Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu SEO?

        Apa Itu SEO? Kredit Foto: Just Do Digital
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Apakah Anda memiliki situs bisnis online namun sepi pengunjung? Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan trafik adalah dengan mencapai peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari.

        Mesin pencarian diibaratkan seperti perpustakaan di era digital. Alih-alih menyimpan salinan buku, mereka menyimpan salinan halaman web. Saat Anda mengetik sebuah kueri ke dalam mesin telusur, kueri tersebut akan melihat semua halaman dalam indeksnya dan mencoba menampilkan hasil yang paling sesuai dengan pencarian tersebut. Untuk melakukan mesin pencarian, menggunakan program komputer yang disebut sebagai algoritma.

        Untuk bisa mencapai hasil teratas pada halaman mesin pencaria, Anda membutuhkan strategi SEO. Namun, apa itu SEO? Mari simak artikel berikut ini.

        Baca Juga: Membedah Perbedaan Traditional Marketing dan Digital Marketing

        Pengertian dari SEO

        Salah satu bentuk keberhasilan dari bisnis online yaitu mendapatkan peringkat terbaik di halaman mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo!. Untuk mendapatkan peringkat teratas, sebuah bisnis online memerlukan optimalisasi terhadap mesin pencari atau biasa disebut dengan SEO. Namun, apa itu SEO? Mari simak penjelasan lebih dalam mengenai definisi dari SEO.

        SEO adalah singkatan dari pengoptimalan mesin pencarian atau dalam bahasa Inggris, Search Engine Optimization, merupakan proses pengoptimalan situs web bisnis untuk mendapatkan trafik organik (tidak berbayar) dari laman hasil mesin pencarian.

        Dengan kata lain, pengertian dari SEO melibatkan seluruh perubahan tertentu pada desain dan konten situs web sehingga lebih menarik bagi mesin pencari. Tujuan melakukan optimalisasi pada mesin pencarian yaitu untuk menampilkan situs web bisnis di bagian teratas sehingga memungkinkan pengguna internet untuk dapat mengakses situs web Anda tanpa perlu kesulitan mencarinya.

        Walau kedengarannya sulit, melakukan strategi pemasaran SEO sebenarnya mudah untuk dilakukan. Mesin pencari ingin memberikan layanan terbaik bagi penggunanya. SEO akan memberikan hasil yang tidak hanya memiliki kualitas tinggi, tetapi juga sesuai dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna internet.

        Dalam melakukan tugasnya, mesin pencarian akan memindai, atau disebut juga sebagai crawling pada situs web untuk lebih memahami situs tersebut secara keseluruhan. Ini akan membantu mereka untuk memberikan hasil yang lebih sesuai bagi pengguna yang sedang mencari topik atau kata kunci tertentu.

        Kemudian, mesin pencari akan memindai situs tersebut untuk menentukan seberapa mudah untuk dinavigasi dan dibaca, memberi ranking pada situs yang ramah pengguna dengan peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari.

        Optimisasi pada mesin pencari adalah sebuah proses yang perlu dilalui sebuah perusahaan yang bergerak di dunia maya untuk membantu memastikan bahwa situs mereka memiliki peringkat yang tinggi di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci dan frasa yang relevan. Misalnya, Anda ingin menulis artikel seputar cara budi daya ikan lele.

        Untuk menampilkan konten pada orang yang tepat, Anda perlu mencoba mengoptimalkan entri blog tersebut sehingga akan kontern tersebut akan muncul di bagian teratas bagi siapa saja yang sedang menelusuri frasa 'budi daya ikan lele'.

        Manfaat Menggunakan SEO

        Ada banyak manfaat yang didapat dari menerapkan pengoptimalan mesin telusur untuk bisnis online Anda. Dengan meningkatkan performa SEO, Anda dapat memperluas visibilitas bisnis online di halaman mesin pencari.

        Hal ini membantu Anda untuk dapat menjangkau dan melibatkan lebih banyak calon pelanggan. Dengan membuat konten yang lebih menarik dan efektif, Anda dapat meningkatkan peluang bisinis online untuk menghasilkan lebih banyak trafik organik.

        Anda perlu menyesuaikan situs web serta konten bisnis untuk membantu memberikan performa SEO terbaik. Untuk mengetahui manfaat dari SEO lebih dalam, mari simak penjelasan berikut.

        A. Meningkatkan Pengalaman Pengguna Situs Anda

        Memahami apa yang sedang dicari oleh calon pengguna atau pelanggan sangatlah penting. Dan ini bukan latihan satu kali karena perilaku dan harapan pengguna dapat berubah seiring berjalannya waktu.

        Jika mereka tidak menemukan apa yang mereka inginkan di situs Anda atau mungkin kesulitan untuk menemukannya, mereka mungkin akan segera meninggalkan situs Anda dan tidak akan kembali lagi. 

        Google terus memantau perilaku pengguna, termasuk waktu yang telah dihabiskan di halaman situs, bounce ratio, dan lain-lain untuk memutuskan apakah mereka memiliki pengalaman yang baik saat mengunjungi situs. Ini adalah salah satu faktor terpenting dalam SEO dan tidak dapat diabaikan.

        Bahkan jika Anda berhasil menempatkan diri di hasil pencarian teratas untuk waktu yang singkat, tetapi gagal untuk membuat kagum pengguna yang masuk ke situs Anda, peringkat pencarian bisnis Anda pasti akan menurun seiring berjalannya waktu.

        B. Meningkatkan Visibilitas Brand di Internet

        Semakin relevan Search Engine Result Page (SERP) yang ditampilkan, semakin banyak pengguna yang tertarik dengan bisnis Anda sehingga hal itu dapat meningkatkan brand awareness serta penawaran produk atau layanan bisnis Anda.

        SEO dapat membantu Anda untuk melakukan buzz marketing secara berkelanjutan sehingga dapat membantu mempromosikan ingatan mengenai brand Anda. Dengan SEO, Anda dapat membuat brand voice yang menarik sehingga akan membantu Anda untuk bisa terhubung dengan pengguna dari berbagai demografis.

        C. Membangun Kredibilitas dan Loyalitas pada Brand

        Dengan mendapatkan hasil pencarian teratas di laman Google, hal itu berarti mesin pencari menganggap situs bisnis Anda menjadi sumber informasi atau konten yang relevan, berguna, dan terpercaya ketimbang situs web lain.

        SEO dapat membangun otoritas situs bisnis Anda melalui berbagai praktik seperti mendapatkan backlink dari situs terkemuka lainnya di bidang yang sesuai, mengoptimalkan konten pada halaman situs, mengidentifikasi kesalahan pada crawling dan broken link, serta meningkatkan pengalaman pengguna situs bisnis Anda.

        Selain mengarahkan pengguna Google ke situs bisnis, Anda juga harus bisa membuat mereka untuk tetap tinggal atau terus kembali ke situs Anda. SEO dapat membantu dalam mencapai semua tujuan tersebut sehingga menghasilkan kredibilitas dan keandalan brand Anda. Akan tetapi, hal itu tidak dapat terjadi dalam waktu yang singkat dan akan membutuhkan upaya yang berkelanjutan.

        D. Menghasilkan Sumber Trafik Situs Terbesar

        SEO adalah salah satu strategi terbaik untuk bisa melakukan inbound marketing. Saat pengguna sedang mencari sesuatu yang berkaitan dengan niche, domain atau industri Anda, mereka akan segera mengetahui apa yang mereka inginkan dan secara aktif mencari informasi atau arahan yang sesuai.

        SEO dapat membantu untuk menargetkan demografis tertentu dan mendatangkan trafik yang berkualitas ke situs bisnis Anda tanpa mengganggu layaknya iklan di televisi, misalnya. SEO sangat berorientasi pada pelanggan dan dapat membantu Anda untuk memilih target pasar secara online.

        Google adalah mesin pencari terpopuler di dunia, yang menangani sekitar 63.000 pencarian per detik setiap harinya. Artinya, siapa pun yang memiliki desktop atau ponsel cerdas serta koneksi internet pasti mengunjungi situs tersebut untuk menemukan jawaban setidaknya sekali setiap harinya.

        Hasil pencarian organik di SERP Google setidaknya menerima 32% klik di saat tiga hasil pencarian organik teratas mendapatkan 75% dari semua trafik. Dengan SEO, Anda dapat menjangkau mereka yang sedang mencari produk atau layanan yang berkaitan dengan bisnis Anda dengan cara yang lebih efisien.

        Berbagai penelitian telah menemukan bahwa SEO bertanggung jawab untuk mendatangkan 53% trafik pada situs sehingga menjadikannya salah satu manfaat bagi penggunaan pemasaran digital.

        E. Memberikan Insight yang Hebat

        SEO hadir dengan memberikan insight yang luar biasa mengenai pelanggan bisnis Anda, termasuk waktu keaktifan mereka dalam sehari, sebulan, atau bahkan setahun; daerah trafik tersebut berasal, bahasa yang mereka gunakan saat mencari informasi, dan lain-lain.

        Meskipun Anda dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk mengetahui kata kunci yang paling sesuai dengan bisnis atau niche Anda, Google Analytics akan memberikan banyak informasi tentang perilaku penjelajahan pengguna, minat mereka, dan lain-lain. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda dalam merencanakan strategi SEO, tetapi juga untuk melihat tren terbaru di antara pengguna internet.

        Cara Kerja SEO 

        Lalu, bagaimana cara kerja mesin pencarian? Mesin pencarian memiliki tiga fungsi utama:

        Crawl: Menjelajahi konten di internet, melihat kode atau konten untuk setiap URL yang mereka temukan.

        • Indeks: Menyimpan dan mengatur konten yang ditemukan selama proses crawling. Setelah di indeks, halaman tersebut akan menampilkan hasil dari kueri yang relevan.

        Rank: Menyediakan bagian-bagian konten yang akan menjawab kueri penelusuran, yang berarti hasil pencarian diurutkan dari yang paling relevan hingga yang paling tidak relevan.

        Apa itu search engine crawling?

        Crawling adalah proses pencarian di mana mesin telusur mengirimkan tim robot (dikenal sebagai crawler atau spider) untuk menemukan konten terbaru atau yang telah diperbarui. Konten tersebut bervariasi, dapat berupa halaman web, gambar, video, PDF, dan lain-lain, tetapi apa pun formatnya, konten tersebut dapat ditemukan melalui link.

        Googlebot memulainya dengan mengambil beberapa halaman web, lalu mengikuti link pada halaman web tersebut untuk menemukan URL yang baru. Crawler dapat menemukan konten yang baru lalu menambahkannya ke indeks mereka yang disebut sebagai Caffeine, sebuah basis data besar dari URL yang telah ditemukan, untuk kemudian akan diambil ketika seorang pencari sedang mencari sebuah informasi.

        Apa itu search engine index?

        Mesin telusur memproses dan menyimpan informasi yang mereka temukan dalam bentuk indeks, database besar dari semua konten yang mereka temukan dan dianggap cukup baik untuk disajikan kepada para pengguna.

        Apa itu search engine ranking?

        Ketika seseorang melakukan pencarian, mesin pencari akan menjelajahi indeks mereka untuk menemukan konten yang sesuai, kemudian memesan konten tersebut dengan harapan dapat menerima permintaan pencari. Secara umum, semakin tinggi peringkat situs web, semakin relevan kepercayaan mesin pencari terhadap situs tersebut.

        Anda dapat memblokir crawler mesin telusur dari sebagian atau seluruh situs bisnis Anda, atau dapat menginstruksikan mesin telusur untuk menghindari penyimpanan pada halaman tertentu dalam indeksnya. Jika ingin konten Anda ditemukan oleh pengguna, Anda harus terlebih dahulu memastikan untuk dapat diakses oleh crawler dan dapat diindeks.

        Teknik White Hat SEO

        Untuk meningkatkan posisi halaman situs web dalam SERP, Anda harus mengetahui cara kerja mesin pencari. Mesin pencari mengategorikan halaman situs berdasarkan keyword atau kata kunci, sebuah istilah penting yang relevan dengan konten halaman. Contohnya, istilah "terjun payung" bisa menjadi sebuah kata kunci, tetapi istilah seperti "bungee jumping" tidak bisa menjadi kata kunci.

        Sebagian besar mesin pencari menggunakan program komputer yang disebut spider atau crawler untuk mencari informasi serta menganalisis halaman individual. Program ini membaca halaman situs lalu mengindeksnya sesuai dengan penggunaan kata kunci yang sering muncul di bagian penting halaman situs.

        Tidak ada cara lain bagi robot mesin pencari untuk mengetahui halaman situs tentang "terjun paying" misalnya, kecuali Anda menggunakan kata kunci yang tepat di tempat yang sesuai. Berikut adalah beberapa tips tentang penempatan kata kunci.

        • Anda harus memasukkan kata kunci pada judul halaman situs. Misalnya "Tips Olahraga Terjun Payung" atau "Mengenal Olahraga Ekstrim Terjun Payung".

        • Tempat lain yang bagus untuk menempatkan kata kunci adalah di bagian header. Jika halaman Anda memiliki beberapa bagian, pertimbangkan untuk menggunakan tag header dan menyertakan kata kunci penting di dalamnya. Contohnya dengan menyertakan kalimat "Peralatan Terjun Payung".

        • Sebagian besar pakar SEO merekomendasikan agar Anda menggunakan kata kunci yang penting di seluruh halaman situs, terutama di bagian atas, tetapi jangan menggunakan kata kunci secara berlebihan. Jika Anda terlalu sering menggunakan kata kunci, beberapa robot mesin pencari akan menandai halaman Anda sebagai spam. 

        Kata kunci bukan satu-satunya faktor penting yang diperhitungkan mesin pencari saat membuat SERP. Hanya karena situs menggunakan kata kunci dengan baik, tidak berarti hal itu adalah salah satu sumber daya terbaik bagi situs web. Untuk menentukan kualitas halaman situs, sebagian besar mesin pencari otomatis menggunakan link analyisis, yang berarti mesin pencari dapat melihat berapa banyak halaman situs lain yang memiliki pranala ke halaman tersebut.

        Baca Juga: Cara Kerja Digital Marketing

        Teknik Black Hat SEO

        Ada banyak cara bagi webmaster untuk dapat mencoba mengelabuhi mesin telusur agar mencantumkan laman web mereka dalam SERP, meskipun keberhasilan seperti itu biasanya tidak akan berlangsung lama.

        Salah satu metode ini disebut keyword stuffing, yang mendistorsi hasil mesin telusur dengan menggunakan kata kunci secara berlebihan. Biasanya webmaster akan menempatkan kata kunci berulang di bagian bawah halaman dimana sebagian besar pengunjung tidak akan melihatnya.

        Mereka juga dapat menggunakan teks yang tidak terlihat serta teks dengan warna yang cocok dengan latar belakang halaman. Robot mesin pencari dapat membaca konten melalui kode HTML sehingga mereka dapat mendeteksi teks yang orang tidak dapat melihatnya. Beberapa robot mesin pencari dapat mengidentifikasi dan mengabaikan teks yang cocok dengan warna latar belakang halaman.

        Webmaster dapat menyertakan kata kunci yang tidak relevan untuk mengelabui mesin telusur. Para webmaster akan melihat istilah penelusuran mana yang paling populer yang kemudian menggunakan kalimat tersebut di laman web mereka.

        Meskipun mesin telusur dapat mengindeks laman banyak kata kunci, pengguna sering kali meninggalkan situs begitu mereka menyadari bahwa situs tersebut sedikit atau mungkin tidak ada hubungannya dengan istilah penelusuran mereka.

        Seorang webmaster juga dapat membuat halaman situs yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain. Webmaster dapat membuat halaman sederhana yang menyertakan kata kunci tertentu untuk didaftarkan di SERP. Halaman tersebut juga berisi sejumlah program yang mengarahkan pengunjung ke halaman lain yang sering kali tidak ada hubungannya dengan istilah pencarian mereka. Dengan beberapa halaman yang berfokus pada topik tertentu, seorang webmaster bisa mendapatkan banyak trafik ke situs web.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: