Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Website Marketing?

        Apa Itu Website Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Carlos Muza
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Situs web Anda adalah alat pemasaran terbaik bagi bisnis Anda. Bahkan jika Anda biasanya mengandalkan referensi dari pelanggan, situs web yang memiliki visual yang baik dan konten yang berkualitas dapat membedakan Anda dari kompetitor bisnis serta dapat meningkatkan pendapatan Anda.

        Ditambah lagi, kebiasaan membeli pelanggan dengan cepat berubah seiring berkembangnya teknologi. Anda perlu mengetahui apa yang sedang dicari pelanggan Anda sekarang dan bagaimana Anda dapat memastikan orang-orang ini menemukan situs web Anda.

        Dalam artikel ini, Anda akan dipandu untuk mengetahui cara membawa lebih banyak calon pelanggan ke situs web Anda. Anda tidak membutuhkan perangkat yang mahal dan tidak ada teknik yang membingungkan. Simak selanjutnya di artikel berikut ini.

        Baca Juga: Apa Itu Social Media Marketing?

        Mengenal Website Marketing

        Website marketing adalah promosi strategis situs web untuk mengarahkan trafik yang relevan ke situs tersebut. Target sasarannya untuk menarik orang yang mungkin tertarik dengan suatu produk atau layanan perusahaan tertentu. Lebih banyak trafik yang datang ke situs web Anda berarti lebih banyak peluang untuk menempatkan proposisi nilai Anda di depan calon pelanggan.

        Sebagian besar tujuan dari strategi website marketing adalah untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil mesin pencari (SERP) melalui penerapan taktik pengoptimalan mesin pencari (SEO), pemasaran konten, engagement media sosial, serta upaya digital dan offline lainnya.

        Di sebagian besar industri, halaman situs yang memiliki peringkat teratas di posisi SERP mendapatkan lebih dari 50% trafik untuk penggunaan kata kunci mereka. Ada penurunan tajam untuk peringkat laman di posisi kedua dan ketiga, dan laman di posisi 5-20 bersaing untuk mendapatkan kurang dari 5% trafik.

        Website marketing adalah proses menggunakan internet untuk memasarkan bisnis Anda. Upaya ini mencangkup penggunaan media sosial, mesin pencari, blogging, video, dan email.

        Mempromosikan bisnis membutuhkan upaya lebih. Ada berbagai macam cara untuk melakukannya. Iklan tradisional di koran, radio dan televisi, surat langsung, dan papan reklame telah ada selama beberapa dekade.

        Website marketing membawa pesan Anda ke web yang luas. Dengan banyaknya orang yang menggunakan internet setiap hari, ada peluang besar untuk menampilkan produk atau layanan Anda kepada orang yang membutuhkan atau menginginkannya.

        Website marketing memiliki banyak bentuk. Banner iklan, promosi email, dan postingan media sosial adalah tiga hal yang mungkin pernah Anda dengar atau lihat saat berselancar di dunia maya. Ketiganya, dan masih banyak lagi, merupakan bentuk penerapan dari website marketing.

        Manfaat Dari Website Marketing

        Sekarang setelah Anda mengenal apa itu website marketing, mari kita bahas manfaatnya bagi bisnis Anda. Website marketing memberi Anda manfaat unik yang tidak dapat Anda peroleh dari iklan offline dan pemasaran tradisional lainnya.

        Hemat biaya

        Bentuk pemasaran lain yang lebih tradisional membutuhkan biaya yang sangat besar bagi perusahaan. Facebook Ads, misalnya, tiga kali lebih murah dan lebih bertarget daripada iklan radio, televisi, atau cetak. Menggunakan internet untuk memperluas dan melibatkan audiens Anda jauh lebih murah, selama Anda memiliki perencanaan sebelumnya yang dapat membantu menentukan audiens yang Anda inginkan.

        Dapat menentukan segmentasi audiens

        Beberapa opsi periklanan lain memungkinkan Anda menargetkan demografi yang pesifik seputar pelanggan Anda seperti website marketing ini. Atur pesan Anda agar muncul di situs web yang kemungkinan besar akan dikunjungi prospek Anda, dapat melihat lokasi geografis tertentu, dan bahkan targetkan menurut usia atau rentang pendidikan dalam beberapa kasus tertentu. Bahkan televisi, iklan radio, atau papan reklame tidak dapat melakukan hal tersebut.

        Membangun relasi dengan pelanggan

        Banyak pilihan pemasaran yang akhirnya menjadi suara yang mengganggu bagi konsumen yang ingin Anda jangkau. Ketika dilakukan dengan benar, website marketing sebenarnya dapat membantu prospek Anda. Cara ini dapat menawarkan solusi dan mengatasi masalah. Ini membuatnya lebih efektif dalam memulai percakapan dan membangun kepercayaan daripada jenis pemasaran lainnya.

        Mudah untuk diedit

        Iklan media sosial, banner iklan, atau kampanye online lainnya dapat diubah dan direvisi dengan cepat dan dapat menambahkan aksesoris digital yang menarik. Dengan preferensi yang terus berubah, ini merupakan keuntungan besar bagi Anda. Penetapan harga baru, produk tambahan, dan penjualan yang sensitif terhadap waktu semuanya dapat ditangani dengan mudah dengan website marketing.

        Langkah-Langkah Dalam Mengoptimalkan Strategi Website Marketing

        Langkah 1: Tinjau kembali desain situs web Anda

        Langkah pertama adalah membuat situs web yang secara akurat mewakili bisnis Anda. Ini tidak secara langsung berkaitan dengan aspek visualnya (yaitu bagaimana tampilannya) tetapi pada kualitas informasi yang diberikan.

        Situs web Anda sama dengan jendela (window) toko Anda. Toko online Anda harus dapat terlihat bagus di luar dan ketika pelanggan memasuki toko Anda, semuanya harus diatur dan pada tempatnya. Sebelum memulai kampanye apa pun, luangkan waktu dan tinjau Kembali situs web Anda dan pastikan bahwa:

        • Situs web Anda memiliki struktur situs hierarki sederhana. Struktur situs yang baik membantu pengguna dan mesin pencari dalam menavigasi situs web untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah. Prinsipnya, setiap halaman di situs Anda harus dapat diakses dari beranda dengan tiga klik atau kurang dari itu.

        • Ramah pengguna dan fungsional. Evaluasi kembali keramahan situs web Anda menggunakan prinsip desain web yang ramah SEO dan coba hapus elemen desain yang menambah kerumitan atau yang tidak diperlukan.

        • Harus memiliki informasi yang akurat tentang perusahaan dan produk Anda. Pastikan bahwa situs tersebut memberikan semua yang perlu mereka ketahui tentang perusahaan dan produk Anda kepada pengguna. Manfaatkan elemen visual untuk menarik perhatian pengguna Anda.

        • Dapat diakses dengan cepat dan ramah bagi smartphone. Sebagian besar pengguna Anda akan datang dari perangkat seluler, jadi uji situs web Anda di perangkat seluler dan optimalkan pengalaman pengguna sebaik mungkin.

        Langkah 2: SEO

        Langkah selanjutnya adalah mulai memikirkan strategi SEO Anda. Rencana SEO yang terdefinisi dengan baik pada akhirnya akan meningkatkan peringkat dan trafik Anda secara organik dari mesin pencari.

        SEO adalah proses untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencarian dan terdiri dari beberapa langkah:

        Technical SEO - Memastikan bahwa situs web Anda bebas dari kesalahan crawling dan masalah lain yang dapat menghalangi mesin pencarian dalam mengindeks situs web Anda dengan benar.

        On-Page SEO - Membuat halaman web Anda ramah SEO dan konten Anda mudah dibaca oleh crawler mesin pencari.

        Content SEO - Menulis konten yang memuaskan maksud pengguna.

        Off-Page SEO - Mempromosikan situs web Anda dengan tujuan mendapatkan link yang berkualitas tinggi dari situs web lain.

        Local SEO - Mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian lokasi bisnis Anda dan untuk mendapatkan lebih banyak klien ke toko fisik Anda.

        Selain praktik SEO standar di atas, Anda juga harus mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO modern seperti menambahkan schema markup dan mengoptimalkan konten Anda untuk rich snippet.

        Langkah 3: Optimalkan situs web Anda untuk media sosial

        Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan situs web Anda untuk media sosial. Ini tidak sama dengan social media marketing, tetapi berkaitan dengan beberapa hal berikut seperti:

        • Memiliki elemen visual (gambar, video) di situs Anda yang dapat dibagikan di media sosial.

        • Menambahkan tombol share ke media sosial tertentu di halaman yang ingin Anda bagikan di media sosial.

        • Memastikan bahwa ketika pengguna mengklik tombol share (atau membagikan URL Anda secara langsung), cuplikan yang dihasilkan sudah diformat dengan baik. Sangat direkomendasikan untuk menambahkan tag meta grafik terbuka yang diperlukan dan menggunakan ukuran dan format gambar yang didukung oleh semua jaringan utama.

        Banyak webmaster yang melewatkan langkah ini dan ini merupakan kesalahan yang dapat berdampak negatif pada upaya promosi media sosial Anda.

        Meskipun sepertinya lebih teknis dan tidak berkaitan langsung dengan website marketing, media sosial memainkan peranan yang penting. Jika situs web Anda tidak mengizinkan pengguna untuk membagikan konten Anda dengan benar, jangan berharap situs web Anda mendapatkan eksposur di media sosial.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: