Social media marketing atau pemasaran media sosial adalah cara yang ampuh bagi bisnis digital dari semua ukuran untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Pelanggan Anda sudah berinteraksi dengan berbagai brand melalui media sosial, dan jika Anda tidak berinteraksi langsung dengan audiens Anda melalui platform sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest, Anda akan tertinggal dari kompetitor bisnis Anda.
Pemasaran yang hebat melalui media sosial dapat membawa kesuksesan yang luar biasa bagi bisnis Anda, menciptakan loyalitas pada brand, dan bahkan mendorong prospek serta penjualan.
Pemasaran media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis Anda secara online. Namun, kebanyakan orang tidak tahu apa sebenarnya bentuk pemasaran ini. Untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan konsumen, penting untuk mengetahui apa itu pemasaran media sosial, mengapa itu penting bagi bisnis kecil Anda, dan bagaimana Anda dapat melakukan kampanye pemasaran yang sukses. Untuk itu, mari kita simak artikel berikut.
Baca Juga: Apa Itu Content Marketing?
Mengenal Lebih Jauh Social Media Marketing
Social media marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk bisa terhubung dengan pelanggan Anda sehingga dapat membangun nama brand Anda, meningkatkan penjualan, serta mengarahkan trafik situs web. Cara ini mencangkup penerbitan konten yang berkualitas di profil media sosial Anda, mendengarkan dan berinteraksi dengan pengikut media sosial Anda, menganalisis hasil kampanye Anda, dan menjalankan iklan di media sosial.
Platform media sosial utama (saat ini) adalah Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, YouTube, dan Snapchat.
Ada juga berbagai alat manajemen media sosial yang dapat membantu bisnis untuk mendapatkan hasil maksimal dari platform media sosial yang tercantum di atas. Misalnya, Buffer adalah alat manajemen media sosial yang dapat membantu Anda untuk mencapai kesuksesan dengan pemasaran media sosial.
Social media marketing pertama kali dimulai dengan penerbitan konten. Bisnis membagikan konten mereka di media sosial untuk menghasilkan trafik ke situs web mereka dan, semoga, akan berakhir pada penjualan. Tetapi media sosial telah berkembang jauh dari hanya sekadar tempat untuk menyiarkan konten saja.
Saat ini, bisnis menggunakan media sosial dengan berbagai cara. Misalnya, bisnis yang peduli tentang apa yang dikatakan orang tentang nama brand-nya akan memantau percakapan media sosial dan menanggapi penyebutan yang relevan (engagement media sosial).
Bisnis yang ingin memahami bagaimana kinerjanya di media sosial akan menganalisis jangkauan, engagement, dan penjualannya di media sosial dengan alat analitik (analitik media sosial). Bisnis yang ingin menjangkau khalayak tertentu dalam skala besar akan menjalankan iklan media sosial yang sangat bertarget, misalnya melalui Facebook Ads.
Secara keseluruhan, cara ini juga sering dikenal sebagai manajemen media sosial.
Apa Manfaat Social Media Marketing?
Kita telah membahas mengapa pemasaran media sosial itu penting, tetapi mari kita bahas juga mengapa strategi ini sepadan dengan investasi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: