Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Media Relations?

        Apa Itu Media Relations? Kredit Foto: Indianaexpress.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Media relations dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang melibatkan kerja sama dengan media dan jurnalis untuk menginformasikan kepada masyarakat umum tentang kebijakan, misi, visi, dan praktik organisasi dengan cara yang kredibel. Ini melibatkan koordinasi dengan orang yang tepat untuk menghasilkan liputan berita yang konsisten dan positif.

        Mengenal Apa Itu Media Relations

        Media relations mengacu pada hubungan yang saling menguntungkan antara jurnalis dan seorang Public Relation (PR). Salah satu manfaat terbesar bagi jurnalis adalah akses mudah ke ide dan sumber berita. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, wartawan bisa menghabiskan banyak waktu dan upaya mengumpulkan informasi untuk menulis sebuah berita.

        Baca Juga: Apa Itu Reputation Management?

        Bekerja dengan seorang Public Relation akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari sumber dan informasi lain untuk memvalidasi konten artikel. Praktisi Public Relation bisa mendapat manfaat dari media relations ini karena menjamin publisitas dan promosi gratis bagi kliennya. Dengan menggunakan media sebagai alat promosi, mereka mampu menjangkau khalayak yang besar tanpa biaya tinggi.

        Mengapa Media Relations Itu Penting?

        Media relations bukan hanya menjadi strategi promosi biasa. Anda tidak akan menggunakan koneksi Anda dengan influencer dan jurnalis setiap kali Anda memiliki postingan blog baru untuk dibagikan atau telah meluncurkan podcast terbaru.

        Terlebih lagi, media relations tidak bisa menjadi pengganti strategi yang tepat untuk pengembangan identitas brand. Anda masih perlu menjalankan kampanye pemasaran dan membuktikan diri kepada audiens Anda dengan cara lain.

        Namun, media relations dapat membantu melengkapi aktivitas Anda untuk menghasilkan lebih banyak perhatian dan lebih banyak kredibilitas bagi perusahaan Anda.

        Berikut adalah beberapa manfaat terbesar dari media relations:

        1. Pengembangan kepercayaan: Pelanggan potensial lebih dipengaruhi oleh orang-orang yang mereka percayai, mulai dari influencer hingga jurnalis. Sebuah perusahaan dapat memberi tahu klien bahwa mereka dapat diandalkan dan berharga dalam jangka waktu yang lama dan pesan itu masih tidak akan sampai ke rumah sampai ada orang lain yang lebih kredibel dalam menyampaikannya.

        Media relations yang dilakukan dengan benar dapat membantu bisnis untuk membuktikan diri dengan mendapatkan sapaan dari tempat-tempat yang sudah dipercaya oleh audiens mereka. Cerita yang diterbitkan melalui platform terkemuka dapat memberi Anda kredibilitas secara instan.

        2. Jangkauan merek: Mem-posting berita tentang bisnis Anda di situs web merupakan cara yang tepat. Anda akan mendapatkan potensi peringkat teratas dari kata kunci SEO yang Anda targetkan, dan Anda juga akan dapat memberikan lebih banyak informasi kepada pelanggan yang sudah ada. Namun, satu-satunya orang yang menemukan cerita Anda adalah orang-orang yang sudah tahu tentang brand Anda.

        Di sisi lain, jika Anda menerbitkan cerita melalui outlet media, Anda dapat memperluas jangkauan brand Anda untuk memasukkan semua orang di audiens perusahaan itu. Media relations yang tepat dapat memperluas peluang penjualan Anda dan membantu Anda untuk menjangkau klien baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya.

        3. Otoritas: Salah satu manfaat terbesar dari media relations adalah dapat membantu Anda menjadi lebih pemimpin pasar. Sebagian besar media memiliki pedoman yang sangat ketat tentang apa yang akan mereka laporkan. Pelanggan tahu bahwa cerita yang mereka baca di situs media yang faktual biasanya telah diteliti dengan baik. Mereka juga tahu bahwa bentuk media lain yang berinteraksi dengan mereka biasanya juga kredibel, seperti pesan dari influencer atau blogger terkemuka. Karena itu, pesan yang ditampilkan di situs berkualitas tinggi dan memiliki otoritas tinggi juga dapat meningkatkan otoritas Anda di pasaran.

        4. Potensi SEO: Ketika Anda berinteraksi dengan berbagai bentuk media digital untuk meningkatkan posisi Anda secara online, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil mesin pencarian. Ada lebih banyak peringkat online daripada melakukan penelitian kata kunci yang tepat. Backlink dan sebutan dari brand authority lain dapat membantu meningkatkan posisi Anda juga. Hal ini berlaku di era E-A-T, di mana Google memprioritaskan Expertise (Keahlian), Authority (Otoritas), dan Trust (Kepercayaan).

        Untuk perusahaan yang sudah ada, strategi media relations yang solid dapat menambah kredibilitas dan bobot pesan yang Anda kirimkan ke khalayak luas. Bagi bisnis baru, manfaat media relations dapat memastikan Anda untuk tumbuh dan mendapatkan perhatian yang lebih cepat dari audiens.

        Melakukan Strategi Media Relations

        Berita sifatnya tidak statis, tetapi bergerak terus-menerus. Wartawan selalu berlari dari satu ujung ke ujung lainnya untuk melacak segala sesuatu di bawah tenggat waktu dan batasan waktu. Mereka memiliki jadwal yang sangat ketat untuk dipertahankan; maka menjadi sangat penting untuk membuat siaran pers Anda semudah mungkin digunakan.

        Ketika Anda mulai mempersiapkan diri seperti seorang jurnalis, peluang publikasinya secara otomatis menjadi lebih tinggi. Ada beberapa tips untuk menjalin media relations yang baik dan meraih jangkauan di kalangan masyarakat umum dengan menavigasi media dengan sukses. Dengan ini, beberapa hal berikut juga bisa dikenal sebagai langkah-langkah strategi hubungan media.

        Baca Juga: Apa Itu Media Intellegence?

        1. Identifikasi kontak

        Wartawan mungkin menjadi pekerjaan yang biasa kita kenal sehari-hari, tetapi memiliki fungsi dan tugas yang jauh lebih besar dan penting. Sebagian besar dari mereka berkaitan dengan bidang tertentu dan hanya akan menulis tentangnya.

        Anda tidak dapat meminta jurnalis yang menulis tentang berita asing untuk mengangkat kasus Anda dan memublikasikan berita tentang keuangan perusahaan Anda saat ini.

        Yang dapat Anda lakukan adalah membaca beberapa surat kabar dan mengidentifikasi cerita atau berita yang mirip dengan yang ingin Anda terbitkan. Sekarang cari tahu siapa penulisnya karena pada umumnya berita akan menyebutkan nama penulisnya.

        Misalnya, Anda ingin memublikasikan tentang acara yang diadakan perusahaan Anda setiap bulan, lalu carilah seorang jurnalis yang menulis tentang acara tersebut.

        Untuk media relations yang baik, lakukan analisis surat kabar atau majalah tempat artikel diterbitkan dan cari tahu apakah surat kabar atau majalah tersebut memiliki audiens yang baik atau tidak, serta apa pendapat orang tentang tulisan mereka dan berita yang relevan.

        2. Lacak publikasi

        Anda telah mengidentifikasi dan memusatkan perhatian pada rumah publikasi tempat Anda ingin memublikasikan berita Anda. Lingkari dan sisihkan artikel yang terdengar mirip dengan yang ingin Anda terbitkan.

        Lacak nama reporter, informasi kontak, dan informasi publikasinya. Lakukan itu dengan semua jurnalis yang berhasil membuat Anda terkesan. Menjaga hal-hal berguna akan membantu Anda dalam melakukan kontak segera setelah Anda siap dengan keputusan Anda.

        3. Kontak

        Salah satu cara kontak langsung yang paling mudah dan efektif adalah melalui email, portal media sosial, pesan, dan telepon. Libatkan mereka dalam percakapan dan coba jelaskan minat Anda. Tunjukkan cerita yang telah membuat Anda terkesan dan berikan dia secara spesifik tentang harapan Anda.

        Yakinkan dia bahwa organisasi Anda dan aktivitasnya akan bermanfaat bagi dia dan korannya karena Anda memiliki cukup bahan untuk memberinya makan secara teratur.

        4. Jaga agar bahasa Anda tetap jelas dan kata-kata Anda berbeda

        Terkadang orang tidak dapat mengekspresikan diri dan mencoba menjelaskan sudut pandang mereka. Buat permintaan Anda secara spesifik dan pilih jurnalis yang bisa menulis dengan jelas dan tepat dengan sudut pandang manusiawi.

        Tak seorang pun ingin membaca jurnal ilmiah karena kedengarannya mungkin akan asing bagi pembaca biasa.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: