepada seluruh warganya ini dengan melakukan sosialisasi kepada warga dan juga menyediakan tempat cuci tangan dan sabun/anti septik pada setiap titik di lingkungan RTnya.

        Menurut Ketua RT.23 /RW.07, Edi Priyanto kampaye itu sebagai upaya membantu pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim dalam memerangi virus Corana agar masyarakat mengatisipasai sejak dini bahkan terhindar dari virus yang mematikan ini.

        ?Sebagai warga? kamipun akan membantu pemprov Jatim untuk mengatasi masalah ini (virus Corona) ini. Salah satunya yang kami lakukan adalah sosialisasi kepada warga kami tentang bahaya virus Corana ini. Selain menggelar olahraga secara rutin kami telah menyiapakan tempat cuci tangan dan sabun/anti septik dibeberapa titik,? Edi saat ditemui Warta Ekonomi di Sidoarjo, Minggu (15/3/2020).

        Tak hanya himbuan dari Gubernur Jatim saja, kata Edi, beberapa waktu lalu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)? telah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 7 tahun 2020 yang berisi pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia.

        ?Mengingat Covid-19 penularan secara berantai, maka semua pihak harus ikut berperan dan mengajak peran semua warga negara secara berantai agar mata rantai penularan covid-19 segera terputus. Semua bisa dimulai dan dilakukan dari masing-masing individu dan lingkup lingkugan terkecil seperti RT/RW, dengan meningkatkan cara hidup bersih, sehat buat diri warga dan lingkungan,? tegas Edi.

        Saat ini kata dia, pihaknya (warga RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan Sidoarjo) terus melakukan edukasi pencegahan terhadap penularan Covid-19 dengan tetap menjaga? menjaga kesehatan, berperilaku hidup bersih dan sehat yang dapat dilakukan dengan cara olahraga teratur, makan dan minum dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, hindari merokok, narkoba dan minuman keras serta mengurangi kelelahan.

        ?Upaya lain yang bisa kami lakukan dilingkungan RT kami adalah dengan mendorong semua warganya agar menyediakan air bersih dan sabun atau anti septik yang disediakan pada setiap rumah,? bebernya.

        Dikatakanoleh dia, penyediaan tempat cuci tangan? dibeberapa titik bertujuan agar kampungnya tetap bersih dan bebas dari virus Corona

        ?Kebiasaan pada seluruh warga sebagai upaya edukasi untuk melakukan sesering mungkin cuci tangan dengan sabun, selalu cuci tangan dan muka sebelum makan dan setelah sampai rumah setelah bepergian,? ungkap Edi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Mochamad Ali Topan
        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: