Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cara Gunakan SEMrush, Alat untuk Optimalkan SEO

        Cara Gunakan SEMrush, Alat untuk Optimalkan SEO Kredit Foto: Unplash/Campaign Creators
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Para pemasar digital memiliki tantangan untuk bisa melakukan analisis strategi, pembuatan konten, pengoptimalan situs, distribusi, dan mengukur performa pemasaran bisnis mereka. Semua ini membutuhkan banyak waktu dan sumber daya tambahan.

        Tapi, apakah Anda bisa membuat konten lebih cepat dan lebih efisien tanpa memerlukan banyak sumber daya dan waktu yang terpakai? Tentu saja bisa berkat sebuah alat canggih yang bermanfaat di era digital saat ini. Alat pemasaran digital SEMrush menyediakan berbagai solusi untuk mengembangkan strategi konten yang sukses sehingga dapat menarik banyak pengunjung situs.

        Apa Itu SEMrush?

        SEMrush adalah sebuah software yang didirikan oleh Oleg Shchegolev dan Dmitry Melnikov pada 2008. Software ini membantu mengoptimalkan situs web perusahaan terhadap mesin pencari serta membantu perusahaan menjalankan kampanye pemasaran digital seperti melakukan kampanye SEO, PPC (bayar per klik), pemasaran media sosial, dan content marketing.

        Baca Juga: Cara Gunakan Google My Business, Alat Bantu Pemasaran Digital

        Software ini bekerja dengan menarik data situs yang dapat membantu Anda untuk memahami bagaimana performa situs. Ada dua cara utama SEMRush dalam menarik data.

        Cara pertama adalah melalui bilah pencarian. Jika Anda mengetikkan sebuah URL situs web ke dalam bilah pencarian, Anda akan mendapatkan laporan tentang informasi dan pilihan keyword domain tersebut. Alat ini akan membantu meneliti pesaing bisnis Anda sehingga bisa menemukan cara untuk dapat bersaing dengan mereka.

        Cara kedua adalah dengan membuat proyek yang akan mengumpulkan data dari luar database mereka. SEMRush akan menganalisis visibilitas situs web Anda dan membantu melihat bagaimana Anda harus bersaing dengan pesaing bisnis.

        Untuk meningkatkan SEO Anda biasanya ditentukan oleh dua hal: anggaran dan tujuan bisnis. Hal ini menjadikan alat bantu versi uji coba menjadi salah satu cara yang ideal untuk mencari tahu alat apa saja yang dapat menyediakan fitur yang paling Anda butuhkan, sehingga dapat menentukan seberapa banyak Anda harus mengeluarkan anggara untuk bisa mengakses alat tersebut.

        Banyak alat yang menawarkan uji coba gratis. Salah satu alatnya adalah SEMrush. Mereka menawarkan uji coba selama tujuh hari yang memberikan fleksibilitas bagi penggunanya untuk mencoba berbagai fitur secara gratis.

        SEMrush dapat diakses secara gratis, namun versi gratis ini memiliki sejumlah batasan fitur. SEMrush menawarkan lebih banyak fitur kepada pengguna akun berbayar. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari versi gratis ini, pemasar digital yang memiliki low budget harus mengetahui batasan ini sebelum memulai menggunakannya. Anda hanya bisa mengakses 10 fitur saja. Di bawah ini adalah sejumlah batasan penggunaan fitur di versi gratis SEMRush:

        - 10 pencarian per hari

        - 10 hasil per pencarian

        - Maksimal 100 halaman yang dapat di-crawl untuk melakukan audit pada situs

        - 10 kata kunci yang dapat dilacak

        - 10 unit ide untuk On Page SEO 

        - Satu SEO content template

        - Satu SEO writing asistant template 

        - Satu keyword magic tool list

        - Dua penelusuran query di topic research

        - Satu laporan berbentuk PDF

        Setelah mengetahui batasan untuk menggunakan SEMRush gratis, Anda dapat menentukan strategi dalam menggunakan alat terbaik untuk digunakan selama masa percobaan.

        Manfaat Menggunakan SEMrush

        SEMRush memberi Anda banyak informasi yang dapat digunakan untuk: 

        - Meneliti tren yang sedang terjadi di tengah masyarakat.

        - Menemukan peluang untuk link building

        - Mengidentifikasi keyword yang berharga untuk kampanye pemasaran.

        - Mengidentifikasi keyword yang digunakan oleh pesaing Anda.

        SEMRush juga dapat memberikan insight tentang bagaimana caranya Anda bisa menduduki peringkat yang lebih tinggi dari pesaing serta menyarankan bagaimana caranya menentukan kata kunci atau frasa pencarian tertentu.

        SEMRush juga mengaudit SEO yang ada di halaman situs sehingga membantu Anda untuk mengoptimalkan halaman situs untuk strategi SEO guna meningkatkan peringkat situs di halaman pencarian serta menghasilkan prospek yang lebih baik.

        Sebenarnya masih banyak fitur lain yang disediakan oleh SEMRush yang dirancang untuk membantu Anda meningkatkan performa dan posisi situs di mesin pencari.

        1. Dapat memahami kinerja situs Anda

        Menjalankan kampanye SEO, membutuhkan sedikit waktu untuk dapat menunjukkan hasilnya. Anda pasti akan bertanya-tanya apakah pengoptimalan Anda dapat berhasil dengan baik? Dengan SEMrush, Anda bisa mendapatkan insight tentang kinerja kampanye pemasaran tersebut.

        SEMrush akan memberikan informasi mengenai performa situs Anda selama ini. Anda akan melihat berapa banyak trafik yang diperoleh melalui pencarian organik serta trafik berbayar. Alat ini akan menunjukkan kepada Anda apakah terdapat peningkatan atau penurunan trafik pada situs web Anda. SEMrush juga akan memberikan informasi apakah Anda menggunakan keyword yang menyebabkan peringkat situs menjadi lebih baik atau malah lebih buruk.

        2. Dapat menemukan keyword yang berharga

        Pemilihan keyword merupakan bagian integral dari kampanye SEO. Saat pengguna internet melakukan pencarian, mereka akan menggunakan sebuah keyword untuk menemukan hasil pencarian yang relevan. Dengan SEMrush, Anda dapat menemukan keyword tersebut untuk menjalankan kampanye pemasaran digital.

        Untuk menemukan keyword yang tepat untuk kampanye pemasaran, Anda harus melakukan penelitian mengenai penggunaan keyword. Alat ini akan membantu Anda membuat sejumlah daftar keyword berharga yang dapat digunakan untuk keberlangsungan pemasaran. Dengan bantuan SEMrush, Anda juga dapat mengidentifikasi keyword yang telah digunakan pesaing bisnis Anda. 

        3. Dapat memahami perilaku pesaing Anda

        Saat Anda menjalankan kampanye SEO, sebagian besar strategi bertujuan untuk memantau perilaku pesaing bisnis Anda. Misalnya, ada lusinan bisnis yang akan bersaing untuk mendapatkan keyword yang sama, jadi alat ini akan sangat membantu sekali untuk mengetahui keyword yang mereka gunakan.

        Dengan menggunakan SEMrush, Anda dapat mempelajari apa yang sedang dilakukan pesaing dengan kampanye SEO mereka sehingga akan membantu Anda untuk mengungguli mereka. Mereka mungkin memiliki keyword yang berhasil mengarahkan trafik. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dan menerapkan keyword tersebut ke dalam kampanye pemasaran Anda sendiri.

        SEMrush adalah sebuah alat bantu pemasaran yang berguna untuk membantu Anda agar bisa lebih  memahami persaingan bisnis sehingga dapat bersaing dengan mereka. Ketika Anda bisa mengenali pesaing lebih dalam, Anda dapat membuat strategi yang lebih baik lagi.

        4. Dapat mempertahankan trafik yang ada

        Ketika memeroleh trafik yang berharga, target Anda selanjutnya adalah untuk mempertahankan keberadaan trafik tersebut. Sangat penting untuk selalu berusaha menjaga agar prospek Anda tetap terlibat dan tertarik dengan laman situs tersebut.

        Dengan SEMrush, Anda dapat memilih untuk bisa melacak lokasi tertentu, memantau penggunaan keyword, terhubung ke Google Analytics, dan sejumlah strategi lainnya untuk tetap menjaga trafik yang ada. SEMrush menawarkan semua alat yang dapat Anda butuhkan untuk menjaga trafik tetap puas, sementara Anda bisa menarik trafik baru ke halaman situs.

        5. Mendapatkan backlink yang berharga

        Backlink adalah bagian penting dari keberadaan situs online Anda. Saat Anda mendapatkan backlink, Anda harus mendapatkannya dari situs yang lebih kredibel. Google lebih mempercayai situs Anda ketika mendapatkan backlink dari situs yang lebih dipercaya oleh pengguna internet.

        Anda akan mendapatkan backlink tersebut dengan bantuan SEMrush. Alat ini bisa membuat Anda melihat di mana lokasi untuk mendapatkan backlink jika belum mendapatkannya dari situs otoritas tertentu. Hal ini juga cara yang bagus untuk melihat backlink yang telah diperoleh pesaing Anda.

        Selain itu, Anda juga akan mengetahui berapa banyak backlink yang mereka miliki sehingga dapat menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan strategi yang lebih baik untuk ke depannya.

        Cara Menggunakan SEMrush

        Bagaimana cara menggunakan SEMrush? Seperti yang disebutkan sebelumnya, SEMrush menawarkan banyak manfaat bagi situs web Anda. Sekarang, kita akan membahas mengenai SEMrush beserta fiturnya secara detail.

        A. Riset Keyword

        Riset ini akan membantu Anda melihat berapa banyak orang yang mencari keyword tertentu, seberapa sulit untuk menentukan peringkat keyword tersebut, dan mendapatkan saran untuk penggunaan keyword lainnya.

        SEMrush memudahkan Anda untuk bisa menemukan jawaban atas semua pertanyaan di atas. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci di bawah bagian Keyword Overview Tool Anda dan akan segera melihat:

        - Volume: jumlah pencarian keyword yang sama persis.

        - KD: adalah singkatan dari keyword difficulty, yang berarti tingkat kesulitan dalam memberikan peringkat pada situs web untuk keyword tertentu.

        - Com: persaingan penggunaan keyword.

        - Tren: tren penggunaan sebuah keyword.

        Sekarang, alat ini dapat digunakan untuk menemukan keyword yang pas terkait dengan frasa yang telah dimasukkan. SEMRush memberikan Anda semua informasi penting yang dibutuhkan untuk membuat keputusan mengenai keyword mana yang akan digunakan dalam kampanye SEO Anda.

        B. Rack Tracking

        Ini adalah alat yang digunakan untuk mengetahui bagaimana peringkat situs web Anda untuk sebuah keyword dari waktu ke waktu secara global ataupun di wilayah tertentu. Untuk itu, Anda harus menuju ke bagian position tracker, kemudian masukkan nama domain dan keyword yang ingin Anda lacak.

        SEMrush akan menghasilkan laporan yang menunjukkan bagaimana peringkat situs web Anda saat ini dalam keyword tersebut. Data ini akan berubah seiring berjalannya waktu karena akan lebih banyak informasi yang mengalir melalui SEMrush. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan nama domain pesaing Anda untuk memeriksa bagaimana peringkat situs mereka saat ini. 

        C. Backlink Analysis

        Backlink memiliki peranan penting untuk situs web karena bisa mengarahkan trafik dari situs web lain. Performa sebuah situs dalam hasil pencarian bergantung pada berapa banyak backlink yang ada. Menambahkan backlink sebenarnya mudah, tetapi penting juga untuk memiliki backlink yang berkualitas karena Google dan mesin pencari lainnya memprioritaskan situs web dengan inbound link yang berkualitas.

        Dengan SEMRush, terdapat dua bagian yang bisa digunakan untuk menganalisis backlink

        - Bagian Backlink Analytics berfungsi untuk mencari backlink ke nama domain tertentu. Di bawah bagian ini, Anda juga dapat melihat anchor text yang digunakan untuk setiap backlink, distribusi domain (seperti .com, .org, tautan .gov, dan lain-lain), dan informasi tentang alamat IP di backlink tersebut. Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk mendapatkan informasi tentang backlink yang dimiliki pesaing.

        - Bagian Backlink Audit akan membantu Anda mencari tahu penyakit dari backlink tersebut serta membantu menjaga kesehatan situs web. Backlink audit mengumpulkan semua daftar link yang dianggap sebagai spam sehingga Anda dapat meninjau dan mengunggah ke Google sebagai disavow file. Penting untuk mengunggah file ini supaya memberi tahu Google untuk mengabaikan link yang berbahaya. Jika tidak, Google akan memberikan hukuman kepada situs yang memiliki banyak backlink yang beracun dan berkualitas buruk.

        D. Link Building

        Sebuah proses mendapatkan link dari situs lain dikenal sebagai link building. Link building menjadi sangat penting untuk keberhasilan proyek kampanye SEO karena mesin pencari biasanya akan memberikan peringkat di posisi tinggi kepada situs web yang memiliki lebih banyak link.

        SEMrush link building akan memeriksa seluruh konten di situs web, memeriksa kembali keyword yang ingin Anda gunakan, serta memberikan daftar situs web yang mungkin layak didekati untuk mendapatkan backlink.

        E. Broken Link Building

        Link yang tidak lagi mengarah ke situs manapun dikenal sebagai broken link. Broken link building adalah salah satu pendekatan SEO yang sangat penting karena dapat membantu menemukan link yang rusak, membuat ulang konten yang sudah terbengkalai, dan kemudian memberitahu semua orang yang dulu sudah menggunakan link konten yang terbengkalai untuk dihubungkan lagi dengan link yang baru.

        Anda bisa membangun backlink baru ke konten tersebut dan seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, semakin banyak backlink yang mengarah ke situs web Anda, semakin baik performa konten tersebut di hasil pencarian.

        F. Site Audit

        Ini juga merupakan salah satu fitur yang sangat berguna dari SEMrush. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menemukan kesalahan yang akan merusak peringkat mesin pencari seperti:

        - Duplikat konten

        - Kesalahan dalam crawling

        - Masalah SSL

        - Header tidak ada

        - Konten yang dimuat lambat, dan lain-lain.

        Site Audit dapat memindai seluruh situs web Anda dan memberikan tips untuk perbaikan pada setiap halaman. Fitur ini tidak hanya memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan tetapi juga memberi tahu mengapa Anda harus melakukannya. Setiap saran yang diberikan akan menjelaskan alasan di balik setiap rekomendasi. Saran ini dapat mencakup:

        - Memberikan atribut ALT ke gambar yang rusak

        - Situs web mana yang dimasukkan sebagai backlink

        - Durasi panjangnya konten

        - Penggunaan keyword yang berlebihan

        - Keyword yang perlu ditambahkan

        - Menambahkan tag jika dibutuhkan

        - Meningkatkan meta tag serta meta description

        - Strategi internal linking

        G. Traffic Analytics 

        Fitur SEMRush ini akan memberikan Anda informasi terperinci untuk mengetahui sumber, lokasi, dan demografi trafik yang datang ke situs web. Dengan menganalisis data tersebut, Anda dapat merancang strategi SEO yang baik bagi situs web Anda.

        SEMRush adalah salah satu alat yang dapat menyelesaikan semua kebutuhan pemasaran digital. Hal itu karena alat ini memiliki sejumlah fitur yang dapat membuat situs web Anda mencapai hasil teratas di SERP. Dengan bantuan SEMRush, Anda dapat melakukan penelitian keyword yang tepat, membuat konten untuk pemasaran, menganalisis pesaing bisnis, dan memeriksa analisis data

        SEMRush memang memiliki kekurangan tertentu seperti harga yang mahal dan sulit dimengerti untuk pemula. Tapi, begitu terbiasa dengan alat ini, Anda akan mengerti bahwa dengan menggunakan alat ini bisa menghasilkan ROI yang lebih tinggi

        SEMRush adalah alat yang ampuh untuk melakukan digital marketing. Tetapi, alat ini hanya dapat memberikan Anda data dan sejumlah informasi sehingga pada akhirnya, Anda sendirilah yang harus menganalisis, memutuskan, dan mengembangkan strategi SEO yang sukses.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: