Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Deretan Peraih Program PR dan Praktisi PR Terbaik 2021

        Deretan Peraih Program PR dan Praktisi PR Terbaik 2021 Kredit Foto: Dok. Panpel Webinar
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tahun ini Indonesia PR of The Year yang ke-14, yang terdiri dari anugerah untuk program PR terbaik dan anugerah untuk praktisi PR pilihan jurnalis, digelar Majalah MIX-Marketing Communication. Pada perhelatan tahunan ini, makin banyak program Public Relations (PR) yang dikirimkan dan terjaring sebagai entries. Makin banyak pula praktisi PR yang terjaring melalui pooling kepada para wartawan. 

        Ada 181 program PR yang masuk dalam penilaian untuk anugerah “Indonesia PR PROGRAM of the Year 2021,” dan program-program ini didominasi oleh kegiatan PR yang terkait pandemi. Pemilihan program PR terbaik dilakukan melalui sistem submission (pendaftaran entries) oleh agensi atau perusahaan pemilik program dan lewat penjaringan entries melalui peliputan dan riset Redaksi MIX MarComm. Baca Juga: Selamat! Daftar Pemenang Indonesia Public Relations Award (IPRA) 2021

        Kami membuat lima kategori untuk anugerah PR Program ini, yaitu Creative PR Program, Marketing PR Program, Social PR Program, Media Relations Program, dan Owned Media. Creative PR adalah program-program kreatif untuk membangun citra dan reputasi perusahaan maupun brand; Marketing PR, yaitu program PR yang ditujukan untuk kepentingan marketing; Social PR, yaitu program pembangunan reputasi perusahaan melalui komunikasi inisiatif sosial perusahaan (CSR); Media Relations, yaitu program PR untuk membangun dan menjaga hubungan baik perusahaan dengan awak media; dan Owned Media, yaitu program komunikasi perusahaan melalui media yang dimiliki perusahaan, yaitu dalam hal ini melalui in house magazine. 

        Kriteria penilaian didasarkan pada tiga hal, yakni KONSEP (konsep program dilihat dari kreativitasnya), PESAN (artikulasi pesan yang disampaikan melalui press release maupun melalui statement spoke person-nya, HASIL (Coverage media yang diwakili antara lain oleh online publishers)

        Penilaian terhadap program-program PR yang masuk sebagai peserta kontes ini dilakukan oleh Dewan Juri yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi komunikasi, serta dari media. 

        Mereka adalah Bambang Sumaryanto, praktisi dan dosen ilmu komunikasi di Universitas Indonesia dan LSPR; Edhy Aruman, Senior Editor SWA Media Group, Pemimpin Redaksi MIX Online (www.mix.co.id), dan dosen The London School of Public Relations (LSPR) Jakarta; Elvera Makki, Communication and Social Impact Advisor di VMCS Advisory Indonesia; Sophia Bernadette, Anggota ASEAN Public Relations Network yang juga Dosen LSPR-Jakarta; Arba’iyah Satriani, Dosen komunikasi sekaligus Head of Research Section Research and Community Service Department Universitas Islam Bandung; Teguh Poeradisastra, Senior Editor SWA Media Group dan Managing Director Spot Corporate Communications; Dyah Hasto Palupi, Senior Editor SWA Media Group dan penulis sejumlah buku tentang pemasaran dan komunikasi di Indonesia; serta Herning Banirestu, Senior Journalist di Majalah SWA. Untuk fairness, juri yang memiliki conflict of interest dengan entries tidak diperkenankan untuk memberikan penilai.

        Berikut ini adalah daftar pemenang “Indonesia PR Program of The Year 2021”:

        MARKETING PUBLIC RELATIONS PROGRAM; Treasury, Sharp Electronics Indonesia, Trakindo Utama, GoPay, Panasonic GOBEL, Dana Indonesia. SOCIAL PUBLIC RELATIONS PROGRAM; Astra International, Bank DBS Indonesia, Asuransi Astra, Danone-AQUA, Reckitt Benckiser Indonesia. CREATIVE PUBLIC RELATIONS PROGRAM; Astra International, Mondelez Indonesia, Bank OCBC NISP, Bank DBS Indonesia, Danone-AQUA. MEDIA RELATIONS PROGRAM Danone Indonesia; Dana Indonesia, Asuransi Astra, Trakindo Utama, Wismilak Foundation, Asus Indonesia. OWNED MEDIA PROGRAM; Dana Indonesia, Mayapada Hospital, Otoritas Jasa Keuangan, DwiSapta, Trakindo Utama , Pertamina (Persero). 

        Sementara itu, penghargaan “Indonesia PR Practitioners of the Year 2021” diberikan kepada tokoh PR berdasarkan hasil pooling kepada 50 orang jurnalis dari media cetak, online, televisi, dan radio. Pada tahun ini kami memberikan penghargaan Spoke Person kepada level direktur dan CEO. Khusus untuk pemilihan Corporate Communication Team, kami membuat kategori berdasarkan pengelompokan industri di Bursa Efek Indonesia. 

        Ada lima Kategori yang dihadirkan pada program “Indonesia PR Practitioners 2021”. Kelima kategori itu adalah  Spoke Person BUMN, Spoke Person, Senior PR Practitioner, Junior PR Practitioner, PR Agency, dan Corporate Communication Team-Journalist Choice. 

        Berikut ini adalah daftar pemenang  anugerah “Indonesia PR Practitioners Of The Year 2021”: 

        SENIOR PR PRACTITIONER; Pandu Setio, Senior PR & Brand Communication Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Intan Pratiwi Darmawanti, Manager Corporate Communication Herbalife Indonesia. JUNIOR PR PRACTITIONER; Christopher Alver, Corporate Communication PT Bank BNI (Persero) Tbk, Dhita Ayuningtyas, Public Relation Sr. Supervisor LG Electronics Indonesia. AGENCY PR; Opal Communications, Kendilima Strategic Communications. CORPORATE COMMUNICATIONS TEAM; PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, PT Antam, Tbk, PT Astra Agro Lestari, Tbk, Sinar Mas Land, PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, PT Kalbe Farma, Tbk, PT Astra International, Tbk, PT SiCepat Ekspres Indonesia, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: