Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Penting! Berikut Tips Melahirkan Bayi Sehat untuk Wanita yang Mengidap Diabetes

        Penting! Berikut Tips Melahirkan Bayi Sehat untuk Wanita yang Mengidap Diabetes Kredit Foto: Unsplash/Suhyeon Choi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Diabetes adalah kondisi yang tidak akan pernah diharapkan setiap orang karena dampak luar biasa yang ditimbulkan ke tubuh. Hal ini makin menjadi lebih dengan kondisi khusus seperti kehamilan bagi wanita. Mengidap diabetes saat hamil bukan saja memengaruhi kondisi tubuh tetapi juga kondisi bayi yang masih dalam kandungan.

        Berdasarkan hal tersebut, maka penting mengambil langkah pencegahan ataupun penangan yang tepat agar kondisi sang ibu dan bayi dalam kandungannya bisa tetap aman dan sehat.

        Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan wanita hamil yang mengidap diabetes agar bayi lahir dengan selamat dan sehat sebagimana dilansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

        Baca Juga: Tidak Bisa Dianggap Remeh, Diabetes pada Masa Kehamilan Memicu Beberapa Risiko Kesehatan Ini

        Rencana Kehamilan

        Sebelum hamil, temui dokter Anda. Dokter perlu melihat efek diabetes pada tubuh Anda, berbicara dengan Anda tentang mendapatkan dan menjaga kontrol gula darah Anda, mengganti obat jika diperlukan, dan merencanakan tindak lanjut yang sering.

        Jika Anda kelebihan berat badan, dokter mungkin menyarankan Anda untuk mencoba menurunkan berat badan sebelum hamil sebagai bagian dari rencana untuk mengontrol gula darah Anda.

        Temui Dokter Secara Rutin

        Selama kehamilan, wanita dengan diabetes perlu ke dokter lebih sering daripada wanita hamil tanpa diabetes. Bersama-sama, Anda dapat bekerja sama dengan dokter untuk mencegah atau mendiagnosis masalah sejak dini.

        Makan Makanan Sehat

        Makan makanan sehat dari rencana makan yang dibuat untuk penderita diabetes. Ahli diet dapat membantu Anda membuat rencana makan yang sehat. Ahli diet juga dapat membantu Anda mempelajari cara mengontrol gula darah saat Anda hamil.

        Baca Juga: Sering Disandingkan dengan Istilah Diabetes, Apa Itu A1C?

        Berolahraga Secara Teratur

        Olahraga adalah cara lain untuk menjaga gula darah tetap terkendali. Ini membantu untuk menyeimbangkan asupan makanan. Setelah memeriksakan diri ke dokter, Anda dapat berolahraga secara teratur sebelum, selama, dan setelah kehamilan.

        Dapatkan setidaknya 30 menit aktivitas fisik intensitas sedang setidaknya lima hari seminggu. Ini bisa berupa jalan cepat, berenang, atau aktif bermain dengan anak-anak.

        Minumlah Pil dan Insulin Sesuai Petunjuk

        Jika pil diabetes atau insulin dipesan oleh dokter Anda, minumlah sesuai petunjuk untuk membantu menjaga gula darah Anda tetap terkendali.

        Mengatur Kondisi Gula Darah Rendah

        Menjaga gula darah terkontrol dengan baik dapat menyebabkan kemungkinan gula darah rendah di kali. Jika Anda mengonsumsi pil diabetes atau insulin sesuai arahan dokter, itu akan sangat membantu jika Anda selalu memiliki sumber gula cepat, seperti permen keras, tablet glukosa, atau gel. Hal demikian juga baik untuk mengajari anggota keluarga dan rekan kerja atau teman dekat cara membantu jika terjadi reaksi gula darah rendah yang parah.

        Rajin Memantau Tingkat Gula Darah

        Karena kehamilan menyebabkan kebutuhan tubuh akan energi berubah, kadar gula darah bisa berubah dengan sangat cepat. Anda perlu sering memeriksa gula darah Anda, seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Penting untuk mempelajari cara menyesuaikan asupan makanan, olahraga, dan insulin, tergantung pada hasil tes gula darah Anda.

        Baca Juga: Siklus Menstruasi yang Terganggu Akibat Vaksin Covid-19 Sifatnya Sementara

        Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan wanita hamil atau yang ingin merencanakan program hamil dengan kondisi diabetes agar anak risiko buruk yang terjadi saat anak lahir bisa diminimalisir.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: