Content writer adalah salah satu bidang kepenulisan yang biasanya digunakan untuk website, seperti menulis artikel, berita, informasi, konten media sosial, dan lain sebagainya.
Content writer menggunakan perencanaan strategis untuk menulis dan mengedit cerita berkualitas. Content writer harus menulis konten yang jelas, konsisten, dan relevan yang memberikan pengalaman menarik bagi target audiens. Penggunaan penulisan konten yang efektif mengarahkan mereka untuk mengunjungi situs web perusahaan untuk informasi lebih lanjut.
Jika tujuan konten tersebut adalah untuk meningkatkan penjualan, kontennya akan berbeda dengan jika mereka menulis untuk blog penelitian ilmiah. Kemampuan beradaptasi membantu penulis mempelajari dan menguasai banyak gaya penulisan, yang pada akhirnya menambah nilai.
Baca Juga: Apa Itu Target Audience?
Seorang content writer juga biasanya harus melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menghasilkan sebuah konten. Menyediakan pembaca dengan konten yang relevan dan jujur adalah cara terbaik untuk menjaga kredibilitas sebagai penulis.
Oleh karena itu, penulis juga harus selalu menyediakan konten asli dan orisinil. Konten yang orisinil dampat memberikan dampak positif bagi pembaca dengan menghadirkan situs mereka sebagai sumber informasi yang dihormati dan dapat diandalkan.
Selain itu, content writer biasanya juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan agar desain, gambar, serta tulisan yang dibuatnya selaras dan berkaitan dengan visi perusahaan. Content writer juga harus memikirkan topik yang perlu ditulis untuk menyesuaikan kebutuhan target audiens. Content writer bertanggung jawab atas jumlah traffic website atau blog resmi perusahaan.
Di banyak perusahaan, content writer ditugaskan untuk menulis konten blog website berdasarkan kata kunci untuk SEO atau Search Engine Optimizing. Oleh karena itu, content writer juga bertugas untuk memahami cara kerja SEO.
Memahami SEO sebagai penulis adalah komponen kunci dalam memastikan konten yang dibuat penulis mudah ditemukan. Ini karena Content Writer harus dapat mengikuti tren dan menyesuaikan teknik yang diperlukan untuk memastikan artikel berperingkat tinggi di mesin pencari.
Dengan menyelaraskan konten dengan hasil pencarian teratas dapat meningkatkan eksposurnya ke audiens target perusahaan. Kemudian, keterampilan mengedit yang efektif sangat penting bagi penulis, ini akan meningkatkan nilai dan kualitas konten sekaligus mengurangi jumlah revisi yang diperlukan.
Pastikan untuk menemukan kesalahan ketik, kesalahan tata bahasa, redundansi, dan kata-kata yang terlalu sering digunakan. Kemudian lakukan revisi untuk menyempurnakan kualitas konten. Terakhir, dengan memahami platform media sosial, penulis akan tahu di mana menemukan ide cerita untuk konten tersebut.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: