Asyik! Mark Zuckerberg Bilang Instagram Bakal Hadirkan Fitur Baru untuk Datangkan Cuan!
CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan banyak fitur yang sedang dikerjakan Instagram untuk membantu pembuat menghasilkan lebih banyak pendapatan dari konten mereka. Fitur-fitur tersebut akan membantu mencocokkan sebuah brand dengan pembuat konten yang kontennya sesuai dengan audiens yang ingin mereka jangkau.
Sebagaimana diketahui, sudah banyak pembuat media sosial dibayar untuk memposting konten bersponsor. Namun, tujuan dari pasar ini adalah agar Instagram memainkan peran yang lebih terlibat dalam membantu sebuah brand menemukan pembuat konten baru.
Baca Juga: Netizen Heboh Ayah Mark Zuckerberg Komen di Status Facebook Anaknya, Apa Katanya?
"Kami harus dapat membantu merek menemukan pembuat konten yang secara unik selaras dengan pekerjaan yang mereka coba lakukan dan sebaliknya,” kata Adam Mosseri, kepala gambar dan video milik Facebook dalam siaran Instagram Live dengan Zuckerberg.
Dilansir dari CNBC International di Jakarta, Rabu (28/4/21) fitur ini muncul saat Facebook menyesuaikan dengan perubahan terbaru dalam iOS Apple yang kemungkinan akan mempersulit perusahaan media sosial untuk menargetkan iklan ke pengguna iPhone dan iPad.
Dengan mempertahankan lebih banyak perdagangan dan penjualan langsung di aplikasinya, Facebook dapat lebih efektif mengirimkan iklan yang dipersonalisasi kepada pengguna dan menunjukkan keefektifan iklan tersebut kepada pengiklan.
Zuckerberg juga mengumumkan toko kreator, yang memungkinkan kreator menjual barang ke pengguna Instagram langsung melalui profil mereka di jejaring sosial.
Tahun lalu, perusahaan memperkenalkan Toko Facebook dan Toko Instagram sebagai bagian dari upaya membawa lebih banyak perdagangan langsung ke layanan Facebook. Toko-toko ini memungkinkan bisnis untuk menjual langsung ke pengguna.
Beberapa pembuat konten top, seperti Kim Kardashian, sudah memiliki toko di profil Instagram mereka. Toko kreator akan mengizinkan lebih banyak kreator untuk menjual melalui Instagram.
“Itu sangat penting dalam setahun terakhir. Banyak toko fisik harus tutup selama penguncian, tetapi online tetap buka,” kata Zuckerberg di Instagram Live with Mosseri. “Ini bisa menjadi pengalaman yang lebih personal dan nyaman.”
Selain itu, Zuckerberg mengumumkan pasar afiliasi yang memungkinkan pencipta mendapatkan potongan penjualan untuk produk yang mereka rekomendasikan di konten mereka.
“Orang-orang mencari rekomendasi pembuat konten tentang apa yang baik, terutama di tempat-tempat yang mereka kuasai,” kata Zuckerberg.
Sayangnya, masih belum jelas kapan fitur-fitur ini akan diluncurkan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: