Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Blue Ocean?

        Apa Itu Blue Ocean? Kredit Foto: Unsplash/Bruce Mars
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Blue Ocean adalah strategi yang menantang perusahaan untuk keluar dari Red Ocean persaingan berdarah dengan menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, sehingga kata kompetisi pun menjadi tidak relevan.

        Blue Ocean menciptakan permintaan alih-alih diperebutkan. Ada banyak peluang untuk pertumbuhan yang menguntungkan dan juga cepat.

        Baca Juga: Apa Itu Saham Defensif?

        Di Blue Ocean juga persaingan tidak relevan karena aturan permainan sedang menunggu untuk ditetapkan. Blue ocean adalah analogi untuk menggambarkan potensi yang lebih luas dan lebih dalam yang dapat ditemukan di ruang pasar yang belum dijelajahi. Blue ocean sangat luas, dalam, dan kuat dalam hal pertumbuhan yang menguntungkan.

        Contohnya ponsel BlackBerry, secara fungsional sama dengan ponsel yang lain, bahkan cenderung lebih minimalis dibanding ponsel lainya. Namun BlackBerry menerapkan Blue Ocean pada sisi messenger dengan mengusung BBM (BlackBerry Messenger). 

        Sehingga, persaingan sesama produsen handphone yang terjadi saat itu menjadi tidak berarti. Pasar sangat antusias dalam merespon produk-produk BlackBerry sehingga permintaan menjadi sangat tinggi, terutama di Indonesia. Meski demikian, strategi Blue Ocean jarang berkaitan dengan inovasi teknologi.

        Inovasi nilai merupakan batu-pijak dari strategi Blue Ocean. Inovasi nilai memberikan penekanan setara pada nilai-nilai dan inovasi. Nilai tanpa inovasi akan berfokus pada penciptaan nilai dalam skala besar. Inovasi tanpa nilai akan mengandalkan teknologi, pelopor pasar, atau futuristis, dan sering membidik sesuatu yang belum siap diterima dan dikonsumsi oleh pembeli.

        Inovasi nilai merupakan cara baru untuk memikirkan dan melaksanakan strategi yang mengarah pada penciptaan Blue Ocean.

        Baca Juga: Apa Itu Cadangan Likuiditas?

        Menciptakan strategi Blue Ocean harus dengan menekan biaya sambil meningkatkan nilai bagi pembeli. Karena nilai pembeli berasal dari utilitas (manfaat) dan harga yang ditawarkan perusahaan kepada pembeli. Hal ini karena nilai bagi perusahaan dihasilkan dari harga dan struktur biaya, maka inovasi nilai hanya akan tercipta ketika keseluruhan sistem kegiatan utilitas, harga, dan biaya perusahaan terpadu dengan tepat. 

        Inovasi nilai akan lebih dari sekadar inovasi. Inovasi nilai adalah soal strategi yang merangkul seluruh sistem kegiatan perusahaan. Inovasi nilai akan menuntut perusahaan agar mengarahkan seluruh sistem pada tujuan mencapai lompatan dalam nilai bagi pembeli dan perusahaan itu sendiri.

        Dalam menerapkan Blue Ocean Strategy, perlu dilakukan 4 tindakan berikut ini:

        1. Eliminate (Hapuskan)

        Yaitu menghapuskan unsur-unsur yang tidak bernilai dari produk.

        2. Reduce (Kurangi)

        Yaitu mengurangi unsur-unsur yang nilainya kurang tapi masih diperlukan. 

        3. Raise (Tingkatkan)

        Yaitu meningkatkan unsur-unsur yang akan dijadikan keunggulan dari produk hingga diatas standar industri yang ada.

        4. Create (Ciptakan)

        Yaitu menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada di industri tersebut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: