Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dukung Creator Indonesia, Oktorika Mandasari Ajak Creator Bertumbuh Melalui BintanGO

        Dukung Creator Indonesia, Oktorika Mandasari Ajak Creator Bertumbuh Melalui BintanGO Kredit Foto: BintanGO
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Menjajaki profesi content creator di era serba digital ini tampaknya menjadi impian banyak orang, khususnya bagi generasi muda yang fasih menggunakan teknologi digital dalam kesehariannya. Di sisi lain, terdapat berbagai permasalahan yang turut muncul seiring berkembangnya fenomena ini. 

        Menyadari hal tersebut, Oktorika Mandasari, menghadirkan BintanGO, sebuah perusahaan teknologi yang menawarkan all-in-one CreatorSpace guna mempermudah para content creator dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. 

        Oktorika Mandasari selaku co-founder BintanGO mengawali perjalanan karirnya sebagai seorang veteran agensi dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam berbagai industri.

        Rika, sapaan akrabnya, dituntut untuk bisa membangun hubungan baik dengan para pembuat konten, yang mana Rika bertanggung jawab untuk mencocokkan personal content creator dengan karakter brand yang tepat, serta berkolaborasi dengan keduanya dalam berbagai project. 

        Baca Juga: Migo Luncurkan Warung Migo ke-1.000, Konten Digital via Jaringan Offline Makin Diminati

        Bekerja sama dengan Nano Creators, Rika membina mereka untuk menjadi lebih profesional dalam pekerjaan mereka, memberikan lebih banyak peluang untuk menjalin kerja sama dengan brand serta mengelola operasi bisnis mereka, sehingga content creator pun dapat fokus bekerja melakukan apa yang mereka sukai.

        Tak hanya itu, selama satu dekade terakhir pun Rika turut menyadari bagaimana pasar belum teredukasi secara tepat.

        “Ketimpangan edukasi ini mengakibatkan sebagian besar para content creator berubah menjadi versi lain dirinya sendiri dan mencoba untuk mengikuti kreator lain yang mengambil jalan pintas dengan mengikuti sensasi digital semata,” ujar Rika. 

        Ide membangun BintanGO terealisasi ketika Rika bertemu co-foundernya Jason Lee, yang juga mantan co-founder dan CEO coworking space terbesar di Indonesia, CoHive, pada dua tahun lalu. 

        Ketika itu, Rika tengah membantu Jason menghadirkan content creator untuk kebutuhan pemasarannya. Rika hanya melakukan cara tradisional guna menjangkau creator dan akhirnya mereka pun menyadari adanya permasalahan besar akan cara brand maupun bisnis dalam menjangkau content creator, serta bagaimana hal tersebut sangat tidak terukur.

        Kehadiran BintanGO berawal dari pemahamannya selama berkarir di dalam industri ini, akan kendala yang rentan dialami oleh para content creator. BintanGO terbentuk pada Mei 2021 dan kini mereka akan memperkenalkan All-in-one CreatorSpace pada Januari 2022. 

        “Perkembangan pasar di industri kreatif sangatlah pesat, sayangnya perkembangan ini belum dibarengi dengan kesiapan atau kematangan para content creator dalam menghadapi hal tersebut, sehingga mereka belum bisa memaksimalkan lebih banyak peluang guna memperkuat bisnisnya dari segi operasional yang pada akhirnya pun berdampak pada finansial mereka,” jelas Rika.

        Baca Juga: Influencer yang Satu Ini Sukses Berbisnis Dengan Omset Ratusan Juta

        Rika mengungkapkan bahwa momen ini yang menjadi titik balik dan membuat mereka mampu melihat dari sudut pandang lain, sebuah masalah yang tidak pernah dilihat oleh perusahaan teknologi lainnya. 

        “Kami menyadari bahwa berbagai teknologi yang sudah ada selalu berfokus pada bagaimana menangani masalah yang dihadapi brand atau pelaku bisnis, namun pada kenyataannya, para content creator sebagai 'supplier' utama memiliki masalah yang jauh lebih besar. Oleh karena itu, BintanGO merupakan upaya kami menjembatani masalah yang ada dalam membantu para content creator untuk bertumbuh mengiringi perkembangan industri yang kian pesat, memaksimalkan bisnis dan meningkatkan revenue stream mereka,” ungkap Rika. 

        Setidaknya terdapat dua hal utama yang teridentifikasi sebagai akar masalah, yakni kurangnya edukasi dan dukungan finansial bagi content creator. 

        Guna membenahi hal tersebut, BintanGO menghadirkan CreatorSpace yang menawarkan solusi lengkap dan sebagai bagian dari upaya mengedukasi content creator tentang mengelola bisnis mereka sehari-hari serta bagaimana mereka dapat menjelajahi lebih banyak cara untuk mendapatkan aliran pendapatan.

        Lebih lanjut, CreatorSpace memungkinkan para kreator membuat invoice mereka dengan cepat, dilengkapi dengan pengingat untuk senantiasa dibayar tepat waktu. 

        Selain itu, kreator juga dapat mengelola semua pendapatan mereka di seluruh platform (seperti media sosial, influencer marketing platform, agensi) dalam satu fitur CreatorWallet serta mendapatkan rewards untuk setiap uang yang mereka peroleh. 

        Baca Juga: Elon Musk Kepikiran Resign untuk Jadi Influencer, Lah Kok?

        Melalui CreatorSpace, content creator juga dapat mengeksplorasi berbagai cara guna meningkatkan monetisasi target audiencenya, dari para fans dan brand, hingga bergabung dengan komunitas sehingga mereka dapat terus bertumbuh dalam sebuah komunitas content creator.

        Memiliki latar belakang sebagai Wanita Muda Indonesia yang tumbuh dengan sulitnya mengenyam pendidikan, Rika bertekad untuk senantiasa memberikan manfaat kembali bagi masyarakat melalui teknologi. 

        “Salah satunya saya wujudkan melalui BintanGO, guna membantu lebih banyak orang untuk berkembang bersama, baik itu brand hingga pelaku industri kreatif seperti content creator di seluruh Indonesia sebagai titik mula saya,” tutup Rika.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: