Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: American Express, Pebisnis Layanan Perjalanan & Keuangan Bernilai Miliaran

        Kisah Perusahaan Raksasa: American Express, Pebisnis Layanan Perjalanan & Keuangan Bernilai Miliaran Kredit Foto: Wikimedia Commons/Beyond My Ken
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        American Express Company (Amex) adalah sebuah perusahaan induk bernilai miliaran dolar yang anak perusahaannya menyediakan layanan perjalanan dan keuangan di seluruh dunia. Ia tercatat sebagai salah satu perusahaan terkaya berdasarka pendapatan, menurut Fortune Global 500.

        Kekayaannya, menurut Fortune tahun 2020, tercatat mencapai 47,02 miliar dolar AS. Pendapatan totalnya mengalami pertumbuhan sekitar 8,6 persen dari tahun sebelumnya. Dengan sedikit capaian ini, Amex kini berada di peringkat ke-251 naik 19 poin dari tahun 2019.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Yang Lain Loyo, Asuransi AIA Group Dulang Cuan Fantastis

        Sementara itu, raksasa asal AS ini hanya mampu membukukan laba sebesar 6,75 miliar dolar. Capaian ini turun sekitar 2,3 persen dari tahun sebelumnya. 

        Sementara itu, Amex juga mencatat adanya penurunan dalam total aset dan total ekuitasnya. Masing-masing dari keduanya secara berurutan sebesar 191,37 miliar dolar dan 22,98 miliar dolar pada 2020.

        Bagaimana perjalanannya sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia? Dengan melansir berbagai sumber, Warta Ekonomi pada Selasa (31/8/2021) akan mengurai kisahnya dalam artikel ringkas sebagai berikut.

        Jika ditelusuri, akar Amex bisa digali hingga abad ke-19. Ketika itu, seorang bernama Henry Wells memulai kariernya sebagai agen dari William Harnden, yang mendirikan perusahaan ekspres pertama di AS pada 1839. Perusahaan ekspresnya ini bergerak dalam bisnis pengiriman uang dan barang berharga lainnya dengan aman. Wells adalah orang ambisius yang berulang kali mengusulkan perluasan bisnis ke arah barat; Buffalo; New York; Barat Tengah; dan Barat Jauh.

        Ketika Harnden menolak untuk meninggalkan Pantai Timur, Wells menyerang sendiri, mengorganisir Wells & Co pada tahun 1841. Singkatnya pada tahun ini, ia membentuk sebuah bisnis pengangkutan barang. Lambat laun, bisnisnya melebar sehingga segmennya meluas antara lain wesel dan cek perjalanan. Dari sana operasi layanan perjalanannya, termasuk layanan kartu kreditnya, juga tumbuh secara alami.

        Wells bekerja bersama seorang rekan bernama Crawford Livingston. Bisnis mereka mulanya hanya melayani New York City dan Buffalo.

        Beberapa tahun kemudian, Wells dan William G. Fargo meluncurkan layanan ekspres dari Buffalo ke kota-kota besar di Midwestern. Meskipun dihargai oleh komunitas bisnis Midwestern, layanan ekspres baru tidak membayar.

        Pada tahun 1846, Wells memutuskan untuk mengurangi dan memfokuskan energinya pada rute yang berkembang yang melayani New York City, Buffalo, Boston, dan Albany, meninggalkan bisnis ekspres di barat Buffalo ke perusahaan Fargo, Livingston, Fargo and Co.

        Pada 1849 John Butterfield, seorang maestro transportasi yang kaya dan berpengalaman, memasuki bisnis ekspres dengan Butterfield, Wasson & Co, pesaing langsung Wells & Company di rute negara bagian New York.

        Pada tanggal 18 Maret 1850, ketiga perusahaan tersebut dikonsolidasikan untuk membentuk Amex Company, sebuah perusahaan saham gabungan dengan modal awal 150.000 dolar. Wells terpilih sebagai presiden pertama perusahaan baru itu; Fargo menjadi wakil presiden.

        Di bawah kepemimpinan Wells, Amex segera dan secara tak terduga menguntungkan. Mereka mampu berkembang pesat dan memperoleh pesaing kecil di Midwest, menegosiasikan kontrak dengan jalur kereta api pertama, dan menjalankan kapal paket di Terusan Illinois untuk menghubungkan Ohio, Illinois, dan Iowa dengan jalur kapal uap di Sungai Illinois.

        Pada tahun 1851, Amex mencapai kesepakatan damai dengan saingan utamanya, Adams and Co. Amex akan memperluas utara dan barat New York sementara Adams bebas tumbuh ke selatan dan timur. Perjanjian ini dipertahankan dan diperbarui selama 70 tahun berikutnya, membeli waktu Amex untuk membangun bisnisnya dengan kokoh.

        Terlepas dari kesepakatan dengan Adams and Co, Wells and Fargo masih tidak mempercayai saingannya dan khawatir perusahaan akan mendapatkan monopoli di ladang emas California. Ketika Wells mengusulkan impian lamanya tentang layanan ekspres lintas benua kepada dewan direksi Amex, mereka menolak idenya. Namun pada tahun 1852 Wells and Fargo mendapat restu dewan untuk meluncurkan usaha independen, Wells Fargo & Company, untuk menyediakan layanan ekspres dan perbankan di California.

        Pada tahun 1868, Amex dipaksa untuk bergabung dengan Merchants Union untuk membentuk American Merchants Union Express Company. Juga pada tahun 1868 Wells pensiun dan digantikan sebagai presiden oleh William G. Fargo.

        Fargo pergi ke Marcellus Flemming Berry dan memintanya untuk membuat solusi yang lebih baik daripada letter of credit. Berry memperkenalkan Amex Traveler's Check yang diluncurkan pada tahun 1891 dalam pecahan 10, 20, 50, dan 100 dolar.

        Cek perjalanan menetapkan Amex sebagai perusahaan yang benar-benar internasional. Pemerintah Inggris menunjuk Amex sebagai agen resminya pada awal Perang Dunia I. Pada akhir perang, mereka mengirimkan 150 ton paket per hari kepada para tahanan di enam negara.

        Amex adalah salah satu monopoli yang Presiden Theodore Roosevelt investigasi oleh Komisi Perdagangan Antar Negara (ICC) selama pemerintahannya. American Railway Express Agency dibentuk pada Juli 1918. Entitas baru tersebut mengambil alih semua peralatan dan properti gabungan dari perusahaan ekspres yang ada.

        Selama tahun 1980-an, Amex memulai upaya untuk menjadi supercompany jasa keuangan, dan membuat sejumlah akuisisi, menciptakan lengan perbankan investasi. Pada pertengahan 1981 ia membeli Shearson Loeb Rhoades dari Sanford I. Weill, perusahaan sekuritas terbesar kedua di Amerika Serikat untuk membentuk Shearson/Amex.

        Pada tahun 1984, Amex mengakuisisi bank investasi dan firma perdagangan Lehman Brothers Kuhn Loeb, dan menambahkannya ke keluarga Shearson, menciptakan Shearson Lehman/Amex. Adalah CEO Lehman dan mantan pedagang Lewis Glucksman yang selanjutnya akan memimpin Shearson Lehman/Amex.

        Pada tahun 1994, Amex memisahkan diri dari bisnis perbankan dan institusional investasi yang tersisa sebagai Lehman Brothers Holdings Inc, mengakhiri apa yang oleh The New York Times disebut sebagai "penyerbuan kecil-kecilan ke dalam bisnis pialang". Setelah hampir lima belas tahun merdeka, Lehman Brothers mengajukan perlindungan kebangkrutan pada tahun 2008 sebagai bagian dari krisis keuangan 2007-2008.

        Pada tahun 2016, kartu kredit yang menggunakan jaringan Amex menyumbang 22,9 persen dari total volume dolar transaksi kartu kredit di Amerika Serikat. Pada 31 Desember 2019, perusahaan memiliki 114,4 juta kartu yang berlaku, termasuk 54,7 juta kartu yang berlaku di Amerika Serikat, masing-masing dengan pengeluaran tahunan rata-rata 19.972.

        Pada tahun 2017, Forbes menobatkan Amex sebagai merek paling berharga ke-23 di dunia (dan tertinggi dalam layanan keuangan), dengan nilai merek senilai 24,5 miliar dolar. Pada tahun 2020, majalah Fortune menempatkan Amex di nomor 9 dalam Daftar Fortune dari 100 Perusahaan Teratas untuk Bekerja pada tahun 2020 berdasarkan survei kepuasan karyawan.

        Pada Januari 2021, Wall Street Journal melaporkan bahwa Departemen Keuangan, FDIC, dan Federal Reserve telah meluncurkan penyelidikan apakah perusahaan telah menyesatkan pelanggan korporat potensial dan menggunakan taktik agresif saat menjual kartu Amex. Setelah pengumuman itu, harga saham perusahaan turun. Periode yang dimaksud adalah antara tahun 2015 dan 2016.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: