Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Chatib Basri Yakin Penerusnya Mampu Emban Amanah

        Warta Ekonomi -

        WE Online, Jakarta - Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri meyakini penerusnya Bambang Brodjonegoro dapat mengemban amanah dengan baik setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin tertinggi di Kementerian Keuangan.

        "Saya yakin Pak Bambang dengan dukungan teman-teman di Kementerian Keuangan akan mampu mengawal ini semua," katanya di Jakarta, Minggu (26/10/2014).

        Chatib menambahkan tantangan perekonomian mendatang makin beragam dan tidak mudah untuk dijalani karena timbulnya tekanan eksternal maupun internal, namun ia berpendapat Bambang Brodjonegoro memiliki kapasitas untuk mengatasi problem tersebut.

        "Tantangan ke depan tidak mudah. Ada isu normalisasi (kebijakan The Fed), kenaikan BBM, dan stabilisasi makro. Tapi, saya percaya Kementerian Keuangan ada di tangan yang baik," ujarnya.

        Ia juga bercerita dirinya adalah orang yang memilih Bambang Brodjonegoro sebagai Wakil Menteri Keuangan II karena ia menganggap mantan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia periode 2005-2009 itu mempunyai kemampuan bagus dalam merumuskan kebijakan fiskal.

        "Waktu itu saya usulkan Pak Bambang untuk jadi wamen saya karena beliau bagus dan punya kapabilitas. Sekarang pun saya punya keyakinan yang sama," pungkasnya.

        Untuk diketahui, Bambang Brodjonegoro dilahirkan di Jakarta pada 3 Oktober 1966. Ia lulus dari Fakultas Ekonomi UI, Jurusan Studi Pembangunan pada tahun 1990. Kemudian dia melanjutkan pendidikan master (M.Sc) dan doktor (Ph.D) keduanya dirampungkan di University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat.

        Putra bungsu mantan Rektor UI Soemantri Brodjonegoro ini sempat menjadi dekan termuda di almamaternya, FE-UI, untuk periode 2005-2009. Kemudian karier Bambang di pemerintahan bermula ketika ia ditunjuk oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan sejak 21 Januari 2011 untuk menempati posisi yang ditinggalkan Anggito Abimanyu.

        Kemudian Bambang?dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi Wakil Menteri Keuangan II pada 1 Oktober 2013. Ia diplot untuk mengisi tempat Mahendra Siregar yang terpilih untuk mengisi jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). (Ant)

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Cahyo Prayogo

        Bagikan Artikel: