Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Hasil Survei Kepuasan Contact Center Bea Cukai Lampaui Target

        Hasil Survei Kepuasan Contact Center Bea Cukai Lampaui Target Kredit Foto: Bea Cukai
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam upaya peningkatan kualitas pemberian layanan informasi kepada masyarakat, Bea Cukai merilis hasil survei kepuasan pengguna layanan Contact Center Bea Cukai 1500225 tahun 2019 yang dilakukan bekerja sama dengan PT Telexindo Bizmart untuk mendapatkan hasil yang lebih independen dan akurat.

        Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar-Lembaga, Syarif Hidayat menyatakan hasil survei 2019 menunjukkan angka kepuasan sebesar 8,784 dengan target 7,3.

        "Capaian tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 8,027. Adapun angka skor customer satisfaction index (CSI/CSAT) sebesar 3,79 atau 67,13%," kata dia melalui keterangannya (3/9/2020).

        Baca Juga: Bea Cukai Jateng-DIY Bantu Pemprov Jateng Pulihkan Ekonomi

        Baca Juga: Bea Cukai Dkk Ringkus Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

        Survei yang dilaksanakan pada periode 31 Oktober hingga 27 November 2019 tersebut menggunakan tiga metode pengukuran, di antaranya perbandingan dengan IKU yang telah ditetapkan, pengukuran survei kepuasan layanan yang mengacu pada PermenPAN-RB 14/2017, dan pengukuran survei menggunakan standar pengukuran internasional seperti CSAT dan CSI. Jumlah responden terdiri dari 2.457 alamat email yang mengisi kuisioner.

        Survei tersebut disusun melalui pernyataan-pernyataan berdasarkan Servqual, yang meliputi lima dimensi pernyataan, yaitu responsiveness, tangible, empathy, assurance, dan reliability.

        Syarif menambahkan bahwa kuesioner penilaian survei berisi 11 aspek pernyataan, meliputi mudah mendapatkan pelayanan, menyediakan pilihan layanan, melayani dengan cepat, melayani dengan ramah, peduli pada permasalahan, memberikan informasi yang akurat, menguasai prosedur dengan baik, menyelesaikan permintaan informasi sesuai janji, memberikan solusi sesuai kebutuhan, dan biaya layanan terjangkau.

        "Dengan nilai tertinggi diraih pada aspek melayani dengan ramah sebesar 9,57," beber Syarif.

        Dalam pengisian kuisioner survei kepuasan pengguna layanan, terdapat 188 tanggapan yang terangkum dalam beberapa topik dari yang jumlahnya paling banyak sampai paling sedikit, yaitu penguasaan peraturan, kecepatan pelayanan, kesulitan menghubungi, peningkatan pelayanan, layanan media sosial, aplikasi, tindak lanjut, pertahankan pelayanan, penambahan agent, petugas lapangan, penambahan line telepon, cara komunikasi dan keramahan, putus sambungan, dan biaya layanan.

        Namun, masih diperlukan beberapa evaluasi dan perbaikan dalam beberapa aspek, di antaranya kecepatan memberikan pelayanan, biaya pelayanan terjangkau, dan kemampuan memberikan solusi.

        Meskipun pandemi Covid-19 tengah melanda, Bea Cukai terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima yang akan terus ditingkatkan kepada masyarakat. Bagi masyarakat yang ingin bertanya terkait permasalahan kepabeanan dan cukai dapat menghubungi Contact Center Bravo Bea Cukai di nomor layanan 1500225, live chat di alamat bit.ly/bravobc atau dengan mengunjungi akun media sosial resmi Contact Center Bravo Bea Cukai; Instagram @BravoBeaCukai, Twitter @BravoBeaCukai, dan Facebook Bravo Bea Cukai.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: