Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        EIGER Bongkar Rahasia Keberhasilan Bisnis, Ternyata Oh Ternyata...

        EIGER Bongkar Rahasia Keberhasilan Bisnis, Ternyata Oh Ternyata... Kredit Foto: Eiger
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Meski menghadapi pandemi Covid-19, penjualan EIGER Adventure masih menjanjikan. Perlengkapan outdoor lokal yang dinaungi oleh PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI), telah menemani masyarakat sejak tahun 1989 dan hingga saat ini terus menjaga konsistensinya melalui berbagai inovasi pada produk yang diluncurkan serta kegiatan bersama para komunitas penggiat aktivitas alam dan luar ruang di Indonesia. 

        Deputy CEO PT Eigerindo MPI, Christian Hartanto Sarsono mengatakan awal pandemi mengeluarkan berbagai jenis produk baru seperti APD bagi tenaga medis sedangkan untuk konsumen seperti masker, faceshield, baju perlindungan anti bakteri dan lainnya. 

        "Seiring dengan pandemi Covid-19 terlebih berbagai bencana alam terjadi di tanah air penjualan produk masih cukup bagus," kata Christian kepada wartawan di Bandung, Rabu (17/3/2021). Baca Juga: Viral Senggol YouTuber, Begini Sejarah Ronny Lukito Membesarkan Eiger

        Selain itu, saat Pandemi meluncurkan produk EIGER Comfort untuk di pakai sehari-hari di rumah seperti kaos, kemeja dan sebagainya.

        EIGER juga membuat produk pakaian bersepeda yang sedang trend awal pandemi kemarin. 

        "Ketika masyarakat banyak yang work form home maka kita bikin produk dengan bahan yang lebih halus dan tipis untuk digunakan sehari-hari di rumah. Dipakai di luar rumah pun nyaman." jelasnya. 

        Dia menjelaskan selama pandemi penjualan online meningkat hingga 3 kali lipat. "Barang-barang pakaian keseharian masih laku di pasaran," imbuhnya.

        Meski demikian, ia juga mengaku sempet menurun penjualan ketika terjadi bencana banjir seperti di Jakarta. 

        Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kalangan masyarakat tertentu ingin melakukan kegiatan di luar rumah seperti camping sehingga berpengaruh langsung terhadap penjualan produk EIGER. 

        "Salah satunya tenda yang berkaki menjadi pilihan konsumen untuk memulai aktivitas kemping saat ini," ujarnya.

        Dia menjelakan EIGER hadir atas dasar keinginan untuk selalu dapat mendukung rekan-rekan para pelaku dan komunitas dalam melakukan kegiatan petualangan luar ruang. 

        “Kekayaan alam tropis Indonesia sangat indah dan beragam. Untuk menunjang kegiatan sekaligus menemani perjalanan mereka dalam menikmati dan menjaga keindahan alam yang kita miliki, EIGER berkomitmen untuk terus-menerus melakukan riset dan pengembangan agar produk yang dihasilkan lebih baik dari sebelumnya," jelasnya.

        EIGER sendiri memiliki tiga kategori produk, yakni Mountaineering, Riding dan Lifestyle 1989, yang mana masing-masing diproduksi melalui proses Designed-Developed-Tested agar dapat memberikan kualitas terbaik bagi konsumen. 

        Menurutnya, proses tersebut dimulai dari riset yang dilakukan secara rutin seperti memantau perkembangan tren dan menjelajahi berbagai daerah untuk mencari bahan-bahan unggulan dan inspirasi dari tradisi dan kebudayaan Indonesia. 

        "Selain itu, berdiskusi bersama rekan-rekan komunitas dan penggiat aktivitas outdoor, guna mendapatkan wawasan dan informasi tentang kebutuhan dan preferensi di lapangan, "ungkapnya.

        Adapun, Deputy Managing Director PT Eksonindo MPI Adji Santoso menambahkan setelah melalui proses riset, selanjutnya dikembangkan menjadi design yang dilanjutkan dengan pembuatan proto sample dan dilakukan uji coba oleh tim Quality Control dan EIGER Adventure Service Team (EAST) di lapangan, khususnya pada produk-produk yang memiliki fungsi high technicality. 

        "Setelah itu, jika tidak ada kendala dan sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan, baru kami lanjutkan ke tahap produksi untuk didistribusikan secara masal. Proses tersebut mulai dari tahap digitalisasi dan dokumentasi pola, pemotongan bahan, penjahitan, pemasangan aksesoris, hingga pengepakan.” jelasnya

        Melalui filosofi dari nama EIGER sendiri yaitu “Education, Inspiration, Green Life, Experience dan Responsibility”, EIGER berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik, tidak hanya melalui produk-produk yang berkualitas, namun juga memberikan pengalaman menyeluruh untuk bersama-sama belajar dalam menambah pengetahuan berkegiatan luar ruang dan pelestarian alam.  

        Salah satu program yang EIGER luncurkan sebagai upaya bersama dalam pelestarian alam, yaitu “Tree Adoption” yang sudah berjalan sejak tahun 2012. Dengan melakukan minimal pembelian Rp10O ribu, Eigerian akan mendapatkan bibit tanaman yang dapat ditanam di lingkungannya sendiri atau di serahkan ke toko untuk bantu ditanamkan melalui Gerakan Tanam Indonesia. 

        Kedepannya, EIGER secara bertahap akan mulai meluncurkan program-program jangka pendek dan jangka panjang yang berfokus pada Sustainability Development. Selain itu, EIGER juga terus menyelenggarakan berbagai kegiatan kolaborasi untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. 

        “Alam telah memberikan kita banyak peluang untuk belajar. Sudah sepatutnya kita semua lebih mengapresiasi dan menjaga alam kita melalui tindakan nyata dan sistematis. Terima kasih kepada Eigerian dan seluruh pihak yang mendukung program-program keberlanjutan ini," katanya

        Berbagai produk EIGER selain didistribusikan ke 250 EIGER Adventure Store di seluruh Indonesia juga tersedia di online chanel baik melalui www.eigeradventure.com serta official store di berbagai marketplace. EIGER akan terus mengeksplor peluang-peluang ekspansi ke depannya agar semakin dapat menjangkau dan menemani lebih banyak Eigerian. 

        “Saya sangat menghargai bagaimana EIGER menunjukan bahwa komunitas merupakan jiwa dari brand mereka, yang menjadi sumber inspirasi untuk terus berinovasi. Salah satu langkah sederhana yang EIGER lakukan untuk merefleksikan ini adalah dengan menjadikan toko-toko flagship mereka lebih dari sekedar tempat bertransaksi jual beli saja, melainkan juga sebagai tempat berinteraksi bersama rekan-rekan komunitas,” tandas Ramon Tungka, salah seorang Brand Ambassador EIGER Adventure.  

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: