Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Duh! Masyarakat Masih pada Bebal, Keluar Rumah Ogah Pakai Masker

        Duh! Masyarakat Masih pada Bebal, Keluar Rumah Ogah Pakai Masker Kredit Foto: Forbes
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih sangat rendah. Padahal masker merupakan bagian dari protokol kesehatan yang bertujuan sebagai alat pencegahan dari Covid-19.

        Hal ini terungkap dalam survei bertajuk New Normal Survey yang dilakukan perusahaan riset Nielsen Indonesia dan dirilis pada Rabu (22/7/2020) di Jakarta. Tujuan dari survei ini untuk mengetahui perubahan perilaku selama pandemi dan bagaimana setelah Covid-19 berakhir.

        "Meskipun dikampanyekan terus untuk menggunakan masker, tapi masih menjadi prioritas terakhir bagi masyarakat. Di luar juga masih banyak orang yang belum menggunakan masker untuk beraktivitas," kata Director Product Specialist, Nielsen Media Indonesia, Cerli Wirsal.

        Baca Juga: Investasi Kurus, Pengangguran Makin Gemuk

        Cerli mengungkapkan survei dilakukan dengan cara mewawancarai 537 responden dari 11 kota di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar, dan Banjarmasin. Periode survei dilakukan pada 28 Mei-5 Juni 2020.

        "Dalam survei ini kami menanyakan beberapa pertanyaan terkait dengan perubahan yang terjadi selama Covid-19 seperti hiburan di dalam rumah, gaya hidup termasuk di dalamnya gaya hidup sehat, gaya berbelanja dan konsumsi produk," tambahnya.

        Hasil survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pembatasan aktivitas di luar rumah selama pandemi membuat konsumen merasa lebih terikat dengan media sebagai sumber utama dalam mencari hiburan.

        Nielsen New Normal Survey menemukan bahwa 98% konsumen menikmati hiburan dari berbagai platform media, baik TV, radio ataupun online.

        Tren hiburan dalam ruangan yang dilakukan secara online juga menunjukkan peningkatan yang signifikan selama pandemi Covid-19, seperti menonton film atau serial secara online setiap hari (+57%), bermain gim online setiap hari (+62%), dan mendengarkan audio atau musik online setiap hari (+35%).

        "Sebagian besar dari konsumen yang baru mengadopsi kegiatan tersebut berniat untuk terus melakukannya saat pandemi sudah berakhir. Hal ini membuka peluang yang bisa digarap oleh para pemain di industri online video portal, online game maupun online audio," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: