Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pertumbuhan Kredit Maybank Stabil di Semester I 2020

        Pertumbuhan Kredit Maybank Stabil di Semester I 2020 Kredit Foto: Unsplash/Christoph Theisinger
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Maybank Group di Malaysia mencatat pertumbuhan kredit yang stabil sebesar 4,4% year-on year pada 30 Juni 2020 meskipun pasar luar negeri mengalami kontraksi sebesar 8,4%. Hal ini mengakibatkan penurunan marjinal sebesar 1% dalam pinjaman bruto Group dari tahun sebelumnya.

        Simpanan meningkat 2,2%, didorong oleh peningkatan sebesar 7% di Singapura dan 1,2% di Malaysia karena Group melanjutkan fokusnya pada pertumbuhan basis pendanaan berbiaya rendah di pasar dalam negeri. Hal ini mengakibatkan rasio CASA Group melonjak menjadi 40,2% pada Juni 2020 dibandingkan dengan 34,9% pada tahun sebelumnya.

        "Meskipun pertumbuhan simpanan stabil, khususnya CASA, marjin bunga bersih (NIM) untuk semester I-2020 turun sebesar 15 bps menjadi 2,09% dibandingkan dengan 2,24% pada tahun sebelumnya yang disebabkan oleh pemangkasan suku bunga serta dampak dari day-one modification loss untuk membuat asumsi terhadap suku bunga tetap untuk pembiayaan," tulis Maybank Group dalam pernyataan resminya di Jakarta, Senin (31/8/2020).

        Baca Juga: Terjerembab, Laba Maybank Group Merosot 52,6%

        Baca Juga: BTN dan Intiland Tawarkan Program KPR 3 on 3, Ini Manfaatnya

        Sementara untuk kuartal II-2020, kompresi pada NIM lebih tinggi sebesar 24 bps menjadi 1,95% dari 2,19% pada kuartal II-2020. Namun, Group secara aktif mengawasi pengelolaan aset dan liabilitas serta disiplin harga untuk meminimalkan kompresi pada NIM mengingat potensi peningkatan tekanan yang diperkirakan akan tetap berlanjut sepanjang tahun.

        Di sisi lain, Maybank mempertahankan likuiditas dan permodalan yang kuat selama periode laporan, dengan rasio CET1 di 15,43%, dan rasio modal total 19,04%. Rasio cakupan likuiditas Group juga sehat 140,5%, jauh di atas persyaratan peraturan 100%.

        Kemudian Group mencatat peningkatan kualitas aset dengan penurunan rasio gross impaired loans (GIL) menjadi 2,49% pada Juni 2020 dari 2,62% pada Juni 2019. Hal ini juga menegaskan secara signifikan bahwa kualitas aset bank berada pada posisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kuartal I-2020 di mana GIL Group sebesarĀ  2,71%.

        Sementara NPL baru relatif aman pada kuartal II-2020, Group mengambil sikap proaktif untuk meningkatkan pengelolaan pada bisnis tertentu dan kreditur korporasi di pasar utama (home markets) yang menunjukkan adanya pelemahan, serta pada beberapa portofolio ritel di pasar di mana variabel makro ekonomi juga menunjukkan potensi pelemahan.

        "Group terus memastikan pemantauan yang ketat atas portofolio kreditnya, melakukan komunikasi secara proaktif dengan nasabah yang terdampak kondisi bisnis yang menantang dan untuk memastikan mereka mengelola kewajiban keuangan mereka selama periode ini," terang Maybank Group.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajar Sulaiman
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: