Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Resmi, DomaiNesia Menjadi Registrar Pengelola Domain Indonesia

        Resmi, DomaiNesia Menjadi Registrar Pengelola Domain Indonesia Kredit Foto: DomaiNesians
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kabar baik untuk DomaiNesians, berlaku sejak 2 Juni 2021, DomaiNesia resmi menjadi registrar Pandi. Hal ini resmi dengan ditandatangani PKS antara DomaiNesia dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi).

        Diketahui, domain registrar adalah penyedia layanan registrasi domain kepada masyarakat. Banyak sekali terjadi kesalahpahaman di mata masyarakat bahwa sebuah registrar adalah penjual sekaligus memiliki nama domain. Padahal sebenarnya, nama domain ini dimiliki oleh pihak lain yaitu registry.

        Domain registrar adalah mereka yang mengelola pemesanan nama domain sekaligus IP address untuk nama-nama domain tersebut. Nama domain adalah sebuah alias alphanumeric yang digunakan untuk memudahkan akses sebuah website. Sebagai contoh adalah, nama domain yang digunakan oleh Google, yaitu google.com dan alamat IP mereka yaitu 216.239.38.120. Untuk melihat nama domain yang tersedia, bisa dilihat di cek domain tersediaBaca Juga: Kominfo Apresiasi Kolaborasi Google dengan Media dan Pelaku Konten Lokal

        Melalui anak perusahaan yaitu PT Registrasi Neva Angkasa (RNA), DomaiNesia telah resmi menjadi registrar untuk domain Indonesia. Setelah melewati seleksi yang ketat, kami akhirnya berhasil memenuhi seluruh persyaratan dan semua tahapan yang diperlukan. Dengan resminya RNA menjadi registrar domain Indonesia, maka secara resmi kami dapat menjadi mitra PANDI untuk memasarkan domain Indonesia kepada DomaiNesians di seluruh Indonesia.

        Baca Juga: Ternyata di Posisi Palestina, Karyawan Yahudi di Google Bikin Pernyataan Mengejutkan!

        “Kami percaya bahwa inovasi adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan teknologi, dimana DomaiNesia melalui anak perusahaan PT Registrasi Neva Angkasa (RNA) berhasil membuat beberapa inovasi baru yang kedepannya akan dapat dimanfaatkan oleh setiap pelanggan DomaiNesia. Diharapkan dengan ini pelanggan DomaiNesia akan lebih mudah untuk menjadi bagian dari kemajuan Internet, dapat menyampaikan ide ke seluruh pelosok dunia dan membuat hal-hal baru yang membuat hidup menjadi lebih baik”, ujar Willih Angga Sudrajadh, selaku Direktur Operasional DomaiNesia, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/7/2021).

        Apa Saja Domain Indonesia?

        Domain Indonesia merupakan nama domain dengan menggunakan ekstensi .id. Nama domain ini diperuntukkan kepada DomaiNesians yang ingin memiliki sebuah identitas website dengan nama domain Indonesia.

        Salah satu keuntungan menggunakan nama domain Indonesia adalah identitas negara, yang tentunya memperkuat brand atau merek asli Indonesia. Selain ekstensi .id, ada beberapa nama domain Indonesia yang bisa dimiliki, yaitu .my.id, web.id, ac.id, co.id, net.id, sch.id, biz.id, or.id, dan ponpes.id. Baca Juga: Ternyata di Posisi Palestina, Karyawan Yahudi di Google Bikin Pernyataan Mengejutkan!

        Masing-masing ekstensi domain tersebut memiliki kegunaan dan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum menggunakannya. Untuk mengetahui persyaratan penggunaan domain Indonesia, DomaiNesia bisa mengakses di Persyaratan Domain .ID

        DomaiNesia, Salah Satu Penyedia Domain dan Hosting Terbaik

        DomaiNesia percaya bahwa internet bisa membuat penggunanya terhubung dengan dunia yang lebih luas. Membuat website tidak selalu menjadi hal yang sulit. Dan untuk kemudahan dalam membuat website itulah DomaiNesia hadir. Semua kebutuhan untuk memiliki website, baik itu profil perusahaan, profil pribadi, maupun toko online, tersedia di DomaiNesia.

        DomaiNesia menyediakan domain, hosting, hosting WordPress, VPS, dan SSL. Tidak hanya itu, kemudahan membuat website adalah alasan DomaiNesia hadir. Oleh karena itu, DomaiNesia juga menyediakan fitur yang mempermudah pengguna membuat website, yaitu dengan Instant Deploy. Dengan menggunakan Instant Deploy, proses instalasi Web Apps seperti WordPress, Shopify, Laravel, Ghost, atau Moodle akan jauh lebih mudah.

        Pengguna bisa menikmati SSD yang super cepat berbasis cloud, Bandwidth, Inodes, dan VMEM di hosting DomaiNesia secara unlimited. Tidak hanya itu, hosting di DomaiNesia juga sudah mendukung IPV6 dan WordPress Accelerator, yang merupakan fitur penting.

        Fitur-fitur Terbaru DomaiNesia

        Sejalan dengan penuturan Direktur Operasional DomaiNesia tentang pentingnya inovasi bagi perusahaan teknologi, DomaiNesia tentu melakukan inovasi pada fitur-fitur penting. Terlebih lagi karena Pandemi COVID-19 ini mengharuskan adanya pembatasan kedekatan secara fisik, yang berimbas kepada pembatasan aktivitas secara offline. 

        Dengan demikian, teknologi juga dituntut untuk memiliki performa terbaik dan stabil demi lancarnya work from home dan kegiatan pembelajaran jarak jauh. 

        DomaiNesia melakukan migrasi server ke infrastruktur baru yang jauh lebih baik, lebih cepat, dan dapat diandalkan dengan lokasi data center baru yang berada di Nex Data Center. Perusahaan teknologi tersebut juga melakukan pembaruan perangkat keras pada server.

        Selain peningkatan performa server, DomaiNesia juga menambahkan fitur-fitur eksklusif bagi pelanggan DomaiNesia yang bermanfaat untuk meningkatkan performa website, seperti: dukungan IPv6, WordPress Accelerator, CSP, Pagespeed Optimizer, dan gFonts Accelerator

        Saat ini, web hosting DomaiNesia telah mendukung Golang env, Rust env, Memcached, Redis, MongoDB, Ruby, CMS Ghost, dan Javascript Framework (Node.js, Next.js, Nuxt.js dan Vue.js). Fitur tersebut sangat bermanfaat bagi DomaiNesians yang merupakan web developer untuk membuat berbagai macam website sesuai kebutuhan.

        DomaiNesia tetap menggunakan cPanel sebagai kontrol panel web hosting untuk mengelola komponen, mengupload file website, hingga instalasi website yang lebih mudah dibanding dengan control panel lainnya. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: